-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Sejarah Tugu Tabuik Kebanggaan Urang Piaman Bentuk Serta Fungsi Yang Dimiliki

foto Piamanexplore.com
piamanexplore.com-Tugu tabuik terletak di pusat kota pariaman dekat dengan pasar utama kota pariaman. Di sekitaran simpang empat tugu tabuik ini terdapat banyak ruko-ruko.

Toko yang menjual berbagai macam barang dan jasa baik grosiran maupun eceran. Mulai dari pakaian, alat-alat listrik dan peralatan rumah tangga serta makanan dan lainnya.

Tepatnya tugu tabuik terletak di Jl. St . Syahrir, Pd. II, Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat 25513, Indonesia.

Tidak tahu kapan persisnya tugu tabuik ini di bangun, ada yang mengatakan tugu tabuik di bangun pada tahun 2006.

pada dinding bangunan terdapat tulisan Surya DM 2002
Pada bagian dinding tabuik tertulis Surya Dm 2002, apakah ini menandakan tahun pembuatan? wallahu a'lam.

Dulu simpang empat tugu tabuik ini bernama simpang kampuang cino sebelum terjadinya tragedi kansas.

Baca juga tragedi kansas: sebab hilangnya warga cina di pariaman

"Sebelum kota pariaman mekar tepat pada tugu tabuik saat ini berdiri, dulunya adalah tugu biduak pincalang" dan akhirnya di ganti dengan tugu tabuik yang kita lihat saat ini.

Di kutip pada ejournal unp tugu tabuik memiliki beberapa bagian, bentuk serta fungsi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang Tugu Tabuik Pariaman.

Berikut hasil penelitiannya.

(Bentuk, Penempatan, dan fungsi) Penelitian berlokasi di kota Pariaman Sumatra Barat dengan penelitian kualitatif.

Penelitian dilakukan dengan cara pengamatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian tugu tabuik Pariaman adalah bentuk yang terdapat pada tugu:   

(1) Bentuk alas bawah tugu(2) Tiang pondasi tugu (3) Pagar pengaman tugu (4) Alas bagian atas tugu (5) Bentuk tabuik.

Penempatan tugu tabuik berdiri dan bagian-bagian yang terdapat dalam tabuik dan tugu tabuik. Kemudian fungsi yang terdapat dalam tugu tabuik Pariaman baik fungsi sosial, fungsi budaya, dan fungsi spritual.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk yang terdapat pada tugu tabuik di kota Pariaman merupakan tiruan atau replika dari tabuik di Pariaman yang memiliki bentuk-bentuk alami (seperti figur hewan, figur manusia, tumbuhan, bunga, buah-buahan, batu, dan kayu).

Juga bentuk geometris (seperti lingkaran, oval, persegi, dan trapesium). Penempatan dalam tugu tabuik Pariaman bersifat adat istiadat, agama, kehidupan, simbolis serta kebiasaan.

Fungsi yang terkandung dalam tugu tabuik Pariaman yaitu fungsi sosial, fungsi budaya, fungsi hiyas, dan fungsi spritual.

Share This Article :
1745663973787222366

Sejarah Nyi Eroh Ratu Galunggung Legenda Sang Permaisuri Gunung Api

Piamanexplore- Gunung Galunggung di Tasikmalaya dijuluki sebagai Ratunya Gunung di Jawa Barat.  Kawasan gunung Galunggung yang bercadas dan ...