-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Potret Perbedaan Lembah Harau Dulu Dan Sekarang, Cantik Yang Mana?

Piamanexplore.com-Dulu lembah harau pada era tahun 90an hanya dikenal dengan tebingnya yang curam, air terjunnya yang dingin dan areal persawahannya yang cantik bak permadani.

Mari kita bernostalgia sejenak pada era tahun 90 an. Lain dulu lain sekarang begitulah gambaran sebuah destinasi wisata yang ada di Sumbar.

gurusiana.id mengatakan

Lembah Harau Dulu

lembah harau sekitar tahun 2018
“Lembah harau adalah destinasi yang ada di kabupaten 50 kota Sumatera barat. Zaman 90-an identik dengan pemandangan tebing curam yang sangat indah, air terjun yang dingin, tempat pemandian dan akar berayun serta berbagai flora yang unik.

Akses untuk ke Lembah Harau pada zaman itu angkutan umum yang lewat hanya sesekali. Biasanya masyarakat di sekitar Kecamatan Harau menggunakan mobil pick up.

Sepeda motor pun hanya sedikit yang dipakai mengingat tidak banyak orang memiliki sepeda motor. Selanjutnya, kapan waktu yang tepat untuk ke Lembah Harau?

lembah harau foto rinda rifanda tahun 2015
Biasanya sehari menjelang sebelum puasa yang disebut Hari Balimau. Balimau dalam Bahasa Minangkabau berarti keramas dengan menambahkan jeruk untuk membersihkan kepala.

Balimau disini bermakna untuk mensucikan diri dari dosa untuk menyambut bulan puasa. Ada lagi hari spesial untuk kerkunjung ke Lembah Harau yaitu beberapa hari setelah Idul Fitri, masyarakat berbondong-bondong berlibur ke Lembah Harau, menebar kebahagiaan di alam terbuka.”

Dulu lembah harau Suasananya masih begitu asri dan hanya beberapa bangunan saja yang nampak dibangun di sana yang nampak layaknya rumah adat Minang.

lembah harau sekarang
Sepanjang mata memandang mungkin hanya nampak hamparan lembah hijau, bukit-bukit yang mengelilingi lembah, rimbunan pepohonan, dan mungkin beberapa resort yang dibangun disana.

Hal ini membuat Lembah Harau tempo dulu jauh lebih terkesan alami karena hanya menawarkan keindahan panorama alam saja.

Lembah Harau Sekarang

lembah harau sekarang kampung korea, jepang
Lembah harau sekarang dibangun layaknya kita berada di luar negeri, bangunan-bangunan baru mulai bermunculan disana.

Sejak tahun 2020 mulai lah ada bangunan kampung eropa, kampung korea dan kampung jepang sudah ada di lembah harau. Walaupun hanya wisata replika tapi kita kok membudayakan budaya luar.

Dengan adanya bangunan-bangunan buatan tersebut, Lembah Harau menghadirkan suasana baru layaknya berada di luar negeri.

Bangunan-bangunan ikonik tersebut dibangun berwarna-warni dengan tetap menampakkan keindahan bukit Lembah Harau yang menjulang sebagai lataar belakang.

lembah harau kampung eropa
Bagi yang suka koleksi foto estetik dan membagikannya ke sosial media, suasana Lembah Harau sekarang bisa menjadi pilihan destinasi wisata.

Namun, bagi yang tertarik dengan Lembah Harau karena keindahan alamnya yang asri dan hijau, mungkin kurang suka dengan potret Lembah Harau sekarang.

 

  

 

    

Share This Article :
1745663973787222366

Memahami Arti Nama Perkalian 2x11 Enam Lingkung di Kecamatan Padang Pariaman

Piamanexplore- Nama daerah di Indonesia tentu beraneka ragam. Penamaannya seringkali berdasarkan sejarah, adat, budaya, atau ciri khas wilay...