-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Memanfaatkan Pusat Sumber Belajar Penting Bagi Dunia Pendidikan

foto ilustrasi
Guna meningkatkan kualitas, guru dituntut untuk mampu mengikuti perkembangan informatika dan teknologi (IT) oleh karena itu setiap guru atau tenaga pendidik harus memiliki kemampuan mengajar yang baik. Hari ini guru bukanlah satu satunya sebagai pusat dan sumber ilmu yang di dapat oleh murid, tetapi saat ini sangat banyak sumber ilmu yang didapat oleh murid.

Saat ini tidak banyak sekolah maupun institusi pendidikan yang mempunyai pusat sumber belajar seharusnya sekolah formal ataupun non formal memiliki pusat sumber belajar ini. Adapun tujuan pusat sumber belajar yaitu untuk meningkatkan kualitas belajar siswa dengan jalan membantu peran guru untuk mengkaji dan menerapkan hasil riset tentang pembelajaran untuk dipilih kemudian diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Memilih metode mengajar dan media pembelajaran terbaik dalam arti metode dan media yang paling efektif untuk pembelajaran.

Nah dengan pengertian di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa pusat sumber belajar itu penting bayangkan saja jika institusi pendidikan tidak memiliki pusat sumber belajar para siswa hanya mengandalkan Guru saja. Universitas Negeri Padang dulu punya pusat sumber belajar tapi sekarang sudah tidak tahu lagi keberadaannya entah karena biaya operasional nya yang tinggi atau peminatnya yang kurang.

Artinya pusat sumber belajar itu bukan hanya sekedar bangunan sekolah, perpustakaan, buku-buku dan segala macamnya melainkan lebih dari itu.

Menurut (Tucker, 1979) pusat sumber belajar itu adalah suatu departemen yang memberikan fasilitas pendidikan, latihan dan pengenalan melalui produksi bahan media (seperti slide, OHP, filmstrip, film 16 mm, video tape, dan lainnya) dan pemberian pelayanan penunjang (seperti, sirkulasi peralatan audiovisual, penyajian program-program video, pembuatan katalog dan pemanfaatan pelayanan sumber-sumber belajar pada perpustakaan.

Peran penting ini dapat dilihat dari beragamnya sumber belajar memungkinkan terwujudnya pembelajaran aktif yang dengan ini diharapkan terjadi peningkatan pula terhadap kualitas-kualitas pembelajaran. Meningkatnya kualitas pembelajaran diharapkan juga terwujudnya guru-guru yang berkualitas dan guru yang profesional.


semoga bermanfaat

Share This Article :
1745663973787222366

Sejarah Nyi Eroh Ratu Galunggung Legenda Sang Permaisuri Gunung Api

Piamanexplore- Gunung Galunggung di Tasikmalaya dijuluki sebagai Ratunya Gunung di Jawa Barat.  Kawasan gunung Galunggung yang bercadas dan ...