-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Wisata Kuliner Yang Melegenda Wajib Kamu Coba Jika Ke Pariaman

Jika sobat berwisata ke pariaman tidak lengkap rasanya kalau tidak mencoba makanan khas yang ada di kota yang berjuluk the sunset of Indonesia ini.

Kota pariaman hanya memiliki luas  wilayah sekitar 73,36 Km2, dengan panjang garis pan- tai 12,00 Km. Luas daratan daerah ini setara dengan 0,17 persen dari luas daratan wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Walaupun kota pariaman terbilang kecil tapi kaya akan wisata kuliner nya yang melegenda hingga saat ini.  

Apa saja kuliner itu? nah ini 5 rekomendasi wisata kuliner lengkap dengan alamat yang wajib sobat coba di pariaman.

1. Nasi Sala

Warung Nasi Sala Lauak “Elli” merupakan restoran yang tepat untuk mencicipi nasi sala, kedai ini sama seperti warteg pada umumnya.

Ini merupakan hidangan khas Pariaman yang bahanya berasal dari laut, seperti ikan, kepiting, kerang, dan udang.

Nasi ini ada 2 jenis penyajian, pertama ikan masih utuh biasa digunakan ikan kembung atau biasa disebut ikan gambolo di Pariaman.

Ikan lalu di masukan kedalam adonan tepung beras yang telah ditambahkan bumbu-bumbu lalu digoreng dan dimakan dengan nasi.

Jenis penyajian kedua, daging ikan sudah dihancurkan lalu diaduk dengan adonan tepung yang sudah ditambahkan bumbu, lalu dibentuk bulat seperti bakso dan digoreng. Biasanya dimakan sebagai cemilan.

Harga : Sekitar Rp17 Ribu

Lokasi: Warung Nasi Sala Lauak “Elli”

Pasar, Jl. SM. Abidin No.78, Pasir, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

2. Gulai Katupek

Ini adalah makanan khas daerah Pariaman, sajian satu ini pasti mampu memberikan kelezatan pada para pecinta kuliner, karena makanan ini menggunakan variasi bumbu yang banyak dan tidak pelit.

Gulai Katupek sebenernya sama dengan sebutan gulai ketupat namun berbeda dengan yang biasa kita makan karena khas Pariaman menggunakan mie, sayur gulai dan kikil sapi atau kerbau.

Kuahnya pun lebih kental dari pada ketupat sayur.

Harga : Sekitar Rp15 ribu

Lokasi: Balai Kurai Taji, Kec. Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

3. Kedai Nasi Pauh Piaman

Ini merupakan hidangan tradisional khas Pariaman yang rendah kolesterol artinya kedai ini menyajikan makanan yang sehat. Tidak ada makanan yang tinggi kolesterol seperti jeroan dan daging rendang.

Sobat akan menemukan gulai ikan yang sangat lezat dan ada juga olahan ikan lainnya yang bisa sobat pilih untuk bersantap di restoran ini.

Kedai ini ternyata memiliki 4 cabang di kota lain yaitu Padang, Jakarta, Bukittinggi dan Pekanbaru.

Harga : Gulai kepala ikan sekitar Rp 70ribu- Rp 110ribu

Lokasi: Jawi-Jawi I, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

4. Sate Ajo Laweh

Sate padang yang sangat khas di Pariaman adalah sate ajo laweh, memiliki sajian yang unik yaitu kuah satenya cenderung berwarna lebih merah dan rasanya lebih pedas.

Teksturnya lebih encer dibandingkan dengan sate padang yang biasa kita jumpai. Dikarenakan pengolahan pada sate ini menggunakan tepung beras.

sobat bisa memilih mau sate daging ayam, sapi atau lokan (kerang air berwarna hitam)

Harga: Sekitar Rp30 Ribu

Lokasi: Jalan Moh. Yamin, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

5. Pokat Cancang

Sekarang rekomendasi minuman khas kota Pariaman yaitu pokat cancang. Minuman ini berbahan dasar buah alpukat dengan dicampur serutan es batun dan sirup coco pandan dan susu kental manis.

Minuman ini sangat cocok untuk diminum saat cuaca siang terik panas di Pariaman. Ini merupakan salah satu menu minuman yang populer di pasar Kurai Taji, Pariaman.

Harga: Sekitar Rp15 ribu hingga Rp20 ribu

Lokasi: Pasar, Kurai Taji, Kec. Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

 

Share This Article :
1745663973787222366

Sejarah Nyi Eroh Ratu Galunggung Legenda Sang Permaisuri Gunung Api

Piamanexplore- Gunung Galunggung di Tasikmalaya dijuluki sebagai Ratunya Gunung di Jawa Barat.  Kawasan gunung Galunggung yang bercadas dan ...