-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Menapak Alam Menengok Teh Kualitas Terbaik Dunia Kawasan Gunung Kerinci Jambi

foto Arif Luthfi Kurniawan
Kerinci sejak dulu dikenal nama gunung dan danau kini daerah tersebut menjadi kabupaten paling barat di provinsi jambi. 

Kerinci berasal dari nama sebuah bunga yang berasal dari india selatan yang di bawa suku tamil untuk julukan negeri indah bertanah subur.

Gunung kerinci paku bumi andalas menjulang sebagai atap pulau sumatera alur titik tertinggi puncak indra pura terbentuk dari warisan letusan aktif sejak ratusan tahun hingga hari ini.

petik teh secara manual
Dengan ketinggian 3805 meter di atas permukaan laut gunung kerinci pemandu tujuh arah pandangan mata.

Hamparan hijau di kaki gunung kerinci layaknya permadani seluas 3.000 hektar merupakan kebun teh terluas di dunia.

Sakti alam kerinci sudah di kenal dunia sejak abad 2 masehi dalam perdagangan dengan bangsa India dan cina hingga kini nama kerinci tetap menjadi perhatian pasar dunia. Salah satunya sebagai pemasok daun teh hitam dengan kualitas terbaik.

Kebun teh kayu aro menjadi gerbang utama untuk menyusuri tanjung tanah bumi lumbung pangan di pulau sumatera.

memetik daun teh menggunakan mesin
Kesuburan tanah kayu aro menghasilkan pucuk daun teh hitam jenis ortodok yang yang menguasai pasar dunia.

Para pemetik daun teh memiliki jeda 14 hari untuk memilih pucuk dari setiap pohon untuk mempertahankan kualitas terbaik.

Sedangkan petik panen menggunakan mesin waktu tumbuh pucuk daun menanti hingga satu purnama.

Menyusuri kawasan lebih tinggi membentang perkebunan sayur budi daya warga. Alur batas pematang berbagai jenis sayur memenuhi lumbung pangan jambi dan sekitarnya.

Cabai salah satunya selama puluhan tahun petani mempertahankan jenis lokal kerinci karena tangguh dan tahan hama.

Sambal Kucai Khas kerinci

Cabai, bawang merah, bawang putih tomat menjadi bahan dasar sambal namun yang menjadi istimewa pelengkapnya adalah daun kucai. Daun kucai nyaris menyerupai daun bawang.

Penelitian ahli gizi daun kucai memiliki kandungan anti bakteri serta padat nutrisi pencegah kangker.Sambal ini termasuk jenis tumis goreng.

Tarian laga

Alunan syair bernada mantra bergema di tebing kerinci menarik perhatian untuk mengabadikan tarian laga. Kaki penari menapak kuat tangan menjunjung ikatan giring kain dengan iringan seruling dan gendang dan gong.

Lago tanduk simbol suka cita panen raya masyarakat agraris. Konon sejarahnya laga ini menguji kesaktian kekuatan bujang agung dalam mempersunting seorang putri.

foto denso almi
Jajaran Gunung Tujuh

Jararan gunung tujuh jalur besi  madura dengan ketinggian 2418 meter diatas permukaan laut setiap langkah harus menaklukan jalur terjal tanah swarnadwipa.

Hutan gunung tujuh merupakan habitat satwa khas sumatera diantaranya simpai, siamang, macan dahan, kelinci dan harimau sumatera serta kambing hutan. Kita wajib menjaga keberadaannya dari ancaman perburuan liar serta kerusakan hutan.

foto instagram cdhan007
Suara satwa liar menemani sepanjang pendakian seolah mengingatkan menjaga tempat hidupnya. Daun dan ranting pohon memayungi tanah akar kuatnya pengikat sumber mata air. Setiap pendaki memegang janji meninggalkan jejak  tanpa merusak.

Surga tersembunyi danau berpagar tujuh gunung membentengi sumber aliran batang hari jambi. Danau kaldera letusan gunung api purba seluas 960 hektar merupakan danau tertinggi di asia tenggara.

foto instagram cdhan007
Danau gunung tujuh tempat sunyi di muka bumi sakti menawan menjaga keabadian sumber kehidupan.

Kemanapun menapaki negeri ini terhampar kekayaan alam yang harus kita syukuri. Kerinci sekepal tanah surga kesuburan tanah nya menumbuhkan aroma dan rasa yang bergengsi dipasar dunia.

Dari hasil pertanian, perkebunan hingga puncak tertingginya menguatkan pusaka membangkitkan batang tarandam.

foto kerinci tourism
 #ayo kita bangga Indonesia.

 

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...