-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

5 FlyOver Paling Terkenal Di Sumbar Nomor Dua Paling Indah Di Indonesia

foto tiwi cungring
Piamanexplore.com-Ingin tahu tentang flyover atau jembatan layang di Sumatera barat, ini ringkasan 5 flyover bahkan salah satunya menjadi yang termegah Se-Indonesia.   

Meskipun belum memiliki Jalan Tol, Sumatera Barat sebenarnya sudah memiliki flyover yang bahkan dinyatakan sebagai salah satu flyover terindah dan termegah di Indonesia.

Selain itu, Sumatera Barat juga memiliki Flyoveryang tentunya tidak kalah indah dibanding beberapa Flyover yang ada di daerah lain di Indonesia.

Bagi kamu yang ingin melihat flyover yang ada di Sumatera Barat ini bisa langsung saja menuju tempat-tempat yang akan dijabarkan dalam artikel ini.

Berikut 5 flyover yang ada di Sumatera Barat yang tentunya bisa sebagai salah satu tempat untuk berwisata, karena flyover ini juga merupakan lokasi wisata.

1. Jembatan Siti Nurbaya

Flyover selanjutnya yang ada di Sumatera Barat adalah Jembatan Siti Nurbaya yang terletak di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

Jembatan Siti Nurbaya ini sudah cukup terkenal karena juga merupakan salah satu objek wisata yang ada di Kota Bengkoang (Sebutan Kota Padang).

Jembatan Siti Nurbaya ini sejatinya adalah jembatan penghubung antara daerah Nipah dan daerah Gunung Padang yang dipisahkan oleh Sungai Batang Arau, tetapi dinyatakan sebagai flyover karena di bawahnya terdapat jalan .

Lokasi ini merupakan objek wisata yang juga menjadi primadona di Kota Padang, karena menyajikan pemandangan yang begitu indah.

Dari Jembatan Siti Nurbaya ini, pengunjung bisa menikmati sunset dan juga bisa melihat pemandangan Gunung Padang serta melihat jalur sungai tersebut.

2. Flyover Kelok 9

Kenapa namanya kelok 9?  Hal demikian dikarenakan, jalan ini bentuknya yang berkelok-kelok dan berjumlah sembilan buah.

Selain itu, Kelok Sembilan juga memiliki fungsi sebagai penghubung antara Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Riau dalam rangka distribusi barang maupun pergerakan masyarakat

Pembangunan jembatan layang Kelok 9 mulai dilakukan pada 2003. Pengerjaannya ditangani dalam dua tahapan pembangunan.

Panjang keseluruhan jembatan dan jalan yang dibangun adalah 2.537 meter, terdiri dari enam jembatan dengan panjang 959 meter dan jalan penghubung sepanjang 1.537 meter.

3. Flyover Bypas Bukittinggi

Flyover Bukittinggi merupakan flyover yang cukup panjang di Sumatera Barat dan juga menyajikan pemandangan Kota Bukittinggi.

Panjang flyover Bukittinggi ini tercatat sepanjang 675 meter dengan lebar 10 meter dan tinggi 5 meter.

Dari flyover Bukittinggi ini, kamu bisa melihat pemandangan Kota Bukittinggi, terutama Pasar Aur Kuning yang terletak berdampingan dengan flyover ini.

4. Jembatan Layang Bandara Internasional Minangkabau (BIM)

Flyover yang satu ini terletak di daerah Kabupaten Padang Pariaman. Tepatnya di Kecamatan Batang Anai sebelum menuju Bandara Internasional Minangkabau.

Panjang dari Flyover di Kabupaten Padang Pariaman ini diperkirakan 300 sampai 400 meter dengan jalan raya yang berada di bagian bawahnya.

Biasanya, tempat ini dijadikan lokasi untuk berwisata sembari berolahraga lari oleh masyarakat sekitar. Pada sore hari, akan banyak terlihat pedagang maupun pengunjung di lokasi ini.

Selain itu, lokasi ini juga kerap dijadikan tempat balap liar oleh para remaja yang terkadang harus berhadapan dengan kepolisian saat adanya penindakan tawuran dan balap liar.

5. Flyover Simpang 8 Padang Panjang

Flyover selanjutnya terdapat di Kota Padang Panjang yang memiliki panjang kurang lebih 400 meter dengan lebar sekitar 3 meter sampai 4 meter.

Flyover Padang Panjang ini terletak di Jalan Hamka yang terdapat di Jalur Bypas Kota Padang Panjang atau jalur Padang-Bukittinggi.

Kamu bisa melihat pemandangan Gunung Marapi dan Gunung Singgalang dari Flyofer Padang Panjang ini serta pemandangan Kota Padang Panjang.

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Makam Syekh Balinduang: Jejak Sejarah Warisan Kultural di Sungai Limau Padang Pariaman

Piamanexplore- Makam Syekh Balinduang adalah salah satu situs yang memiliki sejarah di nagari pilubang kecamatan sungai limau kabupaten pada...