-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Sirukam Dairy Farm kabupaten Solok Healing Sambil Belajar Peternakan Modern

foto bun piau
Diberkahi lima danau, satu gunung dan kontur daerah yang beragam, kabupaten solok seperti surganya wisata alam. Wisata berbasis edukasi akhir-akhir ini cukup di gemari didaerah penghasil beras tersebut seperti yang ditawarkan Sirukam Dairy Farm.

Dianugrahi dengan alam yang indah kabupaten solok menjadi salah satu derah tujuan wisata di provinsi sumatera barat. Beragam destinasi berbasis keindahan alam cukup banyak di daerah tersebut.

Sobat bisa menikmati keindahan danau singkarak, eksotisme danau kembar diatas dan dibawah, keasrian danau talang hamparan kebun teh, atau bisa juga mencicipi pengalaman pendakian gunung talang.

Sirukam Dairy farm

Selain itu, berbagai wisata alternatif lainnya juga ada di solok, salah satunya adalah sirukam dairy farm, pariwisata berbasis edukasi ini yang terletak dinagari sirukam kecamatan payung sekaki.

Akses menuju Sirukam Dairy Farm

Untuk mengunjungi sirukam dairy farm bisa diakses melalui jalan raya solok alahan panjang lebih kurang berjarak 25 km dari kota solok. Sepanjang perjalanan nuansa alam pun selalu terasa pada 10 km pertama dari kota solok sobat akan disuguhi pemandangan hamparan sawah disisi kiri dan kanan jalan.

Lalu perjalanan akan ditempuh dilereng bukit tikungan-tikungan tajam saling berbalas walaupun demikian sobat akan menyaksikan keindahan hamparan kabupaten solok disisi kanan jalan, jika cuaca bagus akan terlihat jelas jajaran bukit barisan serta wajah kabupaten dan kota solok dari ketinggian.

Saat tiba di gerbang sirukam dairy farm memang belum terlihat istimewa tapi setelah masuk kekawasan taman, suasana seketika berubah. Jika cuaca cerah dari taman sirukam akan terlihat pemandangan indah kawasan utara sumbar, jelas terlihat siluet gunung marapi, sago dan singgalang berjejeran.

tanaman hias sirukam
Bentangan danau singkarak serta dibagian selatan berdiri megah gunung talang yang terlihat sangat jelas. Di sirukam dairy farm juga ada coffe shop jika sobat ingin menikmati alam dengan secangkir kopi.

Tempat Peternakan Hewan Dan Tanaman Hias

Didalam area seluas 20 hektar itu selain taman juga ada kandang sapi perah yang berjumlah lebih kurang 150 ekor, 500 lebih ayam kukuak balenggek, ayam petelor, domba, kambing dan berbagai tanaman hias.

Salah satu tujuan sirukam dairy farm ini yakni untuk mengedukasi pengunjung tentang peternakan, khususnya peternakan modern.

Sirukam Dairy farm mengusung tema eduwisata yang artinya edukasi menjadi fokus kita agar tak hanya berwisata sobat juga bisa mendapat  pengetahuan seputar peternakan. Disini sobat bisa melihat dan mengetahui bagaimana cara beternak kambing, penggemukan sapi, beternak ayam kukuak balenggek secara modern.

Sejak mulai dibuka pada libur lebaran idul fitri 2022 lalu, masyarakat terlihat sangat antusias, setiap hari nya selalu ramai dikunjungi, dengan cara berkunjung ke masing-masing hewan ternak, nanti disana akan ada petugas yang akan menampung pertanyaan dan menjelaskan detailnya.

Tarif akses Sirukam Dairy Farm

Hanya membayar Rp10.000 sobat sudah bisa mengakses seluruh kandang dan itu termasuk bonus satu botol susu sapi,sayang untuk saat ini kunjungan ke kandang sapi dibatasi dulu untuk mencegah PMK.

Untuk kunjungan ke sirukam dairy Farm tidak memiliki persyaratan tertentu. Namun, yang utnuk edukasi kebanyakan dari sekolah mahasiswa dan kelompok guru.

Paket Wisata Sirukam Dairy Farm

ayam kukuak balenggek foto "adira putra"
Pihak pengelola menyediakan paket tour untuk kelompok besar minimal 20 orang dan bebas mengakses seluruh area peternakan ditambah guide sambil bertanaya-tanya seputar peternakan modern.    

Yang jelas disini bisa semua meskipun prioritas kita edukasi tapi bagi sobat yang hanya ingin berswafoto juga bagus karena disini tempatnya juga instagramable.

Salah satu pengunjung mengatakan “Sirukam dairy farm cukup berbeda dari destinasi wisata yang ada di solok sehingga sangat cocok untuk wisata keluarga. Tanamannya cukup luas anak-anak bisa bermain disini dan spot foto juga bagus-bagus,” katanya.

#Ternak Modern

 

   

Share This Article :
1745663973787222366

Sejarah Nyi Eroh Ratu Galunggung Legenda Sang Permaisuri Gunung Api

Piamanexplore- Gunung Galunggung di Tasikmalaya dijuluki sebagai Ratunya Gunung di Jawa Barat.  Kawasan gunung Galunggung yang bercadas dan ...