-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

7 Mesjid Di Sumatera Barat Dengan Pemandangan Mengagumkan Bikin Betah Arsitektur Kelas Dunia

Piamanexplore.com-Sumatera barat memiliki banyak tempat untuk berwisata setiap wilayah di sumatera barat memiliki objek wisata yang menarik.

Wisata alam seperti, pantai, pulau, gunung, air terjun, sungai, wisata edukasi, wisata religi, makam yang di keramatkan, wisata budaya.

Mesjid yang sekaligus dijadikan objek wisata karena mesjid tersebut berada pada spot wisata unggulan di Sumbar.

Ada banyak mesjid di Sumbar yang bikin sobat betah untuk beribadah disana. Jika sobat berada pada objek wisata tersebut beribadahlah pada mesjid yang didirikan disana.

Yang bakal membuat sobat betah adalah mesjidnya yang mewah, bersih, dan arsitekturnya yang sangat menawan.

Kali ini sobat explore menuliskan 7 mesjid di Sumbar dengan pemandangan mengagumkan dengan arsitektur kelas dunia.

1. Mesjid Raya Sumatera Barat

Masjid ini sangat unik dengan bentuk kubah seperti rumah gadang dengan empat sudut meruncing. Pada samping masjid terdapat lukisan kaligrafi bernuansa emas.

Terdapat menara yang menjulang tinggi sampai 85 meter yang bisa dinaiki menggunakan lift setinggi 44 meter.

Kemudian, bentuk kubah juga terinspirasi dari kain yang digunakan untuk mengangkat hajar aswad, yaitu bentangan kain yang ditarik di empat sudutnya.

Masjid ini terdiri dari tiga lantai yang berfungsi sebagai tempat wudhu di lantai pertama, tempat sholat utama di lantai kedua, dan tempat sholat alternatif di lantai ketiga.

Tidak ada tiang di dalam masjid agar tidak menghalangi jemaah sholat. Masjid ini dapat menampung sebanyak 20.000 orang.

Pembangunan masjid ini menghabiskan biaya mencapai Rp350 miliar.

Lokasi masjid berada di Jl. Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat.

2. Mesjid Al Hakim

Mesjid Al Hakim terletak di taplau kota padang tepatnya berada di pantai padang dekat gunung padang.

Mesjid ini terbilang baru karena baru berdiri beberapa tahun lalu, pertama kali admind kesini memang mesjid ini terlihat sangat cantik.

Mesjid Al Hakim di desain bergaya Tajmahal yang berada di India, pertama kali di gunakan pada akhir tahun 2020.

Tampilanya simetris dengan satu kubah besar di tengah. Lalu, dikelilingi empat kubah besar dan empat menara.

Selain itu lokasi yang berada di tepian Pantai Padang semakin menarik mata wisatawan untuk berkunjung dan beribadah di sana. Di sekeliling masjid memiliki objek yang bagus untuk berfoto.

3. Masjid Rahmatan Lil Alamin

Mesjid Rahmatan Lil Alamin merupakan salah satu masjid kampus termegah di Sumatera Barat, yakni dalam kawasan kampus Universitas Putra Indonesia.

Tepatnya di Jl. Ujung Tanah No.49, Lubuk Begalung Nan XX, Kec. Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat. Masjid ini diresmikan pada 25 Agustus 2017.

Masjid Rahmatan Lil Alamin memiliki desain interior yang sangat mengagumkan. Bagian dalam bernuansa kuning keemasan yang mewah serta langit-langit dihiasi Asmaul Husna.

Campuran warna emas dan putih membuat masjid ini terkesan megah dengan ukiran-ukirannya. Mesjid ini bernuansa timur tengah karena memang bera arsitektur yang menonjolkan warna emas.

4. Masjid Terapung Samudera Ilahi

Mesjid terapung samudera Ilahi terdapat di kawasan wisata Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel.)

Tidak hanya sekadar sebagai tempat untuk beribadah, namun menambah daya tarik bagi wisatawan untuk datang.   

Sobat explore bisa menikmati keindahan masjid sambil melaksanakan ibadah. , Masjid Terapung Samudera Ilahi memang telah menambah destinasi keindahan Pantai Carocok Painan.

Sebab telah menjadi ikon baru dengan juga ditunjang beberapa fasilitas lainnya seperti Jembatan Asmara sebagai penghubung  Pulau Batu Kureta dengan Pantai Carocok, serta taman bermain yang nyaman.

5. Masjid Islamic Center Padang Panjang

Masjid ini merupakan ikon wisata religi menarik di Sumatera Barat dengan desain yang menawan. Terdapat empat kubah dan ornamen dalam masjid yang berlapis tembaga yang unik.

Masjid Islamic Center Padang Panjang difungsikan sebagai kawasan masjid, aula, tempat belajar agama, serta wisata religi.

Masjid ini diresmikan pada 9 Februari 2018 setelah dibangun dengan anggaran sebesar Rp70 miliar dari APBD 2016 Kota Padang Panjang.

Lokasinya di Padang Panjang Timur, Kelurahan Koto Katik, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.

6. Masjid Baiturrahmah

Masjid yang unik dan indah ini dibangun di atas lahan seluas 2600 meter persegi. Masjid Baiturrahmah diresmikan pada 15 Juli 2017.

Letaknya di Jl. By Pass, Aie Pacah, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

Arsitektur masjid identik dengan yang ada di Timur Tengah dan menggunakan konsep seperti Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi.

Terdapat satu kubah besar yang diapit dua kubah sedang serta dikelilingi 50 kubah kecil. Meski bernuansa putih di siang hari, masjid ini dihiasi lampu warna hijau di malam hari.

Kemudian, ada dua bulan sabit berukuran besar dengan bintang dan lafadz Allah dan Muhammad SAW di depan halaman masjid.

Masjid ini memiliki tiga pintu utama terbuat dari kayu dari Jepara. Bagian depan dalam masjid ada kaligrafi pada permukaan kayu dan lampu kristal besar di tengah ruangan.

7. Mesjid Agung Dharmasraya

Masjid Agung Dharmasraya yang terletak di Nagari Gunung medan, Kecamatan Sitiung. Masjid tersebut merupakan kebanggaan masyarakat  Dharmasraya, yang menjadi sebuah ikon wisata religi.

Keunikan dari Masjid Agung sendiri terletak dari konsep bangunan yang memakai konsep green building.

Masjid tersebut tanpa menggunakan AC dan sirkulasi udara bagus, sehingga bisa meminimalkan pemakaian lampu pada listrik disiang hari, lebih hemat daya, hemat listrik dan tentu saja ramah lingkungan.

Begitu masuk ke dalam masjid, terlihat  dua pintu masuk ke ruang shalat, yang cukup besar dan megah, berwarna keemasan.

Dan taman tidak hanya ada di bagian depan Masjid, namun di bagian belakang masjid juga dengan di hiasi dengan taman bunga.

 

Share This Article :
1745663973787222366

Tragedi Besar Kecelakaan Kereta di Minang 1944 Dan Kebaikan Rahmah El Yunusiyah

Piamanexplore -Tragedi kecelakaan kereta api di Lembah Anai pada 25 Desember 1944 ialah tragedi kecelakaan yang terparah di Indonesia pada z...