-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

 Sedekah Kubur Tradisi Unik Pariaman Bagi-bagi Uang Sedekah Di Pusara

sedekah dibagikan ketika mayit sedang di kuburkan
Kematian tidak hanya berakhirnya kehidupan seseorang di alam dunia. Namun, juga dibukanya kehidupan baru di alam kubur, hingga tiba nanti saatnya waktu penghisaban di hari akhirat.

Selama berada di alam kubur, seorang muslim tidak akan ditemani oleh siapapun, kecuali amal baiknya.

Kabar baiknya, ada jenis amalan yang akan mengalir pahalanya meski seseorang sudah meninggal dunia, Seperti amalan sedekah.

Di pariaman tepatnya di kabupaten padang pariaman korong lembak pasang kecamatan sungai limau, ada tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat yaitu membagi-bagikan uang ketika ada seorang warga yang meninggal dunia.

Uang di bagikan hanya kepada anak-anak yang berada di makam ketika mayit sedang di kuburkan. Kata tuangku Nami tokoh agama di lembak pasang,

“Tradisi ini sudah lama ada bahkan sebelum kita lahir tradisi ini dinamakan sedekah kubua” (sedekah kubur).

Nominal pecahan uang yang di bagikan berkisar antara Rp1.000 rupiah dan Rp2.000 rupiah. Uang sedekah yang di bagikan diambil dari uang yang terkumpul pada kotak uang ketika warga datang melayat ke rumah almarhum.

Sebelum sedekah uang ini di bagikan terlebih dahulu pihak keluarga yang mebagikan meniatkan dahulu doa agar sedekah ini dapat menerangkan almarhum di alam kubur. Wallahu a’lam.

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Mengungkap Kehidupan Sehari-hari Nelayan di Pantai Pasir Baru Nagari Pilubang Padang Pariaman

Piamanexplore- Nelayan di pantai Pasir Baru tidak hanya berjuang melawan samudra dalam pencarian ikan, tetapi juga melawan waktu. Dalam ar...