-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

 Nasi Kapau Agam Jadi Makanan Tradisional Terpopuler Kedua

Nasi kapau, salah satu makanan tradisional dari kabupaten agam berhasil meraih juara II Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022 untuk kategori makanan tradisional terpopuler.

Prestasi tersebut diumumkan saat malam puncak API Award 2022 di ACC Dayan Dawod USK Banda Aceh, beberapa hari lalu.

Makanan tradisional dari nagari kapau, kecamatan tilatang kamang itu masuk nominasi bersama lokan badaruk dari Aceh singkil dan gulo puda dari Ogan Komering Ilir (OKI).

Hasil voting menempatkan lokan badaruk dari aceh singkil sebagai makanan tradisional terpopuler API 2022, nasi kapau nomor II dan gulo puan dari OKI di tempat ke III.

Alhamdulillah, kabupaten Agam untuk kedua kalinya ikut ajang ini, kembali juara. 

Setelah Museum Buya Hamka juara II dan jadi situs bersejarah terpopuler pada API 2021, kali ini Nasi Kapau membuat kita bangga," kata Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM, usai menerima anugerah tersebut.

Selain mengaku bangga, Andri juga mengucapkan terimakasih kepada segenap masyarakat Kabupaten Agam dan Sumbar umumnya atas dukungan untuk memenangkan Nasi Kapau pada ajang API Awards 2022.

"Terima kasih untuk segenap organisasi perangkat daerah, kecamatan, wali nagari, wali jorong dan seluruh pihak yang telah berkontribusi membawa Nasi Kapau masuk nominasi API 2022 dan akhirnya berhasil keluar sebagai juara II makanan tradisional terpopuler," tutur bupati yang karib disapa AWR itu.

Sebagaimana diketahui, API merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Tahun ini API sudah memasuki tahun ke 7. API ini pada dasarnya merupakan salah satu media promosi wisata yang ada di Indonesia.

Tahun ini menjadi tahun kedua Kabupaten Agam mengikuti ajang tersebut. 

Tahun lalu, Agam juga berhasil memperoleh peringkat dua kategori situs bersejarah terpopuler yang diraih oleh Museum Kelahiran Buya Hamka dan kembali berbangga dengan Nasi Kapau meraih peringkat yang sama saat ini.

Nasi kapau adalah nasi ramas khas Nagari Kapau. Menunya terdiri atas nasi, sambal dan lauk pauk.

foto ErisonJKambari
Ada beberapa lauk yang hanya bisa dijumpai di lapau nasi kapau, antara lain sayur gulai kapau dan gulai tambusu (campuran telur dan tahu yang dimasukkan kedalam usus sapi) dengan rasa gurih dan sulit dilupakan lidah.

Nasi Kapau dilengkapi dengan aneka gulai khas ranah Minang. Diantaranya, gulai cubadak (nangka), gulai cangcang (tulang-tulang dan daging sapi), gulai babek (bagian perut sapi) dan gulai tunjang (kulit, urat daging sapi).

Lauk lainnya adalah dendeng balado, dendeng lado hijau, randang, gulai ikan, goreng belut, goreng ayam serta lainnya.

Share This Article :
1745663973787222366

Tabek Mandi Sikabu–Kolam Renang Menyuguhkan Keindahan Alam diKaki Gunung Marapi

Piamanexplore- Tabek Mandi Sikabu adalah salah satu tempat wisata yang berada di Sumatera Barat. Terletak di Kabupaten Agam, tempat ini terk...