-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Keindahan Danau Maninjau di Ketinggian Puncak Lawang Negeri Diatas Awan

puncak lawang dengan view danau maninjau
Berlokasi agak jauh dari keramaian kota dan dikelilingi oleh pepohonan pinus puncak lawang yang sudah banyak diketahui wisatawan ini memiliki suasana sejuk dan asri serta menyuguhkan pemandangan alam nan menawan.  

Menurut wikipedia Puncak Lawang merupakan nama suatu puncak yang terletak di dataran tinggi di Kabupaten Agam Sumatera Barat. Puncak Lawang berlokasi di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Dari tempat ini, kita bisa meihat birunya Danau Maninjau.

foto piaman explore puncak lawang
Puncak Lawang berada di ketinggian 1.210 mdpl, sehingga menjadikannya ‘negeri di atas awan’ yang indah, berlatar belakang Danau Maninjau. Pada zaman penjajahan, tempat ini digunakan sebagai tempat peristirahatan bangsawan Belanda. Pada saat ini, Puncak Lawang menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Sumatera Barat. Puncak Lawang juga menjadi arena kejuaraan olahraga paralayang kelas internasional karena merupakan salah satu spot terbaik di Asia Tenggara.

foto Hazel dan zhia wisatawan dari lampung
Untuk mencapai kawasan Puncak Lawang, pengunjung bisa datang dari arah timur dan barat. Pengunjung yang datang dari barat seperti  pariaman Lubuk Basung atau Danau Maninjau akan melewati perjalanan mendaki bukit dengan 44 belokan yang terkenal dengan Kelok 44.  Sedangkan pengunjung yang datang dari arah timur seperti kota Bukittinggi atau Padang Panjang akan mencapai kawasan Puncak Lawang  Kecamatan Matur  sebelum sampai di Kelok 44.

Nampaknya sudah biasa menikmati keindahan danau di depan danaunya langsung, tapi bagaimana jika menikmatinya dengan cara berbeda? Coba deh datang ke Puncak Lawang. Disini kalian bisa puas mandangin danau terbesar kedua di Sumatera Barat yaitu Danau Maninjau yang superduper keren pemandangannya. 

puncak lawang yang hijau dengan pemandangan hutan pinus
Pemandangan yang indah, air bening bak cermin dan bentang dataran yang hijau dikelilingi bukit terjal, semua ini kalian dapat nikmati dari sini. Keindahan view danau yang merupakan saksi letusan merapi ratusan tahun lalu kian menjadi primadona destinasi wisata sumbar baik oleh lokal bahkan hingga mancanegara.

Wisata Adventure

Puncak lawang mengusung tema wisata adventure, tidak hanya sekedar menikmati pemandangan danau maninjau ada beberapa wahana yang dapat memacu adrenalin.

trek flying fox puncak lawang
Flying fox flying fox dapat dicoba oleh siapa saja anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Untuk menikmati serunya bermain flaying fox anda diharuskan membayar Rp 25 ribu di luar biaya masuk. Dengan menggunakan pakaian yang safety andapun dapat menikmati wahana permainan ini.

Paralayang  Puncak Lawang menawarkan sensasi menjajal paralayang sembari menikmati indahnya Danau Maninjau. Jangan lupa siapkan biaya sekitar Rp. 600.000/orang untuk benar-benar uji adrenaline sepuasnya.

melayang diantara kabut
Spot foto Puncak Lawang yang terletak di atas ketinggian, maka ada suguhan pemandangan yang sangat memukau. Pihak pengelola wisata juga telah melengkapi keindahan panorama tersebut dengan cara memberikan beberapa spot foto menarik. Maka dari itu, kalian bisa memilih spot foto yang kalian inginkan seperti latar belakang Danau Maninjau hingga hutan pinus yang eksotis.

hutan pinus dengan latar danau maninjau
Panorama danau maninjau  pemandangan Danau Maninjau nampak sempurna jika dilihat dari atas bukit. Warna permukaan airnya yang biru memantulkan gambar awan di langit yang sangat memukau. Terlebih lagi, lokasi wisata ini juga dikelilingi dengan bukit – bukit hijau yang mengitari danau.

Hutan pinus Kawasan wisata Puncak Lawang terdiri dari hamparan pinusan yang memiliki suhu udara sejuk dengan kualitas oksigen yang sangat bagus. Dengan banyaknya pohon pinus tersebut, banyak sekali burung yang berhabitat di hutan ini.

foto di puncak lawang dengan latar hutan pinus

Bagi wisatawan yang tidak membawa bekal makanan jangan takut lapar karena di puncak lawang ada cafe and resto yang menyajikan berbagai macam makanan dan minuman. Seperti nasi goreng dengan telur mata sapi dengan harga Rp 25.000 per porsi. Jika ingin ngopi, ada berbagai macam kopi seperti secangkir kopi ginseng dengan harga Rp12.000. atau dengan varian kopi lainnya mulai dengan harga 18.000-Rp20.000.

piamanexplore di kafe yang berada puncak lawang
Ticket masuk

Wisata puncak lawang dibuka setiap hari senin sampai minggu. Biaya atau ticket masuk senin sampai jumat 20.000 untuk satu orang. Sedangkan untuk hari sabtu dan minggu 25.000 untuk satu orang. Ticket ini sudah termasuk biaya parkir.

Catatan: Para wisatawan disarankan tidak berkunjung ke lokasi wisata di musim hujan. Hal tersebut dikarenakan trek ke arah lokasi yang lumayan susah dan menantang. Tak hanya itu, juga akan lebih banyak kabut tebal yang menyelimuti pemandangan serta mengurangi jarak pandang.

foto piamanexplore

Kalau liburan ini belum ada plan kemana-mana, boleh juga nih melipir kesini.

 

Share This Article :
1745663973787222366

4 Hari “Pariaman Barayo” Pariaman Dapat Uang Masuk 215 juta Lebih Dari Ribuan Pengunjung

Piamanexplore- Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan kunjungi destinasi wisata Kota Pariaman, hal ini terlihat dari tingginya minat dari kun...