-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Informasi Wisata Puncak Bukit Batu Manda Sumbar Wajib Bagi Pecinta Alam

foto twin chan
Piamanexplore.com-Destinasi alam Batu Manda  merupakan sebuah batu bulat yang  terpancang di atas sebuah bukit yang merupakan bagian dari cerita rakyat daerah.

Keunikan dari destinasi ini terdiri dari areal perbukitan yang agak jauh dari pemukiman  dimana terdapat sebuah telaga, yang cocok sebagai tempat kemping.

Lokasi

Lokasi bukit batu manda terletak di Desa Balubus, kecamatan Guguk, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar).

Objek wisata bukit Batu Manda ini berjarak dua puluh menit dari pusat kota. untuk sampai di lokasi tidak ada transportasi umum yang tersedia. Jadi, para travelers harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa.

Sobat bisa menempuh perjalanan darat yang berjarak kurang lebih 15 km dari pusat kota Payukumbuh dengan melewati Jalan Tan Malaka ke arah Suliki yang langsung menuju ke Balubus.

Setelah sampai di Balubus, tentunya sobat masih harus melakukan perjalanan. 

Kali ini tidak dengan menggunakan kendaraan beroda dua maupun roda empat, melainkan sobat harus melakukan trekking untuk bisa sampai ke puncak Bukit Batu Manda.

Sebenarnya ada banyak wisata dengan view perbukitan yang menarik di payakumbuh.

Salah satunya ialah bukit yang menyerupai batu besar dengan ketinggian mencapai 550 mdpl yang dinamakan masyarakat dengan Bukit Batu Manda atau Bukit Batu Gajah.

Biasanya para sobat explore tidak segan untuk memanjat sampai puncak batu yang memiliki tinggi sekitar 10 meter menjulang ke atas demi mengambil foto yang sempurna dan mendapatkan pose terbaik.

Yang Menarik Di Puncak Batu Manda

Perbukitan terlihat cantik dari atas. Ditambah lagi hutan belantara yang disusul dengan deretan pegunungan yang dapat terlihat bebas.

Panorama inilah yang membuat banyak sobat explore rela untuk menaiki bukit dengan trek menanjak tersebut.

@nilapebriyanty
Dari puncak bukit Batu Manda ini sobat dapat melihat hamparan bukit hijau dan pemandangan alam yang sangat cantik nan asri yang mampu menenangkan mata kalian.

Kenapa bukit batu manda atau bukit batu gajah ini dinamakan demikian? karena di puncaknya terdapat batu tunggal raksasa atau batu yang sangat besar selayaknya sebuah gajah.

Tak hanya pemandangan bukit yang menyerupai batu besar, di balik bukit Batu Manda ini juga terdapat padang ilalang yang sangat hijau dan tampak cantik dijadikan spot foto.

Pemandangan padang ilalang ini tumbuh di sepanjang perjalanan menuju Bukit Batu Manda. Sehingga sangat cocok dijadikan tempat healing bagi kalian yang ingin mencari ketenangan diri.

foto@meihanumsahef
Tarif Masuk

Untuk tarif masuk ke lokasi ini belum ditentukan yang ada cuma biaya parkir, untuk kendaraan roda dua berkisar dua ribu rupiah dan kendaraan roda empat berkisar lima ribu rupiah.

Jika ingin berwisata ke tempat ini, jangan lupa membawa bekal karena disekitar bukit belum tersedia kadai makanan atau minuman.

 

 

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Makam Syekh Balinduang: Jejak Sejarah Warisan Kultural di Sungai Limau Padang Pariaman

Piamanexplore- Makam Syekh Balinduang adalah salah satu situs yang memiliki sejarah di nagari pilubang kecamatan sungai limau kabupaten pada...