-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pemandian Alam Rumah Putiah Dan Histori Peninggalan kolonial Di Padang Pariaman

Piamanexplore.com-Pemandian Alam Rumah Putiah atau dulu dikenal dengan pemandian andaleh memang tidak begitu populer ketimbang Lubuak Bonta, meski lokasinya masih dalam satu kawasan.

Pemandian ini terletak di Korong Tarok, Nagari Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman.

Masuknya Dari Mana?

Kalau sobat dari arah Padang tempat ini berada diatas pasar sicincin. Nanti lurus mengikuti jalan raya yang disebelah kiri jalan adalah rel.

Sekitar 2 kilo sebelah kiri akan anda liat plang informasi air terjun lubuk bonta, masuk aja dan lurus sampai ketemu tempat ini.

Kalau dari arah Bukittinggi tempat ini berada disebelah kanan, patokannya nanti Tarok City yang ada gerbang besar itu. Sekitar 2 kilo sebelah kanan bakal ketemu pas pendakian mau menuju pasar sicincin.

Jejak Sejarah

pecahan keramik yang di temukan di lokasi rumah putiah foto canangnews
Secara histori di lokasi ini memiliki jejak tanam paksa perkebunan kopi peninggalan zaman kolonial yang erat kaitannya dengan sistem tanam paksa kopi tempo itu.

Peninggalan bersejarah ini meliputi bekas rumah Tuan Semar (mandor) atau Rumah Putiah, barak pekerja perkebunan, tempat pengucian karet, bangunan PLTA, bekas rumah penginataian.

Pabrik pengering kopi hingga sisa-sisa artefak berupa keramik dan batu bata kuno. Temuan historis ini pertama kali dilaporkan oleh Dr. Hasanuddin dan telah disurvei tahun 2016.

Kawasan Rumah Putiah ini yang tampak jelas sekarang adalah pemandian alamnya, meski sekilas masih terlihat puing-puing bangunan disekitarnya.

Pemandian ini sangat legend dan memiliki peninggalan historis yang menarik untuk digali.

Pemandian Alam Rumah Putiah setidaknya terdiri dari 3 kolam yang memiliki kedalaman bervariasi dengan warna kehijauan, airnya sangat jernih dan dingin sekali.

Masyarakat sekitar sering bertandang ke pemandian ini untuk sekedar bermain air atau berenang terlebih akhir pekan.

Tiket Masuk

Pemandian rumah putih ini merupakan objek wisata untuk berenang yang sangat bagus di Padang Pariaman, air kolamnya bersih, jernih, dan segar.

Untuk masuk ke Pemandian Rumah Putih tidak dikenakan biaya tiket masuk hingga saat ini, hanya perlu membayar biaya parkir.

Fasilitas Pendukung

Fasilitas pendukung seperti toilet, kamar mandi ruang bilas, penyewaan ban dan tempat parkir yang luas.

Masih ada beberapa kekuarangan namun seiring waktu Pemandian rumah putih semakin di perbaiki..

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Makam Syekh Balinduang: Jejak Sejarah Warisan Kultural di Sungai Limau Padang Pariaman

Piamanexplore- Makam Syekh Balinduang adalah salah satu situs yang memiliki sejarah di nagari pilubang kecamatan sungai limau kabupaten pada...