-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Sebelum Menghukum Ajarkan Negosiasi Pada Anak, Bukan Paksaan

Orang tua wajib memberikan penjelasan sebelum melayangkan hukuman. Terkait hal tersebut, ada dua kondisi yang mungkin dapat terjadi. Pertama, secara situasional. Yaitu orang tua dapat memberikan penjelasan terhadap hal yang baru kali pertama yang ditemui sang anak. Misalnya, bagaimana menghormati orang yang baru dikenal atau berbagi mainan. kedua, kesepakatan hukuman terhadap hal-hal yang telah dipersiapkan. Contoh, saat mulai bersekolah, anak harus patuh pada peraturan jam main, jam tidur, merapikan buku dan lain-lain.


Penjelasan dan kesepakatan dapat dilakukan jauh-jauh hari dan orang tua dapat mengontrol dengan membuat catatan yang dapat dilihat sepanjang waktu. Sesekali orang tua juga perlu membiarkan anak merasakan dampak negatif dari melanggar aturan. Misal saat anak tetap tidak membereskan mainan setelah di ingatkan, orang tua bisa menyembunyikan mainan itu agar anak merasa kehilangan. Itu juga bisa jadi bentuk hukuman.

Sedikit menunda kesukaan anak juga termasuk salah satu jenis hukuman. Misalnya, menggeser jadwal rekreasi seminggu lebih lama atau mengundurkan jam menonton televisi satu jam lebih lambat. Hindari hukuman kekerasan fisik seperti memukul atau kekerasan verbal seperti memaki.

Orang tua dapat mengajarkan negosiasi dan tawar-menawar jangan memaksakan. Itu akan menjadikan anak menganggap paksaan adalah wajar ujar Nurlita lulusan megister Psikologi Universitas Surabaya. Salah satu metode yang paling banyak digunakan didunia adalah time-out, membiarkan anak disuatu tempat untuk merenungkan masalahnya. Metode ini juga disebut kursi hukuman dengan menempatkan anak pada sebuah kursi disuatu sudut rumah yang disepakati sebagai sudut hukuman.

Aturlah waktu sesuai perjanjian berapa lama mereka harus duduk dikursi tersebut. Aktris inggris Victoria beckham adalah salah satu yang menggunakan metode kursi hukuman dikeluarganya. Sementara itu, bintang Hollywood Jennifer Lopez lebih sering menyita mainan atau gadget sang anak saat 
kedapatan melanggar aturan.

Selain dengan hukuman mendidik dengan cara-cara positif memang yang paling dianjurkan. Anak paling butuh pengalaman keberhasilan. Jadi bagi orang tua tetaplah fokus kepada rewarding lebih dulu sebelum mulai ke punishment ujar perempuan yang berprofesi sebagai dosen itu.
 
Tekhnik Menghukum Anak
 
Menurut Nurlita Endah Karunia psikolog perkembangan keluarga dan perkawinan Universitas Surabaya, hukuman diperbolehkan selama tidak mengganggu hak dasar anak, Hak-hak ini misalnya makan, mendapatkan ilmu, dan istirahat. Pada dasrnya ada dua hal yang mendasari orang tua dapat menerapkan hukuman. Pertama, anak berprilaku membahayakan secara fisik dan spikologis. Kedua, anak melakukan sesuatu yang melanggar norma-norma umum di masyarakat.

Contoh tindakan berbahaya secara fisik adalah menggunakan benda tajam atau aliran listrik, sementara yang membahayakan spikologis dapat berupa prilaku mengumpat atau mengejek teman sebaya. Tindakan yang melanggar aturan masyarakat misalnya berkelahi, mencuri, dan lain-lain.

Namun, pemberian hukuman terbaik adalah melalui pembahasan dan kesepakatan sebelumnya. Tidak fair jika orang tua tiba-tiba mencubit atau menghukum anak sebelum ada penjelasan sebelumnya. Penjelasan yang dimaksud  merupakan komunikasi dua arah antara orang tua dan anak. Orang tua wajib menjelaskan mengapa prilaku tersebut dilarang serta sebab akibat yang ditimbulkan dari prilaku tersebut.

Setelah menjelaskan langkah selanjutnya adalah menetapkan kesepakatan tentang tahap pemberian hukuman. Jadi mengingatkan anak juga sudah termasuk bentuk hukuman. Terakhir penting bagi orang tua konsisten terhadap perjanjian yang disepakati. Misalnya jika disepakati tidak boleh menyentuh gadget saat berada dimeja makan orang tua juga dapat dihukum  bila melanggar aturan.

semoga bermanfaat 
Share This Article :
1745663973787222366

Sejarah Nyi Eroh Ratu Galunggung Legenda Sang Permaisuri Gunung Api

Piamanexplore- Gunung Galunggung di Tasikmalaya dijuluki sebagai Ratunya Gunung di Jawa Barat.  Kawasan gunung Galunggung yang bercadas dan ...