-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Dharmasraya Tawarkan 5 Wisata Ikonik Dengan Panorama Luar negeri

Piamanexplore.com-Dharmasraya merupakan salah satu kabupaten yang menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Barat. Kendati tak seterkenal Padang, Kabupaten Dharmasraya ini pernah menjadi ibu kota dan pusat pemerintahan kerajaan Melayu tua.

Kabupaten Dharmasraya sendiri secara tidak terduga memiliki banyak wisata alam yang sangat mempesona. Cukup banyak pula wisatawan yang berkunjung ke sini untuk menikmati pemandangan alamnya.

Dilansir dari HarianHaluan.com dari berbagai sumber, Kabupaten Dharmasraya punya sejumlah wisata alam paling mempesona. Bahkan tidak sedikit pula yang menawarkan view Eropa.

Berikut 5 diantaranya:

1. Bendungan Batu Bakawik

Bendungan Batu Bakawik berlokasi di kawasan Kecamatan IX Kota, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Berjarak sekitar 7 kilometer dari pulau Punjung.

Jumlah pengunjung ke bendungan ini selalu mengalami peningkatan dari hari ke hari. Padahal bendungan ini diresmikan bukan sebagai destinasi wisata, melainkan sebagai irigasi untuk kebutuhan air masyarakat.

Akhirnya pihak pengelola menyiapkan perahu motor sebagai sarana kebutuhan para wisatawan yang berkeinginan berkeliling di sekitar bendungan terbesar di Dharmasraya ini.

Lantas pengadaan fasilitas wisata lainnya terus menyusul, seperti pengadaan sepeda air, jet ski, hingga kapal wisata.

Menilai bentuk struktur bangunan bendungan ini, sangat mirip dengan arsitektur gedung-gedung estetik bergaya klasik di Eropa. Bahkan semakin indah karena ditambah dengan gaya minangkabau.

2. Taman Bunga Dharmasraya

Taman Bunga Dharmasraya merupakan wisata alam yang baru saja di buka. Masih berada di kawasan Gunung Medan, taman bunga ini sudah sangat menyedot perhatian pengunjung hingga memadati wisata ini.

Bagaimana tidak? Taman bunga ini menawarkan view taman-taman bunga yang banyak dijumpai di Belanda.

Banyak yang berfoto ria dengan view penuh bunga warna-warni yang tentu saja punya keharuman yang membuat para pengunjung merasa relaks.

Selain itu, tersedia pula kantin untuk sejenak mengisi perut setelah merasa puas menikmati taman bunga nan ayu mempesona. Tiket masuk ke taman bunga ini pun sangat murah meriah, hanya Rp10 ribu per orang.

3. Bukit Tambun

foto heni asrinda
Wisata alam di Dharmasraya, Sumatera Barat paling mempesona selanjutnya ialah Bukit Tambun. Wisata alam ini harus menjadi destinasi wajib bagi mereka para pencinta alam.

Hal ini dikarenakan, Bukit Tambun menawarkan view perbukitan hijau menyejukkan ala Swiss di benua Eropa.

Berlokasi di kampung Surau kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, wisata alam ini kian populer setelah menjadi lokasi start paralayang pada POV-Prov.

Selain menawarkan view pemandangan perbukitan hijau ala Swiss, para wisatawan juga bisa melihat kebun-kebun hijau milik warga. Menjadikannya tambah mempesona hingga membuat betah.

Selayaknya wisata alam lainnya, Bukit tambun juga banyak menawarkan berbagai spot indah untuk berfoto. Bahkan tidak jarang hasilnya akan terlihat seperti lukisan mewah.

Sayangnya belum ada akses yang memadai untuk bisa mencapai Bukit Tambun ini. Walaupun begitu banyak pengunjung yang rela berjalan kaki demi bisa menikmati bukit ala Swiss ini.

4. Danau Hijau

Danau Hijau merupakan salah satu ikon wisata wajib di kunjungi di Dharmasraya. Tepatnya berada di kawasan depan kantor tambang batu bara Pangean, Sitiung 4, Sungai Rumbai, kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Seperti namanya, danau ini menawarkan pemandangan alam dengan danau berwarna hijau yang menambahi kesan mempesona layaknya Danau Heart di Lembah Kleinwalser di Vorarlberg, Austria.

Sama seperti Bukit Tambun, untuk bisa mencapai lokasi Danau Hijau diperlukan perjalanan ekstra karena rutenya cukup sulit karena jalan berbatu. Danau Hijau berjarak 2 jam dari pusat kota kabupaten.

Walaupun begitu, rasa lelah pasti akan terbayarkan dengan layak ketika sampai di spot wisata alam ini dan tentunya pengunjung bisa sangat menikmati pemandangan sambil berswafoto.

5. Ngalau Cigak

Ngalau Cigak bertempat di dataran tinggi dengan panorama indah nan mempesona.

Wisata alam yang satu ini menawarkan pemandangan sawah, lahan hijau, Goa Cigak hingga view alam berbatu tebing layaknya Canyon Bastei, Jerman.

Dengan view super megah nan mempesona ini, para pengunjung tentu saja turut mengabadikannya.

Diperlukan waktu 2 jam pendakian untuk bisa sampai ke untuk puncak Ngalau Cigak. Destinasi ini cocok bagi mereka para penantang adrenalin karena rutenya cukup sulit.

Berikut itulah wisata alam paling mempesona Kabupaten Dharmasraya yang secara tak terduga banyak menawarkan view Eropa.

Share This Article :
1745663973787222366

Makam Syekh Balinduang: Jejak Sejarah Warisan Kultural di Sungai Limau Padang Pariaman

Piamanexplore- Makam Syekh Balinduang adalah salah satu situs yang memiliki sejarah di nagari pilubang kecamatan sungai limau kabupaten pada...