-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Keren Wisata Pemandian Alam Lubuak Soda Dengan Air Bening Tanah Datar Sumbar

Piamanexplore.com-Sumatera Barat memiliki wisata yang cukup banyak dengan alam yang masih terjaga sekaligus dengan adat yang masih kental, terlihat dari adat istiadat yang masih dijunjung tinggi pada di setiap daerah.

Banyaknya lokasi wisata di setiap daerah membuat Sumatera Barat menjadi tempat rekreasi keluarga sekaligus tempat refreshing untuk melepaskan penat.

Untuk menuju lokasi wisata tidak jarang dijumpai tempat- tempat yang bisa dipakai sebagai penunjang wisata seperti tempat peristirahatan, tempat kebersihan, tempat perbelanjaan, dan sebagainya.

Tambangan merupakan salah satu nagari yang terletak dibagian selatan kecamatan sepuluh koto Kabupaten Tanah Datar, provinsi Sumatera Barat.

Nagari ini terletak diperbatasan Kota Padang Panjang menuju Tanah Datar, sebelah kanan dari arah Padang Panjang.

Nagari tambangan merupakan wilayah yang masih asri dipenuhi dengan hamparan sawah, hutan yang lebat, dan pengairan yang jernih. Sumber air yang jernih inilah yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata pemandian Lubuak soda.

Kenapa Diberi nama Lubuak Soda

Penambahan kata Soda pada nama lubuknya menurut informasi yang berkembang karena air di lokasi ini mengeluarkan gelembung-gelembung air yang berasal dari sumber mata air, sehingga dianggap mirip soda oleh masyarakat.

Penambahan kata Soda pada nama lubuknya menurut informasi yang berkembang karena air di lokasi ini mengeluarkan gelembung-gelembung air yang berasal dari sumber mata air, sehingga dianggap mirip soda oleh masyarakat.

Lokasi Lubuak Soda

Objek Wisata Lubuk Soda, berada tepat dibawah perbukitan Bukit Gadang, di Jorong Mudiak Aia, Nagari Tambangan, Kec. X Koto, Kab. Tanah Datar.

Tiket Masuk Pemandian Lubuak Soda

Jika biasanya lokasi wisata ada tiket masuk, Lubuk Soda yang dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Nagari Tambangan ini agak berbeda. 

Pengelola tidak mematok berapa tarif untuk masuk lokasi, namun diminta secara sukarela tanpa paksaan kepada para pengunjung atau wisatawan.

Akses Menuju Lokasi Lubuak Soda

Cukup banyak akses jalan raya untuk bisa sampai ke lokasi objek wisata itu, di antaranya dari arah Kota Padang Panjang via jalan lingkar utara melewati Kelurahan Koto Panjang, Jaho, dan tembus Nagari Tambangan.

Bisa pula akses jalan masuk dari Simpang Monas, Kelurahan Ngalau dan bisa pula dari Simpang Congkong, Batipuah. 

Artinya tidaklah sulit menemukan objek wisata Lubuak Soda dimaksud. Sempatkan liburan sobat ke lubuak soda.

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Tragedi Besar Kecelakaan Kereta di Minang 1944 Dan Kebaikan Rahmah El Yunusiyah

Piamanexplore -Tragedi kecelakaan kereta api di Lembah Anai pada 25 Desember 1944 ialah tragedi kecelakaan yang terparah di Indonesia pada z...