-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Mengunjungi Wisata Gunung Padang Ada Sejarah, Legenda Dan Panorama Indah

foto kidalnarsis.com
piamanexplore-Gunung padang merupakan salah satu objek wisata sejarah dan legenda di kota padang, disana sobat bakal di suguhi oleh pemandangan kota padang dari ketinggian sembari belajar sejarah peninggalan zaman penjajahan. Seperti apa keseruannya?

Untuk mencari lokasi objek wisata gunung padang sobat tidak perlu bersusah payah bertanya. Cukup berjalan di sepanjang pantai padang, maka akan melihat sebuah bukit yang berdiri gagah yang diatas puncaknya terdapat tagline raksasa yang bertuliskan gunung padang.

bukit padang dari pantai padang foto @dharmawiguna
Gunung padang salah satu objek wisata andalan kota padang tersebut berada di kelurahan padang arau, kecamatan padang selatan, kota padang.

Gunung padang sendiri juga kerap disebut bukit Siti Nurbaya tokoh fiksi dalam roman siti nurbaya kasih tak sampai karya marah rusli. Konon makamnya berada di area gunung padang tersebut.

makam Siti Nurbaya
Ticket Masuk

Ketika sobat sampai di area gunung padang tersebut sobat terlebih dahulu membayar uang atau tiket masuk. Untuk pengunjung dewasa tarif masuk ke gunung padang, yaitu sebesar Rp 10 ribu dan anak-anak Rp 5 ribu.   

Biasanya gunung padang ramai dikunjungi pada pagi dan sore hari, lantaran banyak pengunjung yang memanfaatkan trek pendakian gunung padang untuk berolahraga.

gerbang masuk pembelian ticket
Jika pengunjung baru pertama kali datang ke gunung padang maka tak perlu khawatir, karena ada pemandu yang akan memberikan seluruh informasi yang ingin di ketahui oleh pengunjung tentang objek wisata gunung padang.

Setelah memasuki kawasan gunung padang, sobat bisa berjalan menyusuri jalan setapak yang menanjak untuk menuju puncak gunung padang yang memiliki ketinggian 80 meter diatas permukaan laut.

jalan yang sudah di revitalisasi
Untuk mencapai puncaknya kira-kira membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit berjalan kaki.

Sebelum sobat mencapai puncak gunung padang, dipertengahan perjalanan, terdapat sebuah benteng atau bunker pertahanan peninggalan zaman penjajahan. Gunung padang juga merupakan saksi bisu masa kependudukan Belanda.

bunker pertahanan
Bunker tersebut memiliki ruangan yang cukup luas, didalamnya sobat akan melihat meriam besi yang besar, dengan tipe bentuk poligon yang dibangun sekutar tahun 1942-1945.

Disepanjang perjalanan, sobat akan sering bertemu hewan jenis kera. Sobat bisa memberi makan kera tersebut. Namun yang harus diperhatikan adalah jangan pernah mengganggu rombongan tersebut.

foto Indonesiakaya.com
Jika hampir menuju puncak gunung padang tak salahnya jika singgah dan melihat makam Siti Nurbaya yang berada disisi jalan setapak. Lokasinya memang berada di lorong goa namun jalannya menuju makam tersebut tidak terlalu ekstrem.

Semua penat dan letih untuk mencapai puncak akan terbayar lunas ketika berada di puncak gunung padang. Bagaimana tidak, disana sobat bisa melihat pemandangan kota padang dari berbagai sisi. Di puncak gunung padang juga terdapat taman Siti Nurbaya.

kota padang terlihat di bukit siti nurbaya
Warung Makan Dan Minuman

Sobat tak perlu kawatir kelaparan atau kehausan ketika sampai di puncak, karena disana terdapat warung atau kedai yang menjual beraneka makanan dan minuman dengan harga standar.

Salah seorang pengunjung asal negara Afrika selatan abdul karim mengatakan ia bersama rekannya ia bersama rekannya penasaran dengan objek gunung padang sehingga memutuskan untuk berangkat ke padang dan menyaksikan sendiri pemandangan yang ada di puncaknya.

foto Indonesiakaya.com
Kesan pertama yang ia dapatkan ialah bangunan peninggalan zaman Belanda yang masih kokoh berdiri. Saat melalukan perjalanan, ia pertama merasa sedikit kelelahan, namun setelah sampai di puncak gunung padang, rasa lelah itu terbayarkan dengan pesona indahnya gunung padang.

Kepala dinas pariwisata  kota padang mengatakan pihaknya sudah membentuk tim sebanyak 70 orang melakukan pembersihan disepanjang tepi laut hingga gunung padang.

foto werry darta taifur
Untuk sobat sendiri pihak dinas pariwisata sudah melakukan himbauan agar membuang sampah pada tempat yang telah disediakan oleh Dispar.#explorepadang

  

 

     

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...