-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Puncak Bukit Cang Lado Potensi Wisata Baru Dusun Eksotis Lakuak Bamban Sungai Limau

terlihat laut, pulau dan hamparan sawah yang menyejukkan mata.
Hai Sobat explore..Tulisan ini berawal dari video live teman di media sosial, puncak bukit cang lado tampak terlihat menarik bagi saya. Terniatlah segera ingin menjejak kaki di puncak bukit cang lado ini.

Dari rumah saya pergi sendiri sesampai di rumah warga yang kebetulan teman saya ketika SMA dulu, Nurianti namanya. Kami pergi ber enam, Nurianti, suaminya nurianti, Tisya, mamanda Nurianti dan Hanim mahasiswi universitas negeri di kota padang.

menyantap nasi sebelum explore
Teman saya ini membawa bekal nasi bungkus untuk disantap di puncak bukit. Saya membawa kopi dan roti tapi sayang kopi tak bisa dinikmati karena tabung gas portabel tidak terbawa untuk memasak air panas.

Di puncak bukit cang lado tanahnya cukup luas ketika sobat sudah lelah mengekplorasi tiap sudut nya terdapat puluhan pohon kelapa yang bisa anda petik dan nikmati kelapa mudanya, dengan  syarat harus seizin empunya kelapa, hehehe.

menikmati kelapa muda di bukit cang lado
Lokasi Bukit Cang Lado

Potensi wisata baru puncak bukit cang lado ini berada di simpang dama dusun lakuak bamban korong lohong kenagarian kuranji hilir kecamatan sungai limau kabupaten padang pariaman sumatera barat. Berada di ketinggian sekitar 100 meter (tebak saja) diatas permukaan laut.

Sebenarnya admint kenal dekat dengan dusun lakuak bamban ini, puluhan tahun melintasi daerah ini tapi baru tahu ada bukit yang menawarkan keindahan di puncaknya.

Hanim sedang memetik buah kelapa muda
Kenapa namanya bukit cang lado? Cang lado diambil dari nama ambacang lado (sejenis mangga khas padang pariaman). Dulu memang di puncak bukit ini terdapat pohon ambacang, banyak anak-anak mengambil buahnya ketika masak.

Mata Pencaharian  Penduduk

Dusun lakuak bamban ini di kelilingi oleh barisan perbukitan yang saling menyatu bagaikan benteng alam yang melindungi segenap makhluk Nya.

Dusun lakuak bamban terlihat tenang, penduduknya bisa di hitung jari karena memang warganya banyak yang pergi merantau untuk berdagang. 

rangkaian perbukitan yang melindungi dusun lakuak bamban
Mata pencaharian masyarakat disini umumnya bertani, berladang dan beternak hewan seperti sapi.

Saat ini banyak penduduk memanfaatkan lahan yang ada, bukit-bukit yang membentang ditanami jagung ketika masak untuk di jual lagi jadikan pakan ayam ayam. Biasanya hasil panen jagung di dusun ini juga di ekspor ke luar daerah seperti Riau.

ladang jagung nurianti yang sedang berbuah
Puncak bukit cang lado menawarkan keindahan alam berupa hutan, hamparan sawah yang menghijau, laut dan pulau. Pulau kasiak pariaman tampak jelas dari puncak bukit serta kapal nelayan dan juga tambak udang.

Akses Menuju Bukit Cang Lado

Hanim dan Tisya
Jika sobat dari kota pariaman jaraknya berkisar 15 km, setelah melewati simpang 4 sungai sirah sobat belok ke kiri menuju simpang dama. Bukit cang lado bisa di akses menggunakan mobil pribadi.

Sebaiknya sobat pergi menggunakan kendaraan roda dua saja. Kendaraan sobat bisa di parkir langsung di halaman rumah warga.

simpang dama
Jalanan dusun lakuak bamban sebagiannya bagus karena sudah diaspal, sebagian lagi rabat beton tapi sudah agak rusak, jalanan nya bergelombang karena memang berada diantara perbukitan.

Fasilitas

Tidak ada fasilitas terdapat disini karena memang puncak bukit ini bukan tempat wisata, masih alami selain petani jagung tidak banyak warga yang berkunjung kesini.

Biaya Masuk Dan Parkir

Sobat explore yang berkunjung tidak usah mengeluarkan uang karena tidak akan di pungut biaya apapun baik biaya masuk ataupun parkir kendaraan.

Tips ke Bukit Cang lado

Landscape di puncak bukit ini cocok bagi sobat yang suka wisata petualang. Disarankan bagi sobat explore memakai sendal atau sepatu yang tidak licin.

Memakai celana panjang untuk menghindari rumput ilalang yang akan menggores kulit anda.

Membawa bekal seperti nasi, snack, kopi dan minuman karena di sini sulit di temukan warung, membawa bekal sesuai kebutuhan anda dan jangan lupa kamera untuk berswafoto.

#Piamanexplore Lakuak Bamban

 

 

 

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Rekomendasi 3 Pantai Alami Baik Untuk Keluarga Berlibur Di Padang Pariaman

Piamanexplore- Pagi hari saat cuaca cerah dan hangat kebanyakan dari kita kerap merasa bosan dengan rutinitas sehari-hari dan ingin berlibur...