-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

4 Geopark Taman Bumi Ranah Minang Sumatera Barat Yang Wajib Sobat Kunjungi

Hari libur merupakan waktu yang tepat untuk me-refresh otak. Apa lagi, wisata yang dituju berupa geopark atau taman bumi nan hijau seluas mata memandang, pasti bakal seru banget dong.

Nah, buat kamu yang lagi cari pilihan geopark, bisa mampir nih ke artikel ini. Piamanexplore bakalan kasih kamu bocoran 4 rekomendasi geopark di Sumatera Barat.

Sumatera Barat tak hanya populer karena Nasi Padangnya loh, wisata taman bumi atau geopark juga banyak terbentang di daratan Sumatera Barat.

Simak deh penjelasan 4 rekomendasi geopark di Sumatera Barat berikut ini:

1 Goa Batu Kapal

Goa batu kapal merupakan wisata alam geopark nya ranah minang suguhan panoramanya sangat cantik dan eksotik. Goa ini menampilkan lukisan mahakarya alam yang luar biasa dengan dinding-dinding goa yang tergurat dengan cantik.

foto padangkita.com
Terdapat empat buah batu kapur dengan dua buah goa terbesar inilah yang disebut batu kapal. Pemandangan yang indah juga muncul dari lubang-lubang di atap yang menyalurkan berkas sinar matahari yang indah.

Lokasi Goa Kapal

Wisata alam Goa kapal terletak di Jorong Ngalau Indah Tahap I, Nagari Sungai Kunyit Barat, Kecamatan Sangir Balai Janggo (SBJ) itu, menyuguhkan fenomena geologi yang mempesona. Lokasinya pun tidak sulit dijangkau.

Hanya sekitar 20 kilometer dari pusat ibu Kota Padang Aro, Solok Selatan. Namun untuk sampai ke mulut goa, pengunjung mesti menyusuri jalan setapak melewati perkebunan sawit dan berjarak sekitar 250 meter dari tempat parkir yang disediakan pengelola.

2 Lembah Harau

Terletak sekitar 145 kilometer dari pusat Kota Padang atau sekitar 15 kilometer dari Kota Payakumbuh, Lembah Harau menawarkan wisata panorama alam yang memikat.

Tidak mengherankan jika kawasan ini terkenal tidak hanya di dalam negeri tetapi dikalangan wisatawan asing, terutama para backpacker.

Lembah Harau merupakan wahana wisata alam berupa dataran luas yang dikelilingi bentangan tebing batuan alam. 

Keindahan panorama Lembah Harau terbentuk oleh tebing terjal di bukit-bukit yang mengelilinginya, seolah seperti dinding raksasa yang mengepung lembah di bawahnya.

Dinding mahakarya Sang Pencipta Semesta ini menjulang setinggi kurang lebih 100-500 meter, menciptakan pola bayangan yang menarik untuk disaksikan pada pagi dan sore hari.

Lembah Harau bukan sekadar lembah biasa. Setidaknya ada lima air terjun yang mengalir langsung dari puncak tebing lembah. Meski ukurannya berbeda satu sama lain.

3 Danau Tarusan Kamang 

ashfi bagindo
Ingin menyaksikan fenomena alam unik? Di Danau Tarusan Kamang lah jawabannya. Disini, kamu akan menyangsikan bagaimana keajaiban Tuhan itu benar-benar nyata.

Salah satu geopark di Sumatera Barat ini merupakan sebuah danau di Kab. Agam. Fenomena unik yang kerap terjadi di Danau Tarusan Kamang adalah menyusutnya air danau.

Ketika air sedang surut, danau ini akan menjelma menjadi menjadi padang rumput yang hijau, namun saat pasang, air danau akan kembali penuh.

Uniknya lagi, di tengah-tengah danau terdapat gundukan tanah bak sebuah pulau, orang setempat menyebutnya Padang Doto.

4 Ngarai Sianok

Ngarai adalah lembah yang dalam dan luas diantara 2 jurang yang curam. Ngarai Sianok merupakan lembah pemisah antara Bukit Tinggi dan Koto Gadang yang berlokasi di Kab. Agam, Sumatera Barat.

foto eksotis Indonesia
Wisata geopark ini memiliki latar belakang Gunung Singgalang. Diapit 2 tebing setinggi 100-120 meter yang yang kokoh membentang hingga 15 Km.

Ngarai Sianok, Sumatera Barat dapat dinikmati melalui Taman Panorama Bukit Tinggi. Hamparan hijau dari tumbuhan diatas bukit, persawahan serta aliran sungai akan mampu membuatmu takjud akan karya Tuhan yang indah ini.

Inilah empat rekomendasi taman bumi sumatera barat yang wajib mengisi liburan sobat explore.

 

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Terpesona dengan Keindahan 4 Tempat Wisata Sedang Viral di Solok Selatan

Piamanexplore- Solok Selatan adalah sebuah kawasan yang terkenal dengan panorama alamnya yang indah, serta kebudayaan dan tradisi yang masih...