-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Berlibur Ke Pariaman liburan Sehat dan Lengkap ke Pantai Gandoriah

Kota Pariaman adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota ini berjarak sekitar 56 km dari kota Padang atau 25 km dari Bandara Internasional Minangkabau.

Pariaman memiliki berbagai panorama wisata laut salah satunya pantai Gandoriah yang menjadi keunggulan utama pantai ini. Di lepas pantai setidaknya terdapat gugusan 6 pulau kecil yang terlihat bagaikan menghias wisata ini. Keenam pulau itu adalah Pulau Kasiak, Pulau Angso, Pulau Tangah, Pulau Ujung, Pulau Gosong dan Pulau Bando.

Selain dapat dinikmati sebagai bagian dari panorama lautnya, sebagian besar pulau ini dapat disinggahi dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 15 menit, salah satunya pulau angso duo. Perjalanan dari pantai Gandoriah dengan tiket perahu motor Rp 40.000 pulang pergi untuk setiap penumpang.

Disamping menikmati keindahan panoramanya, pantai ini juga menyajikan berbagai aktivitas rekreasi laut yang bisa menjadi pilihan saat liburan. Diantaranya, renang, selancar, sepak bola pantai, jetski, banana boat, juga ada sepeda santai yang panjang  dan dapat di naiki oleh 3 orang. Sepeda ini bisa di sewa oleh pengunjung dan bermacam jenis olah raga pantai lainnya.

perjalanan menuju pulau angso duo
Keunggulan yang dimiliki Pantai Gandoriah juga didukung oleh aksesnya yang strategis. Posisinya yang berada di pusat kota, menjadikan akses transportasi umum seperti angkot dan bus antar kota tidak terlalu sulit kita temukan di sini.

Selain itu, terdapat jalur kereta yang menghubungkan langsung pantai ini dengan Kota Padang. Bahkan, posisi stasiunnya pun tepat berada di depan gerbangnya. Tidak heran jika PT. KAI pun kemudian menghadirkan rute perjalanan kereta wisata jurusan Padang-Pariaman yang beroperasi setiap harinya.

stasiun kereta api pariaman tepat berada di pantai gandoriah
Menurut catatan dinas pariwisata setempat, intensitas kunjungan wisatawan ke pantai ini relatif tinggi, khususnya pada akhir pekan dan pada event-event budaya seperti Festival Tabuik.

Setiap tahunnya, pantai ini memang menjadi lokasi penyelenggaraan acara puncak tradisi tabuik, yaitu saat pembuangan tabuik ke laut. Karenanya, jika saat momentum tersebut tiba, pantai ini berubah menjadi lautan manusia yang datang dari berbagai penjuru daerah bahkan ada yang sengaja datang dari luar provinsi Sumatra Barat.

foto dg latar belakang tabuik saat pesta budaya tabuik
Dari pengalaman penulis yang sering berkunjung di Pantai Gandoriah ini pemerintah kota harus membenahi kembali aset wisata ini. Pertama, Pemkot harus menata kembali pedagang yang berjejer disepanjang pantai yang menutupi indahnya pesisir pantai tersebu.

Yang kedua, banyaknya pengamen dipantai ini menjadikan liburan sebagian besar keluarga agak terganggu dengan aktivitas mereka. Yang ketiga, tidak sedikit pula para peminta-minta sumbangan untuk pribadi maupun mengatasnamakan yayasan untuk suatu daerah.

pohon pinus menghiasi pantai gandoriah
Yang ke empat, mungkin ada beberapa armada ilegal yang tidak terdaftar didinas pariwisata untuk mengangkut pengunjung menuju ke pulau kasiak ini khusus untuk keselamatan penumpang, mulai dari asuransi keselamatan, pelampung tidak memadai, nah hal-hal seperti ini harus ditertibkan sebelum terjadinya hal yang tidak di inginkan. Ini catatan saya mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua Aamiin.

Ayo ke pariaman ke Pantai Gandoriah membuat Anda bakal ketagihan. Makanya, setiap hari libur atau peringatan hari besar lainnya, kawasan objek wisata Pantai Pariaman ini nyaris selalu ramai dipadati pengunjung.

pelabuhan muara pariaman
Fasilitas Umum

Semua fasilitas yang dibutuhkan wisatawan sudah cukup lengkap disini seperti toilet, mesjid serta halaman parkir kendaraan dengan berbagai jenis ukuran.

Spot Foto

Hampir semua sudut di pantai gandoriah bisa sobat jadikan tempat menarik untuk berselfi ria. Tapi mungkin hanya 3 yang menjadi favorit bagi wisatawan untuk berfoto-foto Diantaranya:  anjungan pantai gandoriah yang paling favorit bagi wisatawan untuk berfoto. Tugu perjuangan angkatan laut juga tak kalah menarik untuk dijadikan tempat berfoto. Jembatan gandoriah muara pariaman yang dijadikan dermaga bagi kapal-kapal yang biasa beraktifitas di pantai gandoriah.

tugu angkatan laut
Wahana permainan

Terdapat banyak fasilitas bermain untuk anak-anak di pantai gandoriah seperti pelosotan yang gratis sengaja di peruntukkan untuk wisatawan. Banyak juga wahana permainan yang di sediakan oleh jasa penyewaan permainan seperti kereta api  ini, mobil-mobil listrik yang bisa di sewa oleh wisatawan. Harga sewa nya pun cukup murah berkisar 5 ribu hingga 15.000 saja.

Kuliner

Jika anda lapar atau hanya ngemil saja dengan makanan ringan dipantai gandoriah banyak sekali warung-warung makan yang menyediakan menu makanan mulai dari gulai kepala ikan, gulai udang, gulai jengkol,  tapi yang melegenda adalah nasi sek yaitu nasi seribu kenyang tapi sekarang harganya sekarang sudah bukan seribu lagi ya sobat explore.

nasi sek
Jika anda hanya ngemil saja dengan makanan ringan sobat boleh mencoba langkitang cucuik, pensi atau karupuak kuah, sala lauak, atau rakik maco dll semua kuliner ini adalah khas nya pariaman.

Tempat Nongrong Malam Bagi Remaja

Jika malam hari di akhir pekan gandoriah bridge yang mengalir di bawahnya muara pariaman menjadi tempat favorit bagi anak-anak muda untuk sekedar nongrong hanya untuk menikmati segelas kopi.

Penginapan

Jika anda ingin berlama-lama di pariaman ingin menikmati suasana malam disini butuh penginapan, ada banyak sekali penginapan di sini mulai dari hotel, homestay, tentunya dengan harga terjangkau mulai dari Rp175.000 hingga Rp500.000 per malam nya.

Baca juga: Talao pauh water front city Pariaman

                 Pantai Binasi Pariaman 

                 Wajah baru pantai sunua pariaman 

Harga Tiket Masuk Pantai Gandoriah

Di hari-hari biasa pengunjung biasanya tidak dikenakan biaya masuk. Jika weekend tiket masuk mulai diberlakukan tergantung jenis kendaraan. Sepeda motor dikenakan Rp5000 mobil pribadi Rp10.000 saja.


 

Informasi ini Semoga bermanfaat.




 

 

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Sejarah Nyi Eroh Ratu Galunggung Legenda Sang Permaisuri Gunung Api

Piamanexplore- Gunung Galunggung di Tasikmalaya dijuluki sebagai Ratunya Gunung di Jawa Barat.  Kawasan gunung Galunggung yang bercadas dan ...