-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Wisata Taman Pintar Jogja Yang Bikin Pintar

 

gerbang masuk
Kota Yogyakarta memang pantas menyandang gelar kota pendidikan. Selain memiliki sejumlah institusi pendidikan ternama, kota ini juga memiliki objek wisata yang mendidik. Salah satunya adalah wisata taman pintar Jogja. Di tempat wisata ini pengunjung dapat bermain sekaligus bermain serta mengasah kreatifitas yang sangat berguna.

Objek wisata ini dibangun sebagai tanggapan terhadap ledakan era sains di Indonesia sekitar tahun 90-an. Adanya taman pintar ini diharapkan dapat menjadi manfaat baik terutama bagi peradaban manusia. Manfaat baik sains ini dapat dirasakan melalui 10 wahana taman pintar ini.

1. Wahana Gedung Kotak

Pada wahana ini, pengunjung dapat belajar sejumlah ilmu yang menarik dari beberapa zona sebagai kategori. Pengunjung dapat menemukan sejumlah hasil kebudayaan Indonesia berupa batik ataupun keris dan melihat replika Candi Borobudur. Selain itu pengunjung juga dapat belajar tentang pengelolaan minyak dan gas ataupun susu.

2. Wahana Gedung Oval

Di gedung ini, pengunjung dapat melakukan aktifitas yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan alam. Pengunjung dapat mengenal tentang ilmu kelistrikan, ilmu cuaca dan iklim, ilusi mata, kehidupan purba, dan lain sebagainya. Pada gedung, pengunjung juga dapat bermain dengan generator van de graaf yang sangat terkenal.

3. Wahana Planetarium

Seperti namanya, gedung ini dikhususkan untuk mempelajari ilmu astronomi. Di sini pengunjung akan belajar tentang segala sesuatu yang ada di luar bumi, mulai dari planet, bintang, satelit, asteroid, komet, dan lain sebagainya. Pengunjung juga bisa menonton perjalanan manusia ke bulan melalui layar proyeksi.

4. Wahana Kampung Kerajinan
arena belajar kerajinan
Kampung kerajinan berfokus pada ilmu kesenian dan kerajinan. Pada wahana ini segala kreativitas pengunjung akan diasah dan diuji. Pengunjung dapat melakukan segala kegiatan kerajinan seperti melukis batik, membuat gerabah, melukis gerabah, melukis kaos, dan kegiatan lainnya.

5. Wahana Bahari

Wahana ini terletak di luar gedung berbentuk miniatur perairan. Di sini pengunjung dapat bermain wahana air dengan menggunakan kapal mini yang disediakan. Pengunjung hanya diharuskan membayar 4 ribu rupiah untuk dapat mengendarai kapal mini tersebut.

6. Zona Pengelolaan Sampah

Pada wahana ini, pengunjung akan diajak untuk lebih mencintai alam lewat ilmu pemulihan sumber daya. Akan banyak ilmu tentang pengelolaan limbah menjadi kompos atau barang daur ulang lainnya. Dengan wahana ini, pengunjung diharapkan lebih cinta lingkungan.

7. Science Theatre

Science Theatre adalah sebuah gedung audiovisual yang dapat menampung 50 hingga 60 orang. Dilengkapi dengan layar besar dan kursi layaknya di dalam bioskop. Wahana ini dapat digunakan untuk semakin mengenal sains lewat pemutaran film ataupun peragaan demo sains.

8. Perpustakaan Taman Pintar

Selain wahana yang dapat dimainkan, Wisata Taman Pintar Jogja juga memiliki berbagai koleksi buku yang dapat menambah wawasan. Buku-buku itu diletakan di dalam perpustakaan taman pintar yang dapat diakses oleh banyak orang. Di perpustakaan tersebut juga sering diadakan pertunjukan boneka seminggu sekali.

9. Gedung PAUD

Merupakan gedung yang paling tua yang ada di taman pintar. Gedung ini dibagi menjadi 2 yaitu gedung PAUD barat dan timur. Gedung PAUD barat difungsikan untuk anak usia TK, sedangkan gedung PAUD timur difungsikan untuk anak usia pra-TK.

10. Playground

Playground ini merupakan wahana yang dapat diakses secara gratis. Wahana yang terletak di tempat terbuka ini dilengkapi sejumlah peragaan sains yang dapat dicoba. Selain alat peragaan sains, zona playground juga memiliki koleksi permainan masa kecil yang dapat dimainkan oleh anak-anak.

Wisata Taman Pintar Jogja buka setiap pukul 08.30 - 16.00 selama selasa sampai minggu. Harga tiket masuk tempat wisata ini mulai dari 10 ribu hingga 45 ribu tergantung wahana yang ingin dikunjungi. Pemesanan tiket juga bisa secara online lewat website resmi Taman Pintar. 


Lokasinya sendiri berada di Jalan Panembahan Senopati, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta.

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Tabek Mandi Sikabu–Kolam Renang Menyuguhkan Keindahan Alam diKaki Gunung Marapi

Piamanexplore- Tabek Mandi Sikabu adalah salah satu tempat wisata yang berada di Sumatera Barat. Terletak di Kabupaten Agam, tempat ini terk...