-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Hiking Ke wisata air Terjun Batu Basurek Sungai Geringging Padang Pariaman

Piamanexplore.com-Air terjun batu basurek terletak di korong ladang rimbo nagari sungai sirah kecamatan sungai geringging kabupaten padang pariaman, saat ini untuk mencapainya harus berjalan lebih kurang 1 km

Apabila setelah habis hujan jika nasib baik hempasan air terjun akan membentuk pelangi mini yang menawan.

Jalan menuju air terjun batu basurek harus ditempuh dengan berjalan kaki memarkirkan kendaraan roda dua terlebih dahulu dibawah kaki bukit sebelum perjalanan dimulai.

Kontur jalannya tidak curam kebawah jalan setapaknya sudah agak bagus membuat kita tidak terlalu jauh menempuh perjalanan.

Dulu ketika awal dibukanya perjalanan bisa mencapai 2 jam tapi sekarang tidak sampai satu jam.

Penulis ditemani warga pemuda setempat awil namanya yang sehari hari bekerja wedding photography  dan teman-teman lainnya.

Setelah memarkirkan kendaraan roda dua kita di haruskan berjalan kaki memulai jalan menaiki bukit terlihat dikiri-kanan ladang-ladang petani kulit manis, ladang jagung bahkan ada ladang cabai di balik bukitnya.

Diatas bukit kita disuguhkan pemandangan luas terlihat lautan pulau-pulau yang berjejer jelas sekali seperti pulau angso duo, pulau pandan dan pulau kasiak.

Jalan selanjutnya menuju air terjun batu basurek cenderung datar tidak terlalu semak belukar karena selalu ada petani yang datang dan pergi membersihkan untuk menjaga kebun dan ladang.

Didalam hutan di seberang bukit dari kejauhan terlihat banyak sekali kera sejenis monyet yang bergelantungan.

Tak terasa karena jalan nya tidak terlalu jauh akhirnya sampai juga di spot air terjun batu basurek yang terletak di atas bukit sirih.

Warga setempat menamakanya gunung batu basurek. Air terjun ini berada di kawasan hutan lindung kabupaten padang pariaman.

Air terjun batu basurek memiliki air yang jernih serta dingin, debit airnya tidak deras banyak batu-batu besar dan berlumut licin menghiasi di atas sungainya.

Dinding-dinding disekitar air terjun terlihat berwarna hitam kehijauan karena lumut yang menumbuhi batu.

Dulu sekitar empat atau 5 tahun lalu banyak wisatawan lokal maupun daerah yang datang berkunjung ke air terjun ini.

Menikmati sejuknya hawa hutan mandi-mandi di bawah air terjun banyak pula warga pedagang yang berjualan makanan dan minuman dilokasi.

Sekarang tak ada satupun yang berdagang hampir setiap hari tak ada satupun wisatawan yang datang padahal air terjun ini sungguh asyik untuk dinikmati.

Bagi anda yang suka hiking hobi bersepeda maka air terjun batu basurek ini sangat cocok buat anda kunjungi.

Persiapan dan perlengkapan yang dibawa:

Pakailah pakaian yang nyaman, bawalah pakaian ganti, gunakan sepatu atau sendal hiking yang tidak licin, pakailah topi, bawalah air minum, kopi dan cemilan, juga jangan lupa kamera untuk swafoto.

 

   

Share This Article :
1745663973787222366

Tragedi Besar Kecelakaan Kereta di Minang 1944 Dan Kebaikan Rahmah El Yunusiyah

Piamanexplore -Tragedi kecelakaan kereta api di Lembah Anai pada 25 Desember 1944 ialah tragedi kecelakaan yang terparah di Indonesia pada z...