-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

5 Ragam Wisata Populer Payakumbuh Kaya Destinasi Dan Keindahan Alam

Piamanexplore.com-Payakumbuh adalah daerah yang berada di provinsi sumatera barat banyak sekali destinasi wisata berada disini.

Mulai dari new zealand nya sumatera barat, goa, air terjun, bukit bukek taram dan nagari purba yaitu nagari 1000 menhir.

Beberapa destinasi di Payakumbuh bahkan menjadi yang paling populer dan terkenal dibanding dengan destinasi wisata di daerah lain di Sumatera Barat, salah satunya ialah Lembah Harau yang sudah begitu melegenda di hati para wisatawan.

Selain Lembah Harau, nyatanya masih banyak destinasi wisata populer yang ada di Payakumbuh, Sumatera Barat.

Untuk mengetahui apa saja, simak berikut deretan destinasi wisata populer Payakumbuh yang memiliki goa wisata satu-satunya hingga padang rumput luas layaknya New Zealand:  

1. Goa Ngalau Indah

Goa Ngalau Indah merupakan satu-satunya destinasi wisata goa di Payakumbuh yang terletak di Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Goa ini menghadirkan panorama keindahan stalagtit dan stalagmit yang masih sangat terjaga serta terlestarikan dengan baik.

Dengan ketinggian goa mencapai 640 mdpl, terdapat sebuah bagian goa dengan bentuknya yang terbilang unik dan sangat khas, yakni sebuah batu yang diberi nama baru gong.

Batu gong merupakan sebuah batu berlubang yang berbentuk seperti kerucut berongga hingga menyerupai lonceng.

2. Bukik Bulek Taram

Destinasi populer yang satu terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Bukik Bulek Taram merupakan sebuah bukit batu terjal, berukuran besar dengan bentuk bundar dan menonjol pada bagian puncaknya.

Bukit ini memiliki bentang alam berupa rawa berair tawar dengan hamparan dataran yang ditumbuhi oleh rerumputan hijau mengelilingi kaki bukitnya.

Dilokasi inilah Shooting film Buya Hamka Diambil, yang sudah tayang di seluruh bioskop seluruh Indonesia  

Hal inilah yang menjadi daya tarik Bukik Bulek Taram di Payakumbuh hingga membuatnya terkenal dan populer diantara para wisatawan.

3. Padang Mangateh

foto rika gustar
Padang Mangateh merupakan sebuah destinasi wisata yang menghadirkan hamparan padang rumput yang begitu luas.

Sangat indah dipandang mata dengan ujung cakrawala yang menampilkan Gunung Sago yang menambah ketakjuban.

Saking luasnya, padang rumput yang terletak di terletak di Mungo, Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat ini memiliki luas hingga 289 hektar.

Bentang alam yang begitu luas dan menakjubkan ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berfoto instagramable.

Saking luar biasa indahnya, bahkan banyak yang menilai bahwa Padang Mangateh merupakan padang rumput New Zealand-nya Payakumbuh.

4. Air Terjun Lubuak Bulan

foto Syukri Hidayat
Destinasi wisata populer di Payakumbuh selanjutnya adalah Air Terjun Lubuak Bulan yang terletak di Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, Kenagarian Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Berjarak sekitar 4-5 jam perjalanan dari pusat kota Payakumbuh, pemberian nama air terjun ini diambil dari bentuknya yang mirip layaknya bulan sabit, sehingga sangat cocok diberi nama Air Terjun Lubuak Bulan.

Air terjun ini dikelilingi oleh tebing tinggi, tepatnya di kanan dan kiri air terjun. Hal ini menjadi penambah pesona keindahan salah satu destinasi populer di Payakumbuh ini.

Menyuguhkan pemandangan alam yang masih sangat asri dengan beberapa batu besar bertenger di sekitar lokasi air terjun membuatnya makin mempesona.

Terlebih masih belum banyak dijamah orang, sehingga kebersihannya pun masih sangat terjaga.

5. Nagari 1000 Menhir

Nagari 1000 Menhir menjadi salah satu wisata bersejarah yang terletak di Kecamatan Bukit Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Berjarak sekitar 2 jam dari Payakumbuh.

Desa wisata ini kerap kali masuk ke daftar tujuan bagi mereka yang berkeinginan berjalan-jalan mengelilingi Sumatera Barat sekaligus mempelajari tentang sejarah.

Akan terlihat puing-puing menhir sejauh mata memandang yang terbentang secara luas di atas hamparan tanah di desa ini.

Dengan pemandangan yang indah dan sangat tidak biasa ini, Nagari 1000 Menhir selalu jadi tempat wisata instagramable untuk para wisatawan yang gemar mengabadikan momen.

Berikut itulah ulasan mengenai deretan destinasi wisata populer Payakumbuh yang memiliki goa wisata satu-satunya hingga padang rumput luas layaknya New Zealand.

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...