-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Menikmati Desa Wisata Air Santok||Hijaunya Persawahan||kolam Terpanjang||Pariaman

taman sawah
Desa-desa di kota pariaman tengah berlomba-lomba mengembangkan destinasi wisatanya masing-masing tak ketinggalan juga desa air santok yang berada di pariaman timur. Desa Air Santok merupakan salah satu desa dalam wilayah Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. Secara administratif, wilayah Desa Air Santok memiliki batas sebagai berikut : Sebelah Barat berbatas dengan Desa Sungai Pasak, Sebelah Timur berbatas dengan Desa Kajai. Sebelah Utara berbatas dengan Desa Cubadak Mentawai,  Sebelah Selatan berbatas dengan Desa Punggung Lading.

Luas wilayah Desa Air Santok adalah 130, 5 Ha yang terdiri dari 20 rupa permukiman, 70 rupa daratan yang digunakan untuk lahan pertanian, serta 10 rupa lahan budidaya perikanan.  Sebagaimana wilayah tropis, Desa Air Santok mengalami musim kemarau dan musim penghujan dalam tiap tahunnya. Rata-rata perbandingan musim penghujan lebih besar daripada musim kemarau, hal itu disebabkan karena wilayah yang masih hijau dan dekat dengan pantai. Jarak pusat desa dengan ibu kota kurang lebih 7 km.

Visi Dan Misi Desa Air Santok

VISI dan MISI   VISI   "Meningkatkan Pelayanan Disegala bidang kepada masyarakat, Mewujudkan desa tujuan wisata, Perdagangan, Serta masyarakat yang religius dan berbudaya"  Misi:

1. Mewujudkan dan meningkatkan  Serta meneruskan tata kelola Pemerintahan desa air santok

2. Meningkatkan pelayanan

Sejarah Desa Air Santok

Berdasarkan sejarah yang dituturkan oleh ninik mamak, bahwa penyebutan nama desa Air Santok berasal dari para pedagang dari aceh yang mampir untuk makan bersantap di tepi sungai. kebiasaan untuk mampir dan bersantap di tepi sungai itulah yang diistilahkan menjadi AIR SANTAP sehingga lama kelamaan menjadi cikal bakal nama itu menjadi AIR SANTOK.

Wisata Desa Kolam Terpanjang Di Pariaman

Pemerintahan Desa Air Santok Pariaman Timur menjadikan Batang air Santok menjadi lokasi pemandian sejak beberapa tahun lalu. Pinggiran atau bantaran Batang air Santok juga dibuat berbagai ornamen seperti jembatan melengkung dan lukisan mural ceria.

air yang berasal dari Ampang Santok terkenal sangat jernih. Bahkan Ampang Santok sudah ada sejak zaman kolonial Belanda dan kemudian dibangun Irigasi Santok yang diresmikan oleh Wakil Presiden pertama RI Muhammad Hatta.

batang air irigasi yang dijadikan kolam oleh anak-anak untuk berenang
Irigasi Santok, membentang dari Desa Cubadak Mentawai, Desa Air Santok dan Desa Sungai Pasak. Selanjutnya terus ke Kelurahan Jati Mudiak, Jati Hilir dan kian mengecil di Kelurahan Alai Gelombang, Kampung Jawa II dan berakhir di Muaro Pariaman. Selain itu, imbuh Batang air Santok tidak dipergunakan warga membuang limbah rumah tangga karena seluruh warga sudah memiliki sanitasi pribadi di rumahnya masing-masing. "Oleh karena itu aman untuk mandi-mandi. Airnya jernih dan selalu mengalir.

Wisata Asyik Menikmati Hijaunya Persawahan

Selain kolam terpanjang yang dimiliki desa air santok kini sudah ada taman untuk bermain sambil menikmati hijaunya areal di tengah-tengah persawahan. Bagi pengunjung dapat melihat langsung bagaimana petani sedang menggarap sawah wisatawan bisa melihat petani menebar benih, melihat hijaunya hamparan sawah dari dekat dan menyaksikan panen padi.

ayunan bak sarang burung
Di taman wisata ini track nya di rabat beton dihiasi dengan lukisan 3D jadi menambah keindahan bagi sobat Explore yang ingin berswafoto. Disini di taman wisata persawahan ini tersedia banyak bangku-bangku yang terbuat dari besi jumlahnya sekitar 8 bangku buat anda bersantai. Disediakan juga 3 buah ayunan yang terdiri dari 2 ayunan bak sarang burung berwarna cerah dan satu ayunan besar yang dapat anda nikmati.

lukisan 3D ular tangga

Bagi sobat Explore yang membawa anak-anak, juga bisa bermain permainan ular tangga bersama adik, kakak maupun teman gambar ular tangganya disini sudah tersedia pada lantai track taman dalam bentuk lukisan 3D. Pada malam hari disini juga menarik Jika anda datang pada malam hari di taman wisata sawah ini sudah memiliki fasilitas lampu penerangan.

Baca juga: Jembatan sawah kampuang sato pariaman

HTM : Harga Tiket Masuk

Untuk sementara belum di pungut biaya masuk maupun parkir di lokasi wisata desa air santok.



Ayo ke sini desa air santok.

    

 

Share This Article :
1745663973787222366

Sejarah Nyi Eroh Ratu Galunggung Legenda Sang Permaisuri Gunung Api

Piamanexplore- Gunung Galunggung di Tasikmalaya dijuluki sebagai Ratunya Gunung di Jawa Barat.  Kawasan gunung Galunggung yang bercadas dan ...