-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Embung Sungai Talang Aset Wisata Alam Yang Butuh Perhatian Dari Padang Pariaman

Piamanexplore.com-Berawal dari postingan kak Eri kepala sekolah di sebuah SD di korong duku kecamatan sungai limau kabupaten padang pariaman, ini kenapa sebab saya menginjakkan kaki di embung wisata sungai talang ini.

Sekitar satu tahun lalu kak Eri memposting kegiatannya berburu hama babi di lokasi embung sungai talang melalui videonya di media sosial saya tertarik untuk datang kesini.

Embung sungai talang terletak di tengah hutan korong Duku tepatnya di korong Duku kenagarian pilubang kecamatan sungai limau kabupaten padang pariaman.

Kak Eri melalui videonya yang beliau kirim ke piamanexplore.com mengatakan:

“embung sungai talang ini dibangun untuk mengatur dan menampung suplai air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air, berfungsi untuk menyuplai kebutuhan air untuk sawah dan ladang petani.”

Sejarah Embung Sungai Talang

Pak UL seorang petani (50) warga sungai talang ketika ditemui di lokasi embung “mengatakan “Embung sungai talang memiliki kedalaman sekitar 15 m, awal mula di bangun tahun 2008 dan selesai tahun 2010.”

Pekerjanya didatangkan dari jawa selama masa pembangunan mereka tinggal di mess yang mereka bangun didekat lokasi pembangunan embung sungai talang ini."

Lanjut kata Pak UL "ketika awal pembangunan embung ini, apabila embung sungai talang selesai dibangun maka kedepannya bisa di kembangkan menjadi sebuah objek wisata air

Sebenarnya objek embung sungai talang ini belum selesai dibangun hingga saat ini masih terbengkalai pembangunannya." 

kenapa namanya embung sungai talang? Embung memiliki arti waduk atau danau yang berbentuk kecil berfungsi untuk mengairi sawah atau ladang bagi petani.

Sungai talang diambil dari nama daerah tersebut yang berada di korong duku nagari pilubang.  

Potensi Wisata

Embung sungai talang memiliki panorama cantik diapit oleh perbukitan yang ada di sekitar lokasi. Jika dilihat di google maps embung sungai talang bernama “Embung Wisata Sungai Talang.” 

Walau namanya embung wisata tapi tak terlihat adanya aktifitas wisata disini, lokasi ini hanya ramai dikunjungi ketika ada kegiatan berburu hama babi saja.

Berburu hama babi biasanya di adakan setiap hari selasa tiap bulannya yang di ikuti oleh orang yang hobi berburu, mereka datang dari berbagai daerah di padang pariaman.

Walau embung sungai talang saat ini hanya berfungsi untuk mengairi ladang dan sawah tapi memilki potensi pariwisata yang bagus untuk dikembangkan.

Embung sungai talang sangat berpotensi di bangun tempat rekreasi dan objek wisata air seperti berperahu, memancing dan berenang sehingga embung sungai talang menjadi wisata baru unggulan di nagari pilubang padang pariaman.

Butuh Perhatian dan Pengembang

Sayangnya, Embung sungai talang belum ditunjang sarana-prasarana memadai.

Terutama akses jalan yang masih berupa tanah bebatuan Sehingga agak menyulitkan pengunjung, terutama di musim penghujan.

Selain itu, sarana prasarana lainnya juga masih belum ada. Baik itu toilet, pusat kuliner, hingga tempat bagi pengunjung untuk bersantai.

Padahal lahan yang ada di sekitar embung masih cukup luas. Ditumbuhi rerimbunan pepohonan rindang.

pengembangan potensi wisata Embung Sungai Talang butuh proses cukup panjang. serta anggaran yang lumayan besar.

keindahan alam Embung Sungai Talang sangat potensial untuk menarik minat kunjungan wisatawan.

Semoga kedepan embung sungai talang akan ada pengembang atau dapat perhatian dari pemerintah setempat untuk jadi objek wisata baru di padang pariaman. 

Share This Article :
1745663973787222366

Makam Syekh Balinduang: Jejak Sejarah Warisan Kultural di Sungai Limau Padang Pariaman

Piamanexplore- Makam Syekh Balinduang adalah salah satu situs yang memiliki sejarah di nagari pilubang kecamatan sungai limau kabupaten pada...