-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Rajo Silului Pemenang Festival Durian Unggul Hanya Ada 1 Batang Di Solok Selatan

piamanexplore.com-Nagari padang air dingin kecamatan sangir jujuan, solok selatan punya durian unggul. Yakni varietas rajo silului milik Buranudin, 67 yang menjadi pemenang festival durian solok selatan.

Kebun durian rajo silului tersebut terletak di jorong padang air dingin. Dari puluhan batang pohon durian milik Burhanudin, raja khas hanya satu-satunya di solok selatan dan Cuma ada satu batang pohon. Usia pohon durian tersebut di perkirakan pemilik kebun lebih dari 80 tahun dan tinggi pohonnya sekitar 30 meter.

Durian silului merupakan salah satu peninggalan dari keluarganya sampai sekarang masih dejaga dengan baik sehingga terus berbuah. Rata-rata musim durian sekali setahun. Dengan belum ada brandnya sehingga harga durian varietas unggul ini masih di bawah harapan.

Ukuran durian menengah dan besar satu buah hanya di hargai kisaran 3 ribu hingga 5 ribu rupiah saja di puncak musim durian september 2022 lalu. Sekarang di oktober harganya sudah naik Rp10 ribu rupiah hingga Rp20 ribu per buah.

Murahnya harga durian karena di seluruh nagari dan kecamatan di solok selatan sedang musim durian. Kondisi inilah yang menyebabkan harga durian jatuh. Namun masih bisa dimanfaatkan untuk penunjang ekonomi keluarga.

Khairul pemilik kebun durian di kecamatan sangir mengatakan, “biasanya satu buah durian yang dipanen di kebun hanya di hargai Rp3 ribu sekarang sudah Rp10 ribu.

Eva suharto
Hasil panen durian warga setempat ada yang di beli tauke ke kebun untuk di jual ke padangaro, pusat kabupaten solok selatan dan ada yang di jual ke padang, dan daerah lainnya di sumbar termasuk ke provinsi Jambi.

Biasanya sangat murah sekarang harganya sdah mulai membaik buah durian sudah mulai sedikit dan sebentar lagi bakal tambah mahal,” jelasnya.

Andre A pedagang durian di timbulun pusat kabupaten solok selatan mengatakan, disaat puncak musim durian september 2022 harga durian melemah. Satu buah harga Rp10 ribu atau Rp 15 ribu dan itupun dengan ukuran besar.

Kalau dia membeli dari pedagang yang langsung membeli ke kebun-kebun warga, lebih murah dari harga eceran dagangan duriannya di pinggir jalan nasional tersebut.

Sekarang di oktober harga durian kembali naik ukuran paling besar di jualnya Rp 50 ribu paling murah Rp 10 ribu satu buah, itupun ukuran kecil. Perharinya terjual kisaran 100-120 buah. Keuntungan yang di terimanya lumayan kalau modalnya 500 ribuan, keuntungan yang di dapatnya Rp 300 ribu dari hasil penjualan durian dari pagi hingga malam hari.

Ia memilih berdagang di pinggir jalan nasional di timbulun, karena kendaraan yang lewat ramai. Mulai roda dua dan empat sebeb bukan saja dilintasi masyarakat yang dtang dari berbagai daerah di sumbar akan tetapi jalur aktivitas kendaraan dari solok selatan ke jambi.

Pembelinya bukan saja dari warga solsel saja tapi dari penumpang kendaraan yang melintas siang dan malam hari. Walinagari padang air dingin menyebut jumlah pohon durian di kenagariannya lebih dari 2.000 batang usia sekitar 5-100 tahun.

Dari ribuan batang jumlah pohon tersebut hanya beberapa batang saja festival durian solok selatan dan varietas rajo silului terpilih sebagai pemenang saat festival durian yang di gelar di pulau mutiara, nagari lubuak gadang utara, kecamatan sangir.

Awalnya di rencanakan varietas durian unggul ini akan di kembangkan di solok selatan namun sudah setahun pelaksanaan rencana tersebut juga belum ada realisasinya.

Dinilai daging buah tebal, rasa buah lezat, tekstur padat dan tidak berserat, warna daging buah kuning menarik performa atau tampilan buah bulat dan warna kulit buah cerah, komposisi duri kulit buah teratur serta jumlah biji atau buah per ruang 3-4 biji, inilah kelebihan durian unggul silului,” terangnya.

Menurut pengalaman dan informasi diterimanya dari pihak holtikultura pengembangan rajo silului dengan bijinya belum tentu mendapatkan varietas unggul dari yang dibibitkan. Akan tetapi melalui kawin silang akan mendapatkan varietas unggul turunan rajo silului.

Dengan kawin silang dia mencontohkannya kembali dari pengalaman dari dinas pertanian yang diterimanya, dari 10 batang bisa mendapatkan 9 batang varietas unggul. Dan lebih cepat berbuah dibandingkan dengan biji memakan waktu hingga 12 tahun. Tapi lewat kawin silang 3-4 tahun sudah berbuah.

Namun upaya kawin silang dilakukan sampai sekarang seperti diharapkan oleh bupati solok selatan untuk pengembangan durian unggul. 

Apalagi solok selatan akan dijadikan sebagai kampung durian oleh pemrov sumbar sebagai produk pertanian unggulan daerah,” jelasnya.

Diharapkannya varietas durian pemenang kontes ini bisa ditindak lanjuti oleh dinas pertanian, mulai dari perawatan pohon induk, memperbanyak benih denagn sistem sambung atau kawin silang untuk menjaga kelestarian.

Termasuk observasi tanaman guna mendapatkan data deskripsi varietas bersama BPSB dan BRIN/Balitbu, pendaftaran kepemilikan pemkab solsel ke pusat perlindungan varietas dan perizinan pertanian kementan dan pendaftaran varietas holtikultura untuk perbanyakan dan pengembangan benih bersertifikat.

tugu durian di festival durian solok selatan
Walinagari juga berharap ada brand dari produk unggulan dari durian solok, sehingga dapat meningkatkan harga durian daerah seperti musangking dan lainnya.

      

Share This Article :
1745663973787222366

Rekomendasi 3 Pantai Alami Baik Untuk Keluarga Berlibur Di Padang Pariaman

Piamanexplore- Pagi hari saat cuaca cerah dan hangat kebanyakan dari kita kerap merasa bosan dengan rutinitas sehari-hari dan ingin berlibur...