-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Parade 1000 Songket Pandai Sikek Sedot Ribuan Pengunjung

iring-iringan dalam festival pandai sikek berlatar kantor nagari
Pandai Sikek merupakan salah satu nagari yang termasuk ke dalam wilayah kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat, Indonesia.

Nagari Pandai Sikek juga dikenal sebagai tempat pengrajin tenun, dan ini diapresiasikan oleh pemerintah Republik Indonesia dalam gambar mata uang pecahan Rp 5.000 emisi 1999-saat ini.

iring-iringan membawa songket pandai sikek
Parade 1000 songket kerajinan unggulan pandai sikek dan kesenian gandang sikapak memeriahkan pembukaan festival nagari pandai sikek, kecamatan X koto yang berlangsung beberapa hari lalu sehingga pembukaan festival itu sangat meriah membuat sekitar 1000 orang berkunjung kesana.

Selain parade songket juga diadakan makan bajamba, fashion show, demo ukiran kayu, kuliner khas pandai sikek serta pentas seni khas anak nagari.

Nagari pandai sikek merupakan sebagai salah satu nagari dari 9 nagari di kecamatan X koto penghasil kain tenun, ukiran kayu dan sayuran berkualitas, selain itu nagari yang terletak di lereng gunung singgalang ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan berhawa sejuk.

Dari potensi yang dimiliki itulah pemerintah tanah datar merealisasikan salah satu program unggulan yakni satu nagari satu ivent, yang bertema pandai sikek festival sebagai wadah promosi segala potensi yang ada dinagari tersebut.

foto ErisonJKambari
Tujuan pelaksanaan pandai sikek festival yakni melestarikan, memajukan budaya dan mempromosikan potensi daerah yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pandai sikek festival sangat bermanfaat dalam melestarikan serta mempromosikan kearifan lokal anak nagari. Insya Allah pemerintah terus bersinergi untuk meyelenggarakan kegiatan ini setiap tahunnya.

Dengan adanya pandai sikek festival akan lebih mengenal kan nagari tokoh sastrawan Indonesia yakni taufik Ismail kemasyarakat daerah nasional maupun mancanegara.

#1000SongketPandaiSikek

  

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...