-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Kuliner Khas Sala Baraia Kebanggaan Masyarakat Padang Laweh Malalo Batusangkar

foto prokopim setda tanah datar
Piamanexplore.com-Sala Baraia terdiri dari  dua suku kata yakni Sala berarti goreng dan Baraia berarti air.

Makanan ini merupakan salah satu kuliner khas yang biasanya dihidangkan masyarakat nagari Padang Laweh Malalo di akhir pekan mulai hari Jumat sampai hari pasar pada Selasa.

Masakan ini terlahir karena sulitnya hidup dimasa lalu, sudah menjadi kebiasaan turun temurun bagi kaum ibu dan menjadi kebanggaan masyarakat Padang Laweh Malalo.

Untuk memasak makanan khas ini para kaum ibu hanya menambahkan satu sendok minyak goreng, garam dan lauk pauk seadanya kepada sambal goreng yang telah di masak beberapa hari sebelumnya yang kemudian di masak lagi dengan mencampurnya dengan air.

Makanan khas ini tetap terjaga dan terus menjadi kebiasaan dan kebanggaan masyarakat nagari padang laweh malalo kecamatan batipuh selatan kabupaten tanah datar sumatera barat.

penasehat perantau IKMAL Fahri Ahmad menyampaikan perantau sangat mendukung program pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dengan mengangkat Pesona Sala Baraia sebagai salah satu daya tarik pariwisata di Padang Laweh Malalo selain dari destinasi lainnya.

prokopim setda tanah datar
“Nagari Padang Laweh Malalo sangat kaya akan destinasi wisata yang telah terkenal, namun daerah kami ini juga memiliki ikon buah-buahan seperti pokat dan sawo dan juga memiliki 21 warung kuliner khas masyarakat Malalo.

Untuk itu diharapkan dukungan Pemerintah Daerah menjadikan Nagari Padang Laweh Malalo sebagai tujuan destinasi wisata unggulan di Tanah Datar tentunya berkolaborasi bersama masyarakat secara terpadu,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Eka Putra sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Nagari Padang Laweh Malalo yang telah mengangkat Pesona Sala Baraia untuk mendukung Program Unggulan Satu Nagari Satu Event.

"Terima kasih kepada masyarakat Nagari Padang Laweh Malalo yang telah mendukung program unggulan daerah dengan memunculkan kuliner-kuliner tempo dulu.

Salah satunya Sala Baraia dengan modal yang murah tetapi menjadi makanan yang istimewa dengan dua rasa yakni lamak dan lamak bana.

Insya Allah nanti kita menerima tamu-tamu undangan dari luar di Indojolito akan kita tampilkan Menu Sala Baraia," kata Bupati Eka Putra.

Selain itu, kata Bupati, batipuh Selatan khususnya Nagari Padang Laweh Malalo banyak potensi wisata yang luar biasa dengan keindahan alam, buah-buahan dan satu lagi makanan khas seperti sala baraia ini.

Dalam Pesona Sala Baraia juga diwarnai dengan Arakan 100 jamba, pentas seni anak nagari, pesona sala baraia, Expo UMKM, makan bajamba, jalan sehat, lomba baju kuruang basiba, parade biduak hias, lomba fotografi.

Share This Article :
1745663973787222366

Rekomendasi 3 Pantai Alami Baik Untuk Keluarga Berlibur Di Padang Pariaman

Piamanexplore- Pagi hari saat cuaca cerah dan hangat kebanyakan dari kita kerap merasa bosan dengan rutinitas sehari-hari dan ingin berlibur...