-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Wisata Gratis Telabang Sakti Hadirkan Berbagai Wahana Menarik Untuk Keluarga

Bila Kota Padang terkenal dengan Pantai Airmanis, Bukittinggi identik dengan Jam Gadangnya, maka Kabupaten Sijunjung punya objek wisata tak kalah menarik, yakni Taman Wisata Wahana Telabang Sakti, di Kamangbaru. 

Di sana, pengunjung bisa menikmati keasrian taman dan juga menjajal sejumlah wahana permainan.

SAAT berkunjung ke Kabupaten Sijunjung, singgahlah sejenak ke Taman Wisata Wahana Telabang Sakti. 

Kenapa? Karena Taman Telabang Sakti adalah salah satu taman rekreasi terbilang spesifik di Kabupaten Sijunjung.

Berdiri sejak puluhan tahun lalu, Taman Telabang Sakti menyajikan hamparan taman luas dan sejuk. 

Di dalamnya dihiasi pepohonan kelapa sawit, tumbuh berbaris, sekaligus terdapat beberapa petak kolam pemandian yang memiliki air jernih.

Jika ingin mencoba bermalam di Taman Telabang Sakti, pengunjung bisa menghubungi pihak pengelola wahana, agar dapat langsung menginap di penginapan kompleks Telabang Sakti tersebut. 

Lokasi parkirnya cukup luas, aman, dan yang pasti bebas pungutan liar.

Taman Telabang Sakti tak kalah mengesankan bila dikunjungi dengan anggota keluarga tercinta. 

Sebab di kompleks ini juga tersedia wahana bermain anak, seperti papan seluncuran, ayunan, hingga permainan outbond yang diperuntukkan bagi orang dewasa.

Di saat perut keroncongan, dalam kompleks juga terdapat kafe atau kantin yang menyajikan beraneka kuliner dan lalapan khas Sijunjung, serta aneka jus, minuman segar yang harganya murah meriah.

Jangan heran bila ketika berada di Telabang Sakti, pengunjung menjadi lupa waktu. Apalagi bagi pasangan muda-mudi, dunia seakan milik berdua.

Tapi jangan sampai macam-macam, sebab di sini seribu mata akan senantiasa mengawasasi, dengan sistem pengawasan ekstra ketat.

Taman Telabang Sakti cukup mudah diakses, karena berjarak hanya sekitar 9 kilometer dari Simpang Terminal Kiliranjao, Nagari Muarotakung, Kecamatan Kamangbaru. 

Titik lokasinya persis berada di pinggir jalan lintas Sumatera Sijunjung-Riau.

Pemilik Taman Telabang Sakti, Syahbuddin Dt. Sinaro, atau akrab dipanggil Datuak Abu menuturkan, taman wisata tersebut telah menjadi kebanggaan Sijunjung.

“Sejak berdiri tahun 90-an lalu, Telabang Sakti menjadi tujuan wisata, terutama dihari libur Sabtu dan Minggu. 

Baik pengunjung secara perorangan, keluarga, komunitas, sampai kalangan organisasi pemerintahan dan swasta. 

Kini di sini juga telah tersedia Lapangan tembak di bawah binaan atau pengawasan Kodim 0310 SSD,” jelas Datuak Abu.

Lokasi ini secara keseluruhan memiliki luas sekitar 250 hektare, dikelola secara pribadi.   

Dt Abu tercatat sebagai seorang pengusaha sukses, serta saat ini menjabat Ketua Forum Wali Nagari (Forwana) Kabupaten Sijunjung. Ia sendiri dipercaya sebagai Wali Nagari Kunangan Paritrantang.

Ia menjelaskan, Taman Telabang Sakti awalnya hanya berupa taman yang dilengkapi dengan fasilitas kolam pemandian, sumber air yang berasal dari aliran anak sungai berhulu ke hutan ulayat.

Karena tingginya animo masyarakat, secara bertahap area Telabang Sakti terus dikembangkan, dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. 

“Saya menjadi tergerak untuk membangun wahana rekreasi dan hiburan Telabang Sakti semata untuk menjawab kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Selama ini masyarakat cenderung susah mencari tempat yang pas dan aman untuk rekreasi, hingga akhirnya tak jarang terpaksa harus pergi ke luar daerah untuk berekreasi.

Terutama di hari libur, hari raya, serta berbagai waktu senggang lainnya. Kini tak perlu lagi jauh-jauh lagi pergi ke negeri orang.

Terkait tarif dan biaya kunjungan, ditegaskannya semuanya gratis, kecuali biaya belanja makanan di kantin, tentu ditanggung pengunjung. Berikut biaya sewa penginapan. 

Karena yang menggelar dagangan di dalam komplek Telabang Sakti adalah masyarakat sekitar.

Sumber tulisan : https://padek.jawapos.com/pariwisata/27/01/2023/mengunjungi-taman-wisata-telabang-sakti-tawarkan-wahana-menarik-bagi-keluarga/

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Tabek Mandi Sikabu–Kolam Renang Menyuguhkan Keindahan Alam diKaki Gunung Marapi

Piamanexplore- Tabek Mandi Sikabu adalah salah satu tempat wisata yang berada di Sumatera Barat. Terletak di Kabupaten Agam, tempat ini terk...