-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

5 Daftar Desa Wisata Andalan Sumbar Lolos 75 Besar ADWI 2023

Piamanexplore.com-Lima desa wisata di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) masuk dalam nominasi 75 besar desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023 yang dikurasi oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatra Barat Luhur Budianda mengatakan, lima desa wisata terbaik tersebut terletak di Kabupaten Padang Pariaman, Agam,Sijunjung, Kepulauan Mentawai hingga Kota Padang Panjang.

"Diantaranya Desa Wisata Nyarai di Kabupaten Padang Pariaman, Desa Wisata Kubu Gadang Kota Padang Panjang Desa Wisata Perkampungan Adat Nagari Sijunjung Kabupaten Sijunjung, Desa Wisata Puncak Lawang Kabupaten Agam , serta Desa Wisata Muntei Kabupaten Kepulauan Mentawai."

Masuknya lima desa wisata Sumbar dalam nominasi 75 besar desa terbaik versi ADWI tersebut merupakan suatu prestasi yang membanggakan.

Sebab Sumbar adalah Provinsi yang paling banyak meloloskan desa Wisatanya dibandingkan daerah lainnya di Pulau Sumatra .

"Ada tiga Provinsi di Pulau Sumatra yang berhasil meloloskan desa Wisatanya ke 75 besar ADWI, yaitu Sumatra Utara, Aceh dan Sumatra Barat.

Dua Provinsi tetangga itu masing-masing meloloskan tiga desa wisata. Sementara Sumbar berhasil meloloskan lima desa sekaligus.

Luhur Budianda menjelaskan, hingga tahun 2023, Sumbar telah memiliki 327 desa wisata yang telah terdaftar.

Keberadaan desa wisata tersebut, ditargetkan bisa menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Sumatra Barat.

"Semoga dengan berhasil lolosnya lima desa wisata Sumbar dalam 75 besar ADWI ini menjadi semangat bagi kita untuk terus membenahi ekosistem pariwisata desa yang ada di Sumbar.

Terimakasih dan tetap semangat bagi desa yang belum berhasil lolos ke 75 besar ADWI," ungkapnya.

Diketahui Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI, merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), saat ini terdapat 7.275 desa wisata di seluruh Indonesia.

4.573 desa diantaranya tercatat sebagai kontestan ADWI 2023 yang dinilai langsung oleh tim yang dibentuk Kemenparekraf.

Adapun Provinsi yang paling banyak meloloskan desa wisata pada 75 besar ADWI 2023 ini di seluruh Indonesia, adalah Provinsi Jawa Timur dengan 8 desa wisata, Sulawesi Selatan dan Jawa Barat dengan masing-masing 7 desa wisata.

Sementara dibawahnya, prestasi tersebut disusul oleh Sumbar dan Jawa Tengah yang masing-masing berhasil meloloskan 5 desa wisata.

 

Share This Article :
1745663973787222366

Makam Syekh Balinduang: Jejak Sejarah Warisan Kultural di Sungai Limau Padang Pariaman

Piamanexplore- Makam Syekh Balinduang adalah salah satu situs yang memiliki sejarah di nagari pilubang kecamatan sungai limau kabupaten pada...