-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Hiking Menikmati Pesona Indah Air Terjun Lubuak Tampuruang Di Kota Padang

piamanexplore.com-Selain air terjun malibo anai, ternyata sumbar masih memiliki banyak air terjun lainnya yang cukup memikat hati sobat explore. Salah satunya yakni air terjun lubuak tampuruang yang terletak di kampung guo, gunung sarik, kecamatan kuranji, kota Padang Sumbar.

Jika sobat ingin menikmati keindahan alam pemandian lubuak tampuruang, dari Bandara Internasional Minangkabau hanya berjarak sekitar 25 km. 

Sekitar 1 jam perjalanan untuk sampai di tempat wisata pemandian ini. Untuk mencapai lokasi wisata ini, sobat bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Setelah mencapai lokasi wisata, sobat bisa memarkirkan kendaraan di di gerbang masuk objek wisata. Sobat hanya membayar biaya parkir sebesar 2 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua.

Sementara untuk parkir kendaraan roda empat hanya di kenakan biaya parkir 5 ribu rupiah. Lalu tiket masuk menuju pemandian juga tergolong cukup murah, dimana sobat hanya cukup membayar 5 ribu rupiah saja untuk 1 orang.

Rufdianto sebagai pemilik lahan di kawasan air terjun lubuak tampuruang mengatakan , saat hendak menuju kawasan air terjun sobat akan di suguhkan dengan pemandangan lahan perkebunan masyarakat terlebih dahulu di sekitar kawasan gerbang.

foto yosri yosri
Bagi sobat yang ingin mencoba menyusuri sekitar kawasan air terjun lubuak tampuruang sobat bisa berjalan kaki dengan menyusuri jalan setapak dan mencoba melatih otot-otot persendian dengan mendaki dan menuruni lahan perkebunan masyarakat untuk sampai pada lokasi air terjun.

Jika memang sobat tidak kuat untuk jalan kaki, sobat juga bisa langsung menggunakan sepeda motor menuju kawasan taman.

Objek wisata ini menawarkan berbagai macam keindahan dan ikon-ikon menarik yang membuat mata sobat terpesona. Jika sobat berjalan kaki menuju kawasan pemandian, pertama sobat akan melewati anak sungai, dan menemukan air terjun pertama yang dinamakan air terjun kudo.

air terjun kudo
Air terjun kudo memang tidak setinggi air terjun lubuak tampuruang, namun untuk sobat yang membawa keluarga sangat cocok untuk menikmati pemandian di air terjun kudo karena arusnya tidak terlalu deras.

Berjarak sekitar 50 meter dari air terjun kudo sobat akan dimanjakan dengan suara alam yang sejuk bunyi gemercik air yang dapat menina bobokan telinga. Kemudian sobat akan menemukan pondok-pondok yang disediakan untuk jika lelah dan ingin beristirahat.

Dari pondok tersebut sobat dapat menyaksikan pemandangan air terjun lubuak tampuruang yang berjarak sekitar 20 m dari pondok. Wisata ini juga memiliki fasilitas toilet dan tempat untuk beribadah bagi pengunjung.

Jika hendak mandi sobat juga di wajibkan untuk tetap berhati-hati saat ingin mandi di bawah air terjun. Air terjun lubuak tampuruang memiliki ketinggian sekitar 10-15 meter. Jika sudah disini, pemandangan air terjun dan suasana alam yang indah dapat menghilangkan stres dan lelah dalam perjalanan.

Jika sobat yang mengendarai sepeda motor menuju air terjun akan sampai terlebih dahulu pada taman lubuak tampuruang. Taman ini sangat indah, sobat bisa melihat pemandangan kota padang dari atas taman lubuak tampuruang.

Di taman ini sobat yang ingin mengabadikan momennya bisa berfoto dengan latar pemandangan kota padang diatas taman lubuak tampuruang. Disisi lain, sobat juga bisa berfoto dengan latar tulisan lubuak tampuruang di atas bukit.

terlihat kota padang dari atas bukit
Dari atas bukit taman lubuak tampuruang, sobat bisa melihat secara langsung air terjun, jika ingin mandi, sobat bisa menuruni jalan setapak untuk mencapai air terjun. 

Jika ingin berkunjung di pemandian air terjun lubuak tampuruang, sobat bisa datang kapan saja sebelum pukul 18.00 karena objek wisata akan tutup.

Sobat yang hendak berkunjung juga harus tetap memperhatikan cuaca. Kerena, pada saat curah hujan tinggi kawasan wisata akan tutup untuk menghindari kecelakaan yang dapat membahayakan pengunjung.

Objek wisata ini di kelola oleh masyarakat setempat, apabila sobat merasa lapar saat berada di kawasan wisata, masyarakat setempat juga menyediakan berbagai makanan dan gorengan yang bisa sobat nikmati.

Disini kita juga menawarkan jajanan bervariasai yang dapat mengisi perut sobat saat kelaparan, tutur pengelola wisata lubuak tampuruang.

warung pedagang di lubuak tampuruang foto mongabay
Menghadapi kunjungan wisatawan tahun 2023 mendatang, tokoh masyarakat bersama pemuda setempat sedang musyawarah untuk melakukan pembenahan dan pembersihan kawasan wisata dan lahan perkebunan masyarakat guna untuk kenyamanan pengunjung.

Selain itu mereka hendak melakukan renovasi dan penambahan fasilitas di kawasan wisata. Namun sekarang masih kekurangan biaya dan sedang mengusahakan biaya tambahan dari berbagai instansi.

  

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...