-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Desa 1000 Menhir Wisata Purba Ribuan Tahun Satu-Satunya Di Sumatera Barat

menhir maek
Piamanexplore.com-Sumatera Barat selalu bisa menawarkan panorama alam yang begitu menghipnotis mata, membuat wisatawan dibuat ketagihan berkunjung ke provinsi ini.

Tidak hanya menawarkan begitu banyak panorama alam yang menggoda, Sumatera Barat juga ternyata memiliki sebuah desa dengan situs purbakala yang selalu bisa membuat penasaran para wisatawan.

Desa situs purbakala ini tentunya memiliki kekhasannya tersendiri yang membuatnya begitu unik bahkan menyimpan pembelajaran sejarah.

Di kutip dari Channel YouTube Ini Konten, ternyata desa ini juga letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota Sumatera Barat, bernama desa atau Nagari 1000 Menhir.

menhir guguak
Nagari 1000 Menhir menjadi salah satu wisata bersejarah yang terletak di Kecamatan Bukit Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Desa wisata ini kerap kali masuk ke daftar tujuan bagi mereka yang berkeinginan berjalan-jalan mengelilingi Sumatera Barat sekaligus mempelajari tentang sejarah.

Sama seperti namanya, yang membuat Nagari 1000 Menhir ini unik ialah banyaknya ditemukan barang-barang peninggalan zaman purbakala.

Saking banyaknya, akan terlihat puing-puing menhir sejauh mata memandang yang terbentang secara luas di atas hamparan tanah di desa ini.

menhir bawah parit kototinggi
Menhir-menhir yang ada pun tersusun dan tertancap dengan rapi sejak dari zaman purbakala.

Di kutip dari langgam.id, menhir-menhir yang ada di desa ini diperkirakan telah berusia sekitar 2.000-6.000 tahun sebelum masehi.

Adapun, semua menhir itu menghadap ke satu arah, yakni ke Gunung Sago. Keberadaan menhir-menhir ini memiliki makna sebagai tanda makam, tanda penghormatan, sekaligus tanda kepercayaan.

Dengan pemandangan yang indah dan sangat tidak biasa ini, Nagari 1000 Menhir selalu jadi tempat wisata instagramable untuk para wisatawan yang gemar mengabadikan momen.

menhir simawang
Dengan berkunjung ke Nagari 1000 Menhir ini, maka wisatawan akan dapat semua hal sekaligus, mulai dari keunikannya wisatanya, keindahannya hamparan 1000 menhir, hingga pembelajaran sejarahnya yang pastinya sangat bermanfaat.

Share This Article :
1745663973787222366

Rohana Kuddus Srikandi Islam Wanita Minang Sahabat Pena R.A Kartini

Piamanexplore- Setiap tanggal 21 April, bangsa Indonesia memperingati hari Kartini. Mengapa Kartini yang lebih dikenang padahal banyak perem...