-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Berlatar Gunung Singgalang Keindahan Alam Embung Talago Mumbuang Jadi Wisata Baru Di Agam

foto ian piliang
Piamanexplore.com-Embung Talago Mumbuang tepatnya berada di Kabupaten Agam, Sumbar baru saja dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Keindahan alam yang ditawarkan oleh Embung Talago Mumbuang Sumbar berhasil jadi destinasi wisata terbaru untuk masyarakat.

Mochammad Dian Al-Ma’ruf selaku Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V Padang, memaparkan bahwa pembangunan Embung Talago Mumbuang dilaksanakan pada tahun anggaran 2019-2021.

Dengan luas genangan 0,23 ha, Embung Talago Mumbuang Sumbar ini mengairi sekitar 50 ha areal persawahan di tiga jorong, yaitu Jorong Bansa, Jorong Babukik, serta Jorong Alang.

"Embung ini sekaligus menjadi ruang publik sebagai destinasi wisata baru karena memiliki pemandangan indah berlatar Gunung Singgalang," kata Dian.

Sementara itu, keterangan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan pembangunan sarana dan prasarana air diperuntukkan untuk ketahanan air dan kedaulatan pangan.

“Di beberapa daerah masih terdapat masyarakat yang masih kesulitan memperoleh air bersih. 

Realitas seperti ini menjadi perhatian Kementerian PUPR agar selalu berupaya menyediakan infrastruktur salah satunya melalui pembangunan embung,” kata Menteri Basuki.

Embung Talago Lumbuang Sumbar ini memiliki latar belakang pemandangan yang tentunya tidak mengecewakan sehingga cocok untuk jadi destinasi wisata baru.

Bernuansa alam pedesaan yang khas, embung dilengkapi dengan fasilitas jogging track yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas olahraga.

Embung Talago Mumbuang Sumbar terletak tidak terlalu jauh dari Danau Terusan, serta terletak di kaki bukit Jorong Babukik sehingga memiliki pesona tersendiri yang dapat menarik wisatawan untuk datang.

Beberapa pengunjung juga sudah nampak beraktivitas seperti berolahraga atau senam secara berkelompok di sekitar embung serta menikmati pemandangan alam yang ditawarkan di sana menjadikan embung sebagai destinasi wisata baru.

Embung menjadi salah satu solusi yang ditawarkan untuk mencegah kekeringan, fungsi utamanya untuk menampung air hujan dan menyalurkannya pada waktu diperlukan.

Namun, embung juga jadi salah satu destinasi wisata baru yang cukup digemari oleh masyarakat terutama keindahan alamnya menarik untuk dinikmati ketika santai.(sumber harianhaluan)

Share This Article :
1745663973787222366

Makam Syekh Balinduang: Jejak Sejarah Warisan Kultural di Sungai Limau Padang Pariaman

Piamanexplore- Makam Syekh Balinduang adalah salah satu situs yang memiliki sejarah di nagari pilubang kecamatan sungai limau kabupaten pada...