-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Wisata Tabiang Takuruang yang Menyuguhkan Keindahan Alam


foto facebook Ridho Pambudi

 Tabiang Takuruang menjadi salah satu ikon destinasi wisata, yang terletak di kawasan jorong Jambak, nagari Sianok, kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar). "Kenapa namanya Tabiang Takuruang?, ya, karena tabiang ini dikelilingi tebing-tebing lain yang mengapitnya. Tabiang Takuruang itu tepat berada ditengah pemandangan hijau.

tebing yang memiliki tinggi lebih kurang 100 meter itu dulunya lebih besar dan lebih tinggi pada kondisi saat sekarang, karena dulu pernah terjadi gempa maka sebagian tebing itu runtuh. Rupanya, di masa silam, tebing ikonik ini adalah sebuah bukit yang pernah didiami sekelompok orang. Sutan Kayo, salah seorang warga lokal mengatakan, ia mendapat cerita dari orang tuanya jika di Puncak Tabiang Takuruang dahulunya ada rumah milik pesukuan Chaniago. Tentu Kayo tidak pernah mendapatinya. Namun, dekade 90-an ia pernah naik ke atas, dan menemukan lesung yang menjadi bukti bahwa pemukiman memang pernah ada di sana.

sungai yang mengalir di area tabiang takuruang foto facebook ianpiliang
Sementara, lesung yang berada di puncak, hingga sekarang tak diketahui keberadaannya. Karena bentuknya sudah berubah, rasanya mustahil untuk memanjat hingga ke puncak apalagi di bagian bawah semak belukarnya cukup rapat. Kekinian, keindahannya tetap menjadi salah satu tujuan wisata utama di Ngarau Sianok, sementara bekas pemukiman di atasnya, tak banyak lagi diketahui orang.

Jika Anda berada di Bukittinggi , hanya membutuhkan 15 hingga 20 menit untuk sampai ke lokasi tabiang takuruang. Bentuknya khas, berada di tengah lembah bertepian sungai dengan suara gemericik air mengalir tenang dan jernih. Didukung dengan udara yang sejuk dan segar serta jauh dari kebisingan. Di sana ada sebuah cafe, namanya Taruko Cafe Resto . Berbagai makanan tersedia, sehingga tidak perlu keluar kompleks wisata untuk mencari makanan saat perut kosong.

cafe unik yang mejanya di letak dalam air
Untuk waktu berkunjung yang pas ialah pada pagi hari dan juga sore hari menjelang malam. Karena pada pagi hari pengunjung akan disuguhkan kesegaran dan embun pagi yang akan dirasakan ketika berada di tempat tersebut.  Saat ke sana tidak dikenakan biaya tiket masuk. Lumayan bisa menikmati keindahan sambil mencicipi menu kuliner yang ada.

Tabiang memiliki hawa yang sangat sejuk dan dingin. Hal ini memberikan rasa puas dan nyaman bagi wisatawan yang datang ke obyek wisata ini. Gaya eksotis yang dimilik obyek wisata ini mampu menjadikan wisata ini sebagai obyek wisata yang sangat elok. Siapa pun pengunjung yang melihatnya akan merasa tergoda untuk menikmati suasana disana. Tabiang Takuruang sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata selanjutnya bagi Anda pecinta traveling.


 

Segera jadwalkan untuk mengunjungi lokasi wisata ini bersama teman maupun keluarga Anda.

 

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Sejarah Nyi Eroh Ratu Galunggung Legenda Sang Permaisuri Gunung Api

Piamanexplore- Gunung Galunggung di Tasikmalaya dijuluki sebagai Ratunya Gunung di Jawa Barat.  Kawasan gunung Galunggung yang bercadas dan ...