-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Tak Biasa Tugu Mesin Photocopy Paling Unik Di Nagari Atar Sumbar

Piamanexplore.com-Dinagari atar ada tugu yang paling unik yaitu tugu photocopy, tugu photocopy sedang viral saat ini di media sosial padahal tugu ini di bangun sudah lama tahun 2012.

Tugu fotokopi ini terletak di depan kantor walinagari atar kabupaten tanah datar sumatera barat.

Tugu fotokopi dibangun sebagai tanda bahwa sebagian besar warga nagari atar kabupaten tanah datar sukses menjadi pengusaha fotokopi di perantauan sumatera maupun jawa.

Sejarah Tugu fotocopy

Pak Haji Yuskar adalah warga nagari atar yang pertama kali membuka usaha fotocopy di perantauan yaitu di daerah bandung pada tahun 1974.

Atas kerja keras dan usahanya dia telah memberikan contoh dan teladan bagi masyarakat sehingga masyarakat yang lain juga berminat dan membuka usaha Photocopy di rantau.

Dalam  membangun Nagari Atar selama ini peranan perantau sangatlah besar karena warga atar yang terkenal dengan usaha Photocopy itu cukup berhasil dirantau dan sebagian ada yang menyisihkan sedikit hartanya untuk membangun kampung halaman. .

“ jika mereka sukses, mereka membawa anak kemenakan merantau dan mengembangkan bisnis Photocopy bahkan mereka tidak segan segan membantu membiayai modal anak kemenakan tersebut, bisa sukses  dan setelah mereka bina sebagai karyawan bisa mandiri, mereka akan membantu modal.

“Tugu ini dibangun sebagai lambang dan pemersatu para perantau yang tersebar di pulau jawa dan sumatera yang membuka usaha Photocopy dengan penduduk di kampung.

Keinginan masyarakat atar yang ada di kampung terhadap tugu Photocopy ini adalah supaya masyarakat atar yang ada di rantau ingat akan kampung halamannya tempat mereka dibesarkan.

Apa yang unik dari tugu ini? Piamanexplore akan merangkum nya untuk anda..

1. Berada di Sumatera Barat

Tugu Photocopy berada di Jorong Lareh Nan Panjang, Nagari Atar, Kecamatan Padang Gantiang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Bila diukur jaraknya dari Kota Padang sekitar 127 km atau 3 jam perjalanan dengan mobil.

2. Puncak tugu mirip mesin fotocopy

Sesuai dengan namanya, puncak tugunya ini berbentuk mesin fotocopy. Sengaja dibuat seperti mesin fotocpy sebagai lambang dan ciri khas dari kehidupan penduduk di Desa Atar tersebut.

3. Lebih dari setengah penduduk Desa Atar usaha fotocopy

Pembangunan Tugu Photocopy bukannya tanpa ada tujuan. Konon tugu ini lambang kesuksesan warga Desa Atar yang berada di perantauan. Mereka rata-rata usaha di bidang fotocopy.

Para perantau dari Atar pun tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Namun yang paling banyak ada di Bandung. Mereka semua tergabung dalam ikatan IWATAR (Ikatan Warga Atar).

Karena para perantau Atar telah sukses berkecimpung di usaha photocopy, mereka pun berinisiatif untuk membangun sebuah tugu yang unik. Karena mereka usaha di photocopy, maka dibangunlah Tugu Photocopy.

4. Ciri khas desa

Karena lebih dari separuh warga Desa Atar merantau dan membuka usaha fotocpy, tugu ini pun menjadi identitas dan penanda desa. Bila traveler jalan-jalan ke Batusangkar, bila ke Desa Atar tugu inilah penandanya.

5. Telah ada semenjak 2012

Walau baru viral sekarang, bukan berarti tugu ini baru dibangun ya. Tugu Photocopy telah ada semenjak tahun 2012. Tugu Photocopy setinggi sekitar 5-6 meter ini berdiri tepat di samping Kantor Wali Nagari Atar.

 

Share This Article :
1745663973787222366

Tragedi Besar Kecelakaan Kereta di Minang 1944 Dan Kebaikan Rahmah El Yunusiyah

Piamanexplore -Tragedi kecelakaan kereta api di Lembah Anai pada 25 Desember 1944 ialah tragedi kecelakaan yang terparah di Indonesia pada z...