-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Selain Beras Ada 4 Fakta Menarik Lainnya Tentang Kota Solok Apa Saja? Simak Selengkapnya

Piamanexplore.com-Sebagai salah satu kota wisata, Solok memiliki beberapa fakta unik dan menarik yang jarang atau mungkin belum diketahui banyak orang.

Selain dikenal sebagai salah satu penghasil beras dan lumbung padi di Indonesia. Kota Solok memiliki fakta unik dan menarik untuk dibahas.

Berikut lima fakta unik dan menarik Kota Solok yang dikenal lewat beras Solok serta memiliki tradisi unik turun mandi:

1. Asal Nama

Namun, ada yang mengatakan Solok berasal dari kata Selo yang bermakna berkelok-kelok yang merujuk kepada sungai Batang Sumani yang berkelok-kelok.

2. Kota Solok Pecahan Kabupaten Solok

Rencana menjadikan Solok sebagai kotamadya sudah dirintis sejak tahun 1946 melalui sidang komite nasional yang diketuai Mara Adinda.

Pada 16 Desmber 1970, Solok ditetapkan sebagai kotamadya lewat Peraturan Menteri Dalam Negeri No 8 Tahun 1970.

Penyebutan Solok sebagai kota tidak menggunakan sebutan Kotamadya Solok dituangkan lewat UU No 32 Tahun 2004 yang secara resmi menyebut Kotamadya Solok menjadi Kota Solok.

3. Beras Solok

Beras Solok sudah dikenal luas di Indonesia sebagai salah satu beras unggulan dan sebagai sentra penghasil beras unggulan.

Ada dua varietas beras unggulan dari wilayah Solok. Yakni, varietas Sokan dan Anak Daro.

Kedua varietas ini oleh pemerintah Indonesia diberi sertifikasi khusus yakni Indikasi Geografis (IG) oleh Kemenkunham pada 2018.

Beras Solok merupakan beras pertama dari Sumatera Barat yang memdapat sertifikat IG.

4. Kuliner Khas

Salah satu hal yang menarik dan unik dari Kota Solok adalah kuliner khasnya yang unik dman terkenal enak dan lezat.

Ada beberapa kuliner asal Solok yang terkenal seperti pepes ikan bilih, gulai ayam hitam, Kalio Baluik, Limpiang Pinyaram, Dendeng Pucuk Ubi, Kerupuk Jangek dan masih banyak lagi kuliner yang memanjakan lidah.

5. Tradisi Turun Mandi

Salah satu fakta menarik lainnya dari kota Solok adalah tradisi turun mandi. Tradisi ini masih dipertahankan terutama oleh masyarakat di wilayah Solok Selatan.

Tradisi ini lakukan pada bayi yang beberapa hari setelah lahir. Jabang bayi tersebut dibawa ke sungai terdekat yang airnya tenang dan tidak deras.

Setelah upacara memandikan bayi selesai. Dilanjutkan dengan acara makam bersama di rumah ibu bayi bersama keluarga dan kerabat dan undangan.

 

Share This Article :
1745663973787222366

Memahami Arti Nama Perkalian 2x11 Enam Lingkung di Kecamatan Padang Pariaman

Piamanexplore- Nama daerah di Indonesia tentu beraneka ragam. Penamaannya seringkali berdasarkan sejarah, adat, budaya, atau ciri khas wilay...