-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pantai Paling Barat Indonesia Surga Bahari Di Ujung Weh

tugu titik 0 km
Apa yang anda bayangkan tentang aceh? Provinsi Syariah, museum stunami yang diarsiteki walikota bandung Ridwan kamil, rencong, tari saman, mie atau kopi gayo? Anda perlu menambah satu referensi lagi nih. Di provinsi berjuluk serambi mekah ini ada surga bahari tepatnya pulau weh.

Orang-orang mengenal sabang sebagai ujung paling barat Indonesia memori itu dihidupkan oleh lagu dari sabang sampai merauke yang selalu dinyanyikan anak-anak di sekolah. Padahal titik paling barat Indonesia itu terletak di ujung pulau weh.

Di titik itu sudah dibangun tugu titik nol kilometer Indonesia. Kalau berkunjung ke pulau weh titik nol sayng dilewatkan. Dari kota sabang menempuh jalan beraspal yang berkelok dan mendaki selama 45 menit.

Jalan sudah bagus kesana, bahkan telah dilebarkan namun mesti berhati-hati karena banyak jurang yang langsung terjun kebatu karang menanti di pinggir jalan. Setelah ke titik nol kilometer dan mengantongi sertifikat nol kilometer Indonesia singgahlah ke Iboih. Disinilah salah satu surga bahari pulau weh terpendam.

Dalam peta wisata pulau weh, banyak objek wisata bahari yang bisa dikunjungi. Iboih yang paling favorit, kenapa? Karena kawasan wisata inilah yang paling dekat dengan titik nol kilometer Indonesia.

Bayangkan ketika anda duduk santai dipantai berpasir putih di Iboih anda sedang duduk di ujung pantai paling barat Indonesia. Hanya di Iboih anda bisa duduk manis di pantai berpasir karena di titik nol kilometer Indonesia hanya ada batu-batu besar di pinggir pantainya.

ujung karang
Ketika meninggalkan titik nol kilometer tak lebih 20 menit sopir membanting stir ke arah kiri, menuruni jalan yang agak terjal sepanjang jalan berhutan yang dilewati, anda berpikir akan dibawa ke suatu lokasi yang sangat terpencil. Salah besar! Sesampainya di gerbang Iboih.

Yang anda temukan adalah sebuah peradaban baru pantai yang cantik, pulau dan bungalau yang berdiri mewah di sepanjang pantai.

bawah laut pulau rubiah foto ilham rahman
Bule-bule membawa peralatan menyelam begitu bebas berlalu lalang. Ada pelancong tiongkok yang bisa dikenali dari bahasa mereka. Turis dari timur tengah tak kalah banyak. Lokal apalagi mereka yang datang dari banda aceh, medan hingga jakarta.

Wisatawan dari malaysia juga menjadikan Iboih sebagai pilihan dengan membawa anggota keluarga mereka.

Nikmati Teupin Layeu begitu warga setempat menamai pantai di Iboih, tak banyak pasir putih di sapu ombak karena pantai di Iboih banyak diisi terumbu karang. Berenang bebas dihamparan karang sangat berbahaya karena sangat tajam dan melukai tubuh.

foto sandra efriliani
Tapi kalupun ingin berenang sambil menikmati ombak anda bisa melakukannya dipasir putih selepas dermaga Iboih. Disana pantainya lebih landai tak banyak terumbu karangnya. Kalau hanya menikmati pantai berpasir sangat disayangkan jauh-jauh ke Iboih.

Orang-orang justru ingin menikmati surga dibawah laut snorkling, diving, begitulah cara menikmati surga Iboih.

taman bawah laut weh
Iskandar salah satu pria lokal yang menjadi pemandu wisata di Iboih jangan khawatir ia sangat profesional. Wisata bahari di Iboih sudah di kelola secara profesional bayangkan tak hanya warga lokal yang mengelola segala fasilitas wisata disana bule pun banyak yang terjun sebagai pengelola.

Iskandar memandu wisatawan untuk menikmati surga bawah laut. Sebuah kapal sudah di sediakan anda juga bisa menyewa perahu berbagai jenis dan ukuran yang bnayak di sediakan disana. Dari atas perahu, anda bisa melihat ikan-ikan berenang bebas diatas terumbu karang.

foto piknik yuk
Ada si nemo yang cantik tapi iskandar mendorong pelancong menikmatim surga bawah laut secara langsung. Jangan takut tak bisa berenang. Ada pelampung dan berbagai perlengkapan snorkling dan diving yang disediakan. Dan Iskandar siap memberikan pelatihan singkat sebelum terjun kelaut.

Ayo kepulau ajak Iskandar sambil menenteng kamera bawah laut yang telah di siapkannya, ia bersedia sebagai juru foto mengambil momen-momen terbaik anda bersama ikan-ikan disela-sela terumbu karang.

Dekat Iboih ada pulau rubiah pulaunya tak terlalu luas tapi segala kemewahan bahari tersedia disana. Pulau rubiah dikelilingi terumbu karang yang masih alami. Di terumbu karang itu berbagai jenis ikan bermain-main.

Di pulau rubiah menjadi tempat favorit snorkeling dan diving. Berenang dan bercandalah dengan ikan sepuas-puasnya di pulau itu. Setelah lelah anda bisa menikmati kesunyian di tengah bungalau yang terdapat di pulau rubiah.

Seorang pria bule sedang asyik berenang diantara ikan-ikan ternyata dia menemani anak perempuannya yang tak mau kalah ikut berenang di laut lebih dalam.

Sejumlah pelancong lainnya sedang sibuk mencari posisi menyelam terbaik. Mereka sudah siap-siap dengan perlengkapan diving. Anda bisa menyewa perlengkapan diving yang banyak tersedia di Iboih.

Kalau tak terlalu berani untuk menyelam, bisa memilih snorkeling. Untuk menyewa perlengkapan snorkeling cukup Rp 40 ribu saja.

Bercanda dengan ikan-ikan cantik tak terasa waktu berlalu dengan cepat letih, anda bisa meregangkan kaki di bungalau yang ada. Kalau perut sudah terasa keroncongan atau lapar saatnya menikmati makanan khas aceh.

Jangan cemas banyak rumah makan, kafe hingga warung kopi tersedia di Iboih. Ada makanan khas aceh, seperti sate gurita ikan bakar, kopi aceh, mi aceh dan juga makanan nusantara lainnya.

Makanan internasional tentu ada semua bisa anda dapatkan dengan harga terjangkau, anda tak perlu mebayar lebih mahal tak perlu juga takut kehabisan uang karena ATM tersedia di Iboih.

Puas menikmati surga bahari di Iboih jangan lupa membawa pulang cenderamata toko cendera mata banyak di Iboih ada baju bermotfikan aceh. Kerajinan tangan dan lainnya. Tapi anda tak bisa membawa cendera mata berupa terumbu karang. Habitat ikan itu dijaga dengan ketat kelestariannya.

Banyak cara untuk sampai ke Iboih surga bahari di ujung barat Indonesia dari kota medan ada penerbangan langsung kesabang. Dari bandara kualanamu ada pesawat jenis ATR yang melayani penerbangan langsung ke sabang. Maskapai garuda Indonesia melayani penerbangan dua kali sepekan.

Yaitu setiap jumat dan minggu dengan waktu 50 menit dari kualanamu anda pun akan mendarat di bandara maimun saleh sabang, dari maimun saleh dengan waktu 20 menit berkendaraan, sampailah di Iboih. Penerbangan langsung dari bandara sultan Iskandar muda, aceh besar jug ada tapi menggunakan pesawat lebih kecil dari cassa.

Dari banda aceh ada alternatif transportasi lainnya. Bisa menggunakan ferry, atau kapal cepat dengan kapal cepat hanya 45 menit dari pelabuhan ulee Lheue sudah sampai di pelabuhan sabang. 

Dari pelabuhan sabang bisa naik kendaraan dibutuhkan waktu 45 menit lagi untuk sampai ke Iboih.

#Aceh surga bahari paling barat Indonesia  

      

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...