-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Kampung Durian Dan Ikon Pariwisata Solok Selatan Sumbar

piamanexplore.com-Wakil gubernur Sumbar Audy Joinaldi akan menjadikan kabupaten solok selatan sebagai kampung durian di Sumatera Barat. Pernyataan itu di sampaikannya saat penutupan festival durian II di pulau Mutiara, nagari Lubuk Gadang utara kecamatan sangie.

Pemrov mendorong inovasi pengembangan produk unggulan setiap daerah di sumatera barat, seperti rang solok baralek gadang, pasaman equator dan lainnya.

Nah di solok selatan sendiri ada iven festival durian yang menjadi salah satu ikon agrowisata daerah dan sebagai daerah penghasil durian terbesar di Sumbar. Bahkan iven ini tidak hanya satu-satunya di Sumbar akan tetapi di pulau Sumatera.

Pada pelaksanaan vestival durian solok selatan perdana pada agustus tahun 2021 kontes durian dimenangkan durian rajo siluluih nagari padang air dinginkecamatan sangirjujuan.

Di iven festival durian solok selatan II pada 29 september 2022 pemenangnya durian pasambahan nagari lubuk gadang, kecamatan sangir.

Wagub saat itu memerintahkan dinas terkait untuk mendaftarkan ke KEN sehingga bisa masuk kalender nasional sebagai inovasi daerah solok selatan.

Sebeb menurut Wagub gema festival durian solok selatan belum terlalu besar dan dengan di wujudkan solsel sebagai kampung durian di Sumbar serta pengurusan hak paten sebagai brand produk pertanian daerah maka nama solsel, harga durian solsel akan terangkat, dia mencontohkan musangking.

Produk unggulan pertanian daerah solok selatan salah satunya yakni durian jenis yang terlezat, ternikmat kaya rasa durian rajo siluluih.

Branding siluluih khas solsel harus menyamai ketenaran durian si montong yang sudah ada brand nya, makanya harganya mahal.

Ia mengatakan naik branding butuh waktu butuh tenaga dan butuh uang. Pemrov sumbar sebutnya siap mendukung pengembangan sumber pertanian solok selatan berupa durian.

Kalau sudah ada brandnya stabilitas harga akan lebih mahal jadi orang ke solsel banyak pilihan, selain ke lokasi wisata, UMKM akan terangkat bebernya.

foto Eva suharto
Tak salah jika pemerintah provinsi menetapkannya sebagai salah satu dari 50 desa wisata di Sumbar di dukung pemerintah provinsi dengan telah di keluarkan SK Gubernur tentang penunjukan desa wisata dalam rangka pembinaan desa agrowisata.

Betapa tidak, rasa durian solsel memiliki khas tersendiri yang tidak kalah dengan durian lainnya di Indonesia, seperti durian rajo siluluih di solsel sebagai pemenang festival tahun lalu.    

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...