-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Berburu Foto Hamparan Sawah Dan Sunset Di Panorama Kelok Lengkok

Kabupaten agam kaya akan tempat-tempat wisatanya, mulai dari perbukitan tanaman edemin, hingga hamparan sawah yang elok di pandang. 

Dari puluhan tempat wisata yang dimiliki oleh kabupaten agam salah satunya adalah panorama kelok lengkok.

Kelok lengkok berada di perbatasan dua jorong, yakni jorong kunyik dan jorong halalang, di nagari kamang mudiak, kecamatan kamang magek, kabupaten agam.

Kelok lengkok sendiri artinya kelok, tikungan atau perbelokan, sedangkan lengkok artinya sendiri artinya adalah nama bukit kecil yang ada di kawasan tikungan tersebut.

Di panorama kelok lengkok, pengunjung akan menikmati suasana yang begitu damai dimana sobat akan melihat serta menikmati hamparan sawah bak permadani yang membentang di depan mata pengunjung.

Selain itu hembusan angin dan serta bunyi gesekan ranting-ranting pohon dari bukit lengkok menciptakan bunyi yang syahdu di telinga sobat panorama kelok lengkok.

palanta lengkok foto Erisonjkambari
Tidak hanya itu sobat akan melihat kearifan lokal warga setempat dengan bercocok tanam serta panen padi. 

Kemudian sekali-kali pengunjung juga melihat warga setempat sedang mengembala hewan ternaknya yang membuat panorama semakin asri.

Lalu, panorama kelok lengkok, mata pengunjung juga dimanjakan dengan dua buah gunung yang gagah perkasa dari kejauhan, yakni gunung marapi dan gunung singgalang yang seolah-olah saling menyapa pengunjung.

foto Erisonjkambari
Selain dua gunung tersebut juga ada terlihat indahnya bukit barisan yang berjejer dari sebelah kiri panorama kelok lengkok.

Jika sobat haus dan lapar  di panorama kelok lengkok ada warung-warung diantaranya adalah palanta kelok lengkok yang berada persis di bukit lengkok.

Dari warung ini sobat explore juga bisa menikmati panorama kelok lengkok dari ketinggian sembari menikmati aneka makanan dan minuman yang di sediakan oleh pengelola warung.

teh talua tapai
Pemilik warung palanta kelok lengkok Dafit menyebut “pengunjung biasanya paling banyak datang diakhir pekan.

Kalau ingin menikmati panorama kelok lengkok sebaiknya datanglah di hari biasa, jangan di akhir pekan dikarenakan pengunjung lumayan ramai untuk warga agam dan bukittinggi.

Sedangkan waktu yang tepat untuk menikmati panorama kelok lengkok adalah sore hari, datanglah dari pukul 4 sore adalah waktu yang tepat menikmati panorama kelok lengkok sembari menikmati matahari terbenam.

Dafit menyebutkan palanta ia kelola juga menyajikan minuman spesifik dimulai dari teh talua tapai hingga teh talua sarai, harga diwarung ini terjangkau tidak semahal minuman dan makanan yang dijual di kafe-kafe.

Sedangkan untuk segelas teh talua sarai yang berkhasiat untuk kesehatan saja harganya Cuma Rp 10.000 pergelasnya ujar pengelola yang buka dari pukul 8 pagi.

Ia menambahkan di warung yang ia buka beberapa tahun ini juga menyediakan tempat-tempat duduk mulai dari lesehan hingga kursi yang ia buat sendiri dari kayu.

palanta lengkok malam hari
Untuk sobat explore yang hendak berkunjung ke panorama kelok lengkok dari kota bukittinggi di perkirakan menempuh jarak 30 menit.

Di mulai dari jalan bypass bukittinggi, kemudian ada petunjuk jalan lurus dengan pemandangan bukit barisan.

Sekitar 25 menit perjalanan sobat akan menemukan pertigaan, warga setempat menyebut simpang padang laweh, sekitar 1,8 km akan sampai di panorama kelok lengkok.

#Kelok lengkok explore

       

  

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...