-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Objek Wisata Baru Sungai Nyalo Mandeh Bisa Bermalam Yang Wajib Sobat Coba

foto alesandro sati
Piamanexplore.com-Sebagai salah satu daerah yang dikenal dengan sejumlah objek wisata yang indah, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terus berupaya memperkenalkan objek wisata baru demi mendongkrak sektor pariwisata.

Salah satu objek wisata baru yang dikembangkan adalah objek wisata Sungai Nyalo Mandeh. Selain bisa menikmati indahnya kawasan wisata Mandeh, tapi pengunjung juga bisa berkemah dengan keluarga.

Selain Pantai Carocok Painan, Jembatan Akar Puluik Puluik, Air Terjun Bayang Sani, dan lainnya, kawasan objek wisata Sungai Nyalo Mandeh yang terdapat di Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia, Kecamatan Koto XI Tarusan, saat ini juga terus berbenah.

Upaya itu dilakukan guna memberikan kenyamanan kepada wisatawan yang berkunjung ke nagari itu. Sebab lokasinya memang berada di destinasi wisata unggulan, yakni kawasan wisata bahari Mandeh.

Pj Wali Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia, Resi Amra kepada mengatakan, untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung, nagari itu melalui Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Sungai Nyalo Mudiak Aia terus melakukan pengembangan berbagai fasilitas.

Salah satu fasilitas yang semakin mendunia yang terus dikembangkan saat ini adalah Sungai Nyalo Camp Ground.

Fasilitas ini dikembangakan guna menampung pengunjung wisata yang terus mengalami peningkatan, terutama pasca pandemi Covid-19 ini.

Dia menjelaskan, potensi besar yan dimiliki nagari itu di sektor pariwisata harus dikelola secara maksimal dan profesional.

"Ini harus dilakukan agar masyarakat tidak rugi di tengah terus menggeliatnya sektor pariwisata yang diyakini bisa sebagai penopang kekuatan ekonom masyarakat pasca pandemi Covid-19 ini,"ujarnya.

Sebagai wali nagari, dia memberikan apresiasinya kepada BUMNag Sungai Nyalo Mudiak Aia. Karena BUMNag tersebut tidak menyia-nyiakan potensi besar sektor pariwisata yang dimiliki.

Berkat sentuhan BUMNag itu, Sungai Nyalo Camp Ground sudah bisa menampung pengunjung wisata sebanyak 34 orang dengan fasilitas terbaik seperti area camp, kasur busa, bantal, selimut, handuk, listrik, api unggun, mushala dan toilet.

Selain itu, kata Resi Amra, Sungai Nyalo Camp Ground juga menyewakan berbagai jenis permainan air seperti jet ski, banana boat, sampan dayung tradisional, dan canoe glass bottom (kano dasar kaca) yang bisa melihat terumbu karang sambil berdayung.

Melalui berbagai fasilitas itu maka pengunjung tidak hanya sebatas menikmati pantai nan landai saja, namun juga dapat menghabiskan waktu di akhir pekan dengan suasana camping atau berkemah yang sungguh mengesankan.

"Kami dari pemerintah nagari sangat mengapresiasi usaha sektor pariwisata yang dikelola oleh BUMNag Sungai Nyalo Mudiak Aia tersebut. Diharapkan usaha itu terus berkembang dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kedepan," katanya.

Lebih jauh dijelaskan, Pemerintah Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia akan terus melakukan pembinaan terhadap BUMNag dalam pengelolaan usaha sektor pariwisata tersebut.

Direktur BUMNag Sungai Nyalo Mudiak Aia, Alessandro Satri berharap dukungan serta bimbingan dari perangkat daerah terkait dalam pengelolaan usaha sektor pariwisata yang dilakukan di Sungai Nyalo Mudiak Aia itu.

pentas seni wisata sungai nyalo
"Dukungan itu juga kami harapkan dari Dinas pariwisata, Pemuda dan Olahraga, serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Tentunya dalam melakukan pembinaan agar usaha yang dikelola ini bisa terus maju dan berkembang," ujarnya.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pessel, Mawardi Roska menjelaskan, pihaknya memang terus mendorong dan memotivasi pelaku wisata untuk terus meningkatkan fasilitas demi kenyamanan pengunjung.

"Sekarang pengunjung yang akan berwisata ke Pessel tidak saja sekadar melihat-lihat keindahan kawasan wisata bahari dan berlayar saja, namun juga bisa bermalam sambil menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola Sungai Nyalo Camp Ground itu," ucapnya.

Hal itu disampaikannya karena potensi sektor pariwisata yang dikelola oleh BUMNag Sungai Nyalo Mudiak Aia itu, merupakan salah inovasi untuk memanjakan pengunjung, yang juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dinagari itu.

"Saya berharap BUMNag Sungai Nyalo Mudiak Aia ini bisa menjadi percontohan bagi BUMNag lainnya di Pessel dalam upaya pengelolaan potensi sumber daya alam seperti sektor pariwisata," harapnya.

Dia berharap pihak pengelola Sungai Nyalo Camp Ground agar selalu memberikan pelayanan prima kepada wisatawan serta juga senantiasa menjaga kebersihan, keamanan dan kenyamanan.

"Saya juga berharap promosi Sungai Nyalo Camp Ground ini agar lebih digencarkan lagi kedepannya," harapnya Mawardi Roska.

Adapun foto diatas adalah biaya harga sewa yang sudah ditetapkan untuk menggunakan fasilitas yang ada bermain air di wisata sungai nyalo.  

Share This Article :
1745663973787222366

Sejarah Nyi Eroh Ratu Galunggung Legenda Sang Permaisuri Gunung Api

Piamanexplore- Gunung Galunggung di Tasikmalaya dijuluki sebagai Ratunya Gunung di Jawa Barat.  Kawasan gunung Galunggung yang bercadas dan ...