-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Lontong Andeh Juih Sudah 46 Tahun Melayani Sarapan Pagi Warga Simpang Limun

Siapa yang tak kenal Andeh Juih? Disimpang limun korong lembak pasang kecamatan sungai limau hampir semua warga mengenali andeh juih. Andeh Juih sapaannya, sudah 46 tahun menjual lontong.

Setiap pagi subuh dini hari andeh juih berjibaku mempersiapkan perlengkapannya memulai aktifitas memasak katupek, gulai paku, gulai cubadak dan kuah kacang yang akan dijadikan menu hidangan sarapan pagi di depan rumah.

Biasanya dulu Andeh Juih dibantu oleh suaminya “pak Teleang” tapi kini andeh Juih hanya sendiri pak teleang sudah pergi selama-lamanya setahun ini menemui sang Khaliq, semoga beliau di tempatkan di tempat yang paling baik di sisinya.

Andeh Juih setiap pagi berjualan lontong di depan rumah nya saja ramai warga yang datang. Lontong katupek namanya, “kalau di hari-hari libur katupek andeh juih bisa habis 100 buah katupek, biasanya kalau sepi paling habis 50 buah katupek”katanya.

Harga Yang Sangat Murah

Andeh Juih menjual lontong katupek dengan harga yang sangat murah Rp 3 ribu saja sepiringnya untuk saat ini kadang memang gak masuk akal dengan harga yang semurah itu padahal semua harga barang sudah pada naik.

Terkadang orang rantau begitu pulang sarapan lontong pagi di tempat andeh juih mereka heran, terkejut dengan harga yang semurah itu, lontong sepiring dengan sala bulek 4 buah hanya bayar Rp 5 ribu saja.

Di tempat Andeh Juih harga lontong Rp 3 ribu , sala bulek Rp 500 perak sedangkan bakwan Rp 1 ribu beda dengan harga lontong pecal sepiringnya Rp 5 ribu karena kuahnya terbuat dari banyak kacang.

Kalau lontong di pasar sungai limau per piringnya Rp 5 ribu rupiah belum termasuk dengan sala bulek. Admint biasanya sekali makan lontong di pasar sungai limau harus merogoh kocek  Rp 7 ribu hingga Rp 9 ribu.

Cerita Andeh Juih Empat puluh enam tahun lalu andeh Juih berjualan lontong tepat di simpang limun lembak pasang, lontong di masak di rumah lalu di bawa ke simpang limun untuk di jual. Dulunya adik-adik Andeh Juih banyak yang membantunya berjualan.

Tak hanya lontong dulu andeh juga jualan tapai dari ubi kayu/tape, setelah berjualan lontong andeh berjualan cindua atau cendol dimana tepungnya di tumbuk sendiri pakai lesung secara manual, ada saja rezeki kala itu.

“Di simpang limun banyak juga yang menjual ikan segar dulu ramai tapi sekarang yang menjual ikan-ikan itu sudah banyak yang meninggal”, katanya mengakhiri.

Share This Article :
1745663973787222366

Rohana Kuddus Srikandi Islam Wanita Minang Sahabat Pena R.A Kartini

Piamanexplore- Setiap tanggal 21 April, bangsa Indonesia memperingati hari Kartini. Mengapa Kartini yang lebih dikenang padahal banyak perem...