-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Sukses Rang Solok Baralek Gadang Kunjungan Capai 25 Ribu Orang Lebih


Gelaran event nasional rang solok baralek gadang yang termasuk dalam kharisma event nusantara berlangsung sukses. Kegiatan ini dilaksanakan sejak kamis lalu hingga minggu tgl 25 bulan 9 dihamparan sawah solok.

Berdasarkan data diskominfo kota solok event tersebut sukses menarik perhatian masyarakat dan telah dikunjungi total 25 ribu orang pengunjung dari provinsi sumbar dan luar provinsi sumbar. Bahkan turis mancanegara seperti polandia, australia, singapura dan malaysia juga berdatangan.

foto Marhen
Event ini secara resmi sudah di tutup oleh Gubernur Sumbar. Kegiatan penutupan di mulai dengan pawai budaya kota solok dengan menampilkan 13 tradisi Minangkabau dengan start dari kelurahan pasar pandan dan air mati dan finish di hamparan sawah solok dengan tradisi makan baronji.

Tampak hadir menteri pariwisata dan ekonomi kreatif RI Sandiaga uno di wakili oleh direktur pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif RI. Serta kepala daerah tetangga niniak mamak dan ribuan masyarakat lainnya.

foto Marhen
Rangkaian event dimulai sejak kamis 22,9 dengan sawah solok sebagai pusat kegiatan. Pembukaan acara Rang solok baralek gadang ini diawali dengan prosesi batulak bala, merupakan ritual adat turun temurun yang masih bertahan di kota solok. Tradisi ini biasanya di lakukan sebelum masuki musim tanam.

Ratusan petani dan masyarakat akan turun kesawah dengan lantunan zikir serta doa-doa. Tujuannya agar tanaman masyarakat selamat dari hama penyakit serta membuahkan hasil yang melimpah. Pembukaan itu di tandai dengan pelepasan umbua-umbua dan diakhiri dengan tari kolosal, “tari garik sawah solok”.

Kemudian jumat dan sabtu diisi dengan berbagai kegiatan yang melibatkan OPD lingkup kota solok, pelaku UMKM, dan masyarakt kota solok melalui berbagai kegiatan seperti senam bersama, bersepeda bersama, permainan anak nagari, bazar UMKM sebagai upaya mendukung promosi produk lokal, dan berbagai kegiatan lainnya.

Walikota solok mengucapkan syukur karena berkat doa dan dukungan berbagai pihak acara ini yang didukung oleh kemenparekraf RI dan pemrov sumbar dapat berjalan baik dan lancar.

Menurutnya kegiatan ini merupakan bukti jika bersama-sama dalam menjalankan suatu kegiatan, maka tidak ada yang berat tidak bisa dipikul dan yang ringan tidak bisa dijinjing.

Melalui pegelaran ini selain menarik pengunjung untuk datang dan lebih mengenal kota solok juga mendorong generasi penerus untuk lebih mencintai budaya daerahnya sendiri.

Sementara itu, gubernur sumbar mengatakan “kesuksesan event ini sangat luar biasa. Seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar serta putaran perekonomian di event ini sangat besar sekali para pedagang yang saya temui tampak tersenyum lebar karena dagangannya laris,” ujarnya.

Direktur pemasaran pariwisata kemenparekraf RI menyebut  dalam setiap kegiatan pariwisata nasional, ada 4 hal yakni, education, entertainment, empowerement dan engagement.

foto ErisonJKambari
#Explore Solok Baralek Gadang    

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...