-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

9 Kecerdasan Anak Yang Perlu Di Ketahui Orang Tua

Seperti dikutip kompas.com Howard Gardner salah seorang profesor pendidik dan peneliti dari Harvard Univesity Amerika Serikat mengatakan ada sembilan aspek kecerdasan seorang anak. Istilah yang sering kita dengar adalah multiple intelligences. Apa sajakah kecerdasan yang terdiri dari sembilan kriteria kecerdasan majemuk tersebut?

Kecerdasan Musikal.  Kecerdasan ini ditunjukkan anak mudah sekali mengikuti dan mengingat lagu. Cara melatihnya adalah dengan mendengarkan musik dan bernyanyi. Mengajarkan anak menyanyikan lagu-lagu sederhana sesuai usia mereka. Melakukan pekerjaan dengan bernyanyi, misalnya saat bangun pagi.

Kecerdasan Intrapersonal. Berkaitan dengan kemampuan daya tahan, untuk tidak mudah down, gigih berusaha, tidak minder. Misalnya ketika mengikuti perlombaan, tampil depan umum. Cara melatihnya, ajarkan anak untuk terbiasa berada dalam sebuah kelompok dan berinteraksi dengan teman-teman sebayanya.

Kecerdasan Interpersonal. Adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan anak beradaptasi, bekerja sama, berelasi dengan lingkungan teman sebaya dan orang disekitarnya. Cara melatihnya adalah dengan memberi kesempatan sikecil sering ditemani untuk bergaul bersama teman-teman sebaya, bermain dan berkomunikasi pada anak-anak seusianya.

Kecerdasan Visual Spasial. Adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan memahami pandang ruang. Yakni anak mampu membedakan posisi dan letak serta membayangkan ruang , dikanan, kiri, atas, bawah, depan, belakang dan samping. Cara melatihnya adalah setiap melakukan kegiatan yang berhubungan dengan posisi atau ruang hendaknya orangtua selalu sambil menyebutkan, tolong dong adik letakkan bukunya diatas meja, atau tolong kakak ambilkan buku yang jatuh dibawah meja. Sebutkan likasi ruang ajarkan sikecil melipat, menggunting membalik, dan menggambar.

Kecerdasan Natural. Anak diperkenalkan dengan lingkungan hidup selain manusia, yaitu binatang, tumbuhan dan beraneka suasana alam, misalnya sesekali ajak anak memberi makan pada ikan atau kebun binatang, mengunjungi taman flora dan bermain di alam terbuka.

Kecerdasan Kinestetik Tubuh. Anak memiliki kemampuan untuk melakukan kegiatan yang melibatkan tubuh misalkan gerakan tubuh saat berdoa, menggambar, melompat, berlari dan olahraga yang menggerakkan tubuh, menari, senam, dan sebagainya. Cara melatihnya ajak anak untuk latihan mencoret dan menggambar garis, lingkaran, melakukan gerakan senam dan menari.

Kecerdasan Moral. Yaitu kepekaan anak meresap kepatuhan dalam berprilaku yang baik, misalnya tahu mengucapkan terimakasih, maaf, permisi dan membedakan perbuatan baik dan buruk, bisa menahan diri untuk tidak melakukan pelanggaran terhadap tata cara kesopanan. Caranya adalah melatih dalam kelompok bermain dan melakukan peraturan-peraturan dalam permainan . ajarkan anak patuh dan memahami aturan sederhana misalnya bermain petak umpet.

Kecerdasan Verbal Linguistik. Anak dapat berbicara dan menceritakan sesuatu kejadian yang dilihatnya dengan mudah, terangkai dengan baik dan kronologis kejadian tidak melompat-lompat. Cara melatihnya adalah sejak dalam kandungan dan setelah lahir anak sering diajak bercakap-cakap, berbicara dengan orangtua, teman sepermainan, menceritakan dongeng dan menyanyikan lagu anak-anak.

Kecerdasan Logika Matematika. Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan anak untuk memahami persoalan dan memecahkan teori sederhana yang berkaitan dengan angka. Cara melatihnya adalah mengajarkan anak mengelompokkan mainan yang dimiliki, menghitung buah-buahan dan membagikan makanan kecil dan menyebutkan jumlah yang diberikan, mengelompokan benda mainan seperti dadu berwarna, mainan berbentuk buah dan bunga.


Semoga bermanfaat. 

Share This Article :
1745663973787222366

Mengungkap Kehidupan Sehari-hari Nelayan di Pantai Pasir Baru Nagari Pilubang Padang Pariaman

Piamanexplore- Nelayan di pantai Pasir Baru tidak hanya berjuang melawan samudra dalam pencarian ikan, tetapi juga melawan waktu. Dalam ar...