-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Fabriek Bloc Tempat Nongkrong Asyik Baru Dari Bekas Pabrik di Padang

Bosan dengan tempat tongkrongan dan wisata yang itu-itu saja? Kini di padang memiliki ruang kreatif publik yang akan menjadi rumah bagi pelaku seni, budaya, hiburan, niaga, labinkubator talenta lokal, dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) kreatif di kota padang. Ruang kreatif publik tersebut di beri nama Fabriec bloc. Seperti apa?
Jika sering melintas di jalan Prof Hamka Km 9,5 tabing kota padang gedung pabrik seng PT polyguna nusantara atau tropical multi Co mungkin sangat familiar. Pabrik yang sudah tidak beroperasi sejak 5 tahun terakhir tersebut dulunya adalah pabriki seng terkenal di provinsi sumatera barat yang menghasilkan ratusan ribu seng per hari.

Namun sejak tidak beroperasi, pemilik pabrik berinisiatif untuk menghidupkan kembali area pebrik seluas 1,1 hektar tersebut dengan menciptakan ruang kreatif publik yang berkolaborasi dengan M bloc Group (PT radar ruang riang) yang merupakan perusahaan bergerak di bidang cipta ruang kreatif, retail, kuliner, hingga kreasi konten yang berdiri di jakarta selatan.
Resmi beroperasi sekita bulan mei 2022, kini fabriek bloc menjelma menjadi salah satu tempat santai di kota padang yang di kunjungi mulai dari anak-anak sampai orang tua. Selain tempat bersantai, fabriek bloc juga menjadi pusat kreatif yang memberi ruang bagi pelaku UMKM, pekerja seni dan lainnya untuk berkreativitas.
Saat mendatangi fabriek bloc pengunjung akan di suguhi ruang terbuka yang bernama fabriek square. Disini pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman yang disediakan. Suasana akan semakin ramai saat sore menjelang malam hari, saat tak lagi panas dan angin pun berhembus menyejukkan hati.
Live musik yang diadakan disini bisa menjadi penghibur bagi pengunjung yang sedang bercengkrama. Jangan takut bila cuaca hujan, fabriek bloc banyak tempat lain yang akan menghindari pengunjung dari derasnya hujan. Masuk ke area lebih dalam, pengunjung akan menemukan beberapa ruangan, seperti ada ruangan yang berisikan tenant makanan dan minuman dari UMKM lokal, ada pula tenant yang menjual karya seni.
Disini banyak tempat yang bisa diisi oleh UMKM lokal, ada pula tenant yang menjual beragam karya seni. Tujuannya untuk mengembangkan potensi lokal agar lebih terlihat dan berkembang. Syaratnya hanya dengan memberikan proposal secara detil, sehingga kami bisa kurasi yang mana saja yang berpotensi untuk berkembang.
Alasan ini cukup masuk akal, pasalnya M group memiliki sistem bagi hasil itu sebabnya semua tenant yang ada di kurasi dengan sangat ketat dan jelas. Pembayaran di fabriek bloc juga cash less. Yang mana metode ini awalnya adalah bagian untuk mempermudah tenant dan pihak fabriek bloc bagi hasil karena semua pemasukan tenant terintegrasi dengan baik.
Namun dengan berkembangnya zaman cashless malah menjadi pendukung trend generasi milenial dan generasi z yang kebanyakan tidak lagi melakukan pembayaran tunai. Lebih dalam lagi, pengunjung akan bertemu dengan ruangan yang di sebut live house, disini adalah tempat mempertunjukan berbagai kegiatan seperti konser, seminar, workshop dan screening film dan kegiatan lainnya.
Nanti akan ada peredam suara disana. Kalau ada konser semua peralatan juga sudah disediakan jadi artis ataupun band yang manggung tinggal bawa diri saja. Selain tetiga area tersebut nanti akan ada satu area lagi yang saat ini sedang masa renovasi yakni skate park.
Dibuatnya skate park bukannya tanpa alasan, tapi karena beberapa skateboarder terkenal adalah orang minang. Penggerak utama dari fabriek bloc ini memang komonitas daerah yang bertujuan menemukan talenta dan bakat-bakat seni budaya dan kreatif lainnya, termasuk pemain skateboard. Siapa tau nanti muncul lagi pemain skateboard baru dari sini.
Ada yang menarik dari tempat ini setiap sudut area bisda dijadikan spot berfoto. Bahkan M bloc market yang menjual beberapa cemilan saja dijadikanspot foto oleh pengunjung. Ini pula alasan mengapa tempat ini selalu ramai meskipun tempatnya belum selesai.
Anak muda milenial dan gen Z adalah generasi digital. Apapun bisa dibuat aesthetic oleh mereka. Bahkan bangunan kota yang belum selesai saja menjadi incaran mereka ujar wendi co founder m bloc group.

Dengan mempercantik bangunan lama, menjadi lebih aesthetic serta instagrammable, bangunan ini terlihat lebih modern, simple dan vintage.

Inilah yang menjadi daya tarik fabriek bloc sehingga anak muda yang datang tak sekedar berkumpul tapi bisa berkegiatan positif.

Tempat ini memiliki konsep adaptive-reuse. Bangunannya mengikuti bangunan dasar, makanya tampak lebih kekinian karena ada sentuhan vintage. Alternatif lain tempat berkumpul selain mal dan plaza.

#tongkrongan baru kota padang                  

Share This Article :
1745663973787222366

Tragedi Besar Kecelakaan Kereta di Minang 1944 Dan Kebaikan Rahmah El Yunusiyah

Piamanexplore -Tragedi kecelakaan kereta api di Lembah Anai pada 25 Desember 1944 ialah tragedi kecelakaan yang terparah di Indonesia pada z...