-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Wisata Mandeh Daya Pikat Sumatera Barat, Paradise From West Sumatera

 

puncak mandeh

SECARA giografis, kawasan wisata Mandeh  mempunyai area lebih kurang seluas 18.000 hektare.  Kawasan Mandeh ini meliputi 7 desa dari 3 nagari (sumbarprov.go.id) 2020. Kawasan yang indah  ini merupakan perpaduan perbukitan yang alami dengan keindahan teluk yang dihiasi dengan gugusan pulau – pulau kecil yang berada di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan

Setiap pulau memiliki masing-masing keunikan yang berbeda. Pulau yang bisa dikunjungi di kawasan wisata mandeh yakni Pulau Taraju, Pulau Setan atau sutan, Pulau Sironjong Besar, Pulau Sironjong Ketek, Pulau Marak, Pulau Kapo–kapo. Yang paling terkenal hingga manca negara adalah Pulau Cubadak.

sironjong ketek
kawasan wisata Mandeh memiliki keindahan bawah laut, terumbu karang dan biota laut yang menakjubkan. Terdapat sekitar 70 hectare terumbu karang yang masih alami. Tidak hanya itu, ada juga bangkai kapal MV Boelongan. Keberadaan bangkai kapal Belanda yg tenggelam di kawasan ini menambah nilai tersendiri bagi wisata bawah laut wilayah ini.

Di kawasan wisata Mandeh juga terdapat hutan mangrove seluas 389 hektare, serta berbagai biota laut yang beraneka ragam. Dengan Keindahan Taman Nasional Laut Mandeh baik dari daratan maupun bawah laut (bahari), kawasan wisata mandeh pantas disebut Surga dari Sumatra, Paradise from West Sumatera.

kawasan hutan mangrove
Kawasan Wisata Mandeh Sumatera Barat berlokasi di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Jika berangkat dari Kota Padang, Anda bisa berkendara sejauh kurang lebih 56 km atau sekitar 1,5 jam. Akses jalannya bagus dan sudah beraspal hingga di lokasi, namun berliku naik dan turun.

Spot terbaik untuk menikmati landscape adalah di Puncak Mandeh. Jajaran pulau kecil yang tertata acak di tengah laut benar-benar memanjakan mata. Keindahan inilah yang membuat Kawasan Wisata Mandeh Sumatera Barat mendapat julukan Raja Ampat-nya Ranah Minang. Benar-benar menakjubkan.

puncak mandeh

Sementara itu di sisi selatan Kampung Mandeh, wisatawan bisa menikmati keeksotikan alam Kampung Carocok. Kampung ini menempati sebuah tanjung yang melengkung, menyerupai danau yang tenang dengan air yang sedikit bergelombang. Tidak ada yang perlu Anda lakukan, kecuali mengaguminya.

8 tempat wisata yang direkomendasikan

Puncak Paku. Puncak paku memiliki beberapa spot foto yang dipadukan dengan pesona alam sekitar yang menawan. Bahkan keindahan di lokasi tersebut mampu memukau orang nomor satu di republik ini.

puncak paku
Pulau Setan Hampir sama dengan Puncak paku, pada mulanya Pulau Setan mempunyai nama Pulau Sultan. Kemudian seiring berjalannya waktu namanya berubah menjadi Pulau Sutan, dan akhirnya menjadi Pulau Setan. Biasanya diksi Pulau Setan untuk menunjukan sebuah pulau yang seram, angker. Namun tidak dengan Pulau Setan yang ada di Wisata Mandeh. Pulau tersebut memiliki pasir pantai putih, air laut yang biru, ombak yang cukup tenang, serta memiliki puncak bukit sebagai spot terbaik menikmati panorama alam di sekitar dari ketinggian.

pulau setan
Pulau Cubadak Tak lengkap rasanya jika membahas Wisata Mandeh tidak membahas pulau yang satu ini, namanya Pulau Cubadak. Sebuah pulau eksotis yang sangat terkenal bagi turis asing. Luasnya mencapai 40 ha, ombaknya tenang, serta memiliki resort dengan kualitas dan fasilitas bintang 5, yang terdiri dari 15 Bungalow, dengan kapasitas tampung sekitar 35 orang.
pulau cubadak
Puncak Mandeh Inilah spot terbaik untuk melihat kawasan Wisata Mandeh dari ketinggian. Namanya Puncak Mandeh. Satu hal lagi yang sangat dinantikan pengunjung saat berada di Puncak Mandeh adalah Sunsetnya. Keindahannya sunset di Puncak Mandeh sudah sangat terkenal bagi para wisatawan yang pernah datang kelokasi tersebut.

Harga Tiket Masuk Wisata Mandeh

Rata – rata tiket masuk Wisata Mandeh gratis. Para pengunjung hanya akan dikenakan biaya saat mencoba wahana wisata yang ada di lokasi tersebut.

Fasilitas Di Wisata Mandeh

Saat ini fasilitas di kawasan Wisata Mandeh mulai ditata sebaik mungkin, untuk menunjang kenyamanan wisata para pengunjung.

senja di puncak mandeh

Bahkan di beberapa objek wisata terdapat fasilitas penginapan, atau resort.

 

 

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Tabek Mandi Sikabu–Kolam Renang Menyuguhkan Keindahan Alam diKaki Gunung Marapi

Piamanexplore- Tabek Mandi Sikabu adalah salah satu tempat wisata yang berada di Sumatera Barat. Terletak di Kabupaten Agam, tempat ini terk...