-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Nikmati Malam Dari Puncak Pintu Angin Perkemahan Tanah Sirah Sungai Landia

piamanexplore.com-Kabupaten agam kembali menyajikan wisata alam kombinasi pegunungan dengan lembah dan hamparan bukit barisan. Di ketinggian 1.200 mdpl, lahir bumi perkemahan tanah sirah di puncak pintu angin, nagari sungai landia, kecamatan IV koto.

Baru-baru ini kabupaten agam kembali menambah khazanah wisata alamnya. Bumi perkemahan atau camping ground tanah sirah muncul dan dapat menjadi salah satu destinasi pilihan untuk menikmati malam di tengah alam.

Campingh ground tanah sirah berada di jorong kampung baruah, nagari sungai landia kecamatan IV koto. Dari ketinggian 1.200 mdpl dari puncak bukit pintu angin tersuguh pemandangan alam asri yang mampu bikin pengunjung terkesima.

foto ErisonJKambari
Camping ground itu tak sulit di jangkau. Jika beranjak dari kota padang pengunjung mesti menempuh jarak 99 km lewat jalan lintas barat sumatera padang-bukittinggi terus ke jalur sicincin malalak-balingka. Bila mengambil rute dari kota wisata bukittinggi, sobat butuh 20 km perjalanan melintasi jalan lintas padang lua-maninjau.

Jika sobat sudah menapak di nagari sungailandia, hanya butuh 200 meter melewati jalan usaha tanu menuju lokasi bumi perkemahan tersebut. Tak perlu penat mendaki, karena lokasi itu bisa di jangkau dengan kendaraan bermotor.

Untuk setiap wisatawan hyang ingin berkemah, pengelola camping ground yang merupakan pemuda setempat akan dengan senang hati memetakan dan mengantarkan hingga ke lokasi. Tidak akan ada harga yang di patok untuk jasa para guide itu.

Bagi mereka yang sudah merasa penat dengan hiruk pikuk perkotaan, maka berkemah bisa menjadi satu pilihan untuk bersantai di akhir pekan. Bumi perkemahan tanah sirah ini siap jadi pelipur lara,” kata Syukra Maulana pengelola sekaligus salah seorang promotor lahirnya camping ground tanah sirah itu.

Camping ground tanah sirah menyuguhkan keasrian hutan pinus, keindahan panorama alam dengan hamparan bukit barisan, lembah-lembah perbukitan, sawah, ladang dan perkampungan. Wisatawan akan merasakan suasana sejuk pegunungan.

Di puncak pintu angin, akan tampak gunung marapi jo singgalang, gunung pasaman dan talamau yang kokoh menjulang. Tidak hanya itu, sobat juga dapat menikmati indahnya sang mentari tenggelam saat petang dan kembali menyapa di pagi hari.

Jika sobat beruntung di waktu-waktu tertentu sobat akan mendapati kabut tebal bergelantungan yang membuat kita serasa berada di negeri diatas awan. Kekinian, kita juga telah membangun beberapa pondok dan spot untuk menikmati landscape keren sambil bersantai.

Camping ground tanah sirah memiliki beberapa jenjang lokasi untuk spot perkemahan. Lokasi ini mulai eksis sejak awal 2022 dengan luas lahan perkemahan mencapai 1,5 hektar. Sangat cocok untuk liburan keluarga maupun tempat edukasi tentang alam.

Sejarah camping ground sungailandia    

Camping ground tersebut lahir dari kegigihan dirinya bersama sejumlah pemuda setempat unutk menggali potensi kampung halaman agar bisa dijadikan suatu hal menarik dan memiliki prospek positif bagi masyarakat.

Setelah bertahun melewati serangkaian perencanaan dan menggalang dukungan, lantas dibukalah area puncak bukit pintu angin jadi bumi perkemahan. Lahannya masih milik masyarakat setempat yang sudah lama tak termanfaatkan.

Lokasi camping ground ini di buka secara swadaya dan mandiri. Sekali seminggu kami bergotong royong, termasuk pemilik lahan. Membangun pondok bersantai, spot foto hingga ruang kemah.

Alhamdulillah keberadaannya saat ini mendapat respon positif bagi masyarakat, perantau hingga pemerintah nagari. Memang dukungan semua pihak kami harapkan dalam pengembangan objek wisata ini ucap Syukra.

Saat ini tambahnya, camping ground tersebut masih dikelola oleh dirinya bersama sejumlah pemuda yang ikut bergerak menciptakannya. Kelompok pengelola ini tengah berjuang melegalisasi tanggung jawab pengelolaan dalam sebuah wadah kelompok sadar wisata.

Disisi lain pengelola masih akan terus mengembangkan bumi perkemahan tersebut dengan menambah fasilitas lain, seperti mushala dan MCK. Dengan begitu diharapkan pengunjung akan lebih merasa nyaman saat mereka berkemah.

Kalau sobat tertarik untuk menyegarkan pikiran denganb erkemah di alam, bisa mencoba mengunjungi camping ground tanah sirah.

padangekspres14,10,22

 

Share This Article :
1745663973787222366

Rekomendasi 3 Pantai Alami Baik Untuk Keluarga Berlibur Di Padang Pariaman

Piamanexplore- Pagi hari saat cuaca cerah dan hangat kebanyakan dari kita kerap merasa bosan dengan rutinitas sehari-hari dan ingin berlibur...