-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Tak Banyak yang Tahu Hiking Ke Air Terjun Lubuak Mato Kuciang Di Sikucur Padang pariaman

Piamanexplore.com-Hiking ke Air terjun lubuak mato kuciang di sikucur barat padang pariaman

Kecamatan V koto kampung dalam memiliki banyak air terjun bukan hanya air terjun baburai, dan air terjun duo bidadari dibawah binaan kodim 0308 pariaman yang pernah ramai dikunjungi wisatawan. 

Kali ini ada air terjun lubuak mato kuciang (lubuk mata kucing) warga menamakannya karena airnya jernih bagai mata kucing jernih yang berkilau.

Air terjun lubuak mato kuciang ini terletak tepatnya di korong toboh nagari sikucur barat kecamatan V koto kampung dalam kabupaten padang pariaman. 

Berawal dari postingan teman sesama pengguna media sosial katanya air terjun ini dekat dari rumahnya hingga membuat piamanexplore.com tertarik untuk mengunjungi air terjun lubuak mato kuciang ini. 

Air terjun lubuak mato kuciang berjarak sekitar 30 menit hanya bisa di tempuh dengan berjalan kaki dari rumah warga terdekat.

Air terjun lubuak mato kuciang tak banyak warga yang tau walaupun warga setempat karena air terjun ini jarang di kunjungi orang plang nama tanda masuk menuju air terjun ini saja tak ada sama sekali. 

Jalan menuju air terjun ini mudah sekali dilalui pengunjung hanya jalan didalam parit irigasi  dimana air ini mengalir, walaupun paritnya agak kecil tapi sangat mudah dilalui.

Parit irigasi ini sengaja dibuat warga untuk mengairi sawah dan ladang mereka, ada juga warga yang memanfaatkan untuk dialiri kerumah nya. 

Sekitar lebih 1,5 km jalan irigasi dilalui sobat akan mentok dengan air terjun lubuak mato kuciang karena irigasi warga ini bersumber langsung dari air terjun yang dibawahnya mengalir sungai batang kaciak.

Setelah menempuh perjalanan lebih dari 1 km sekitar 30 menit berjalan kaki akhirnya pemandangan air terjun lubuak mato kuciang mulai kelihatan. 

Tingginya sekitar 15-20 meter aliran air nya tidak terlalu deras disekelilingnya terdapat batu batu-besar tidak licin dan juga kedalaman kolam nya tidak dalam sama sekali.

Air terjun ini bisa dikatakan aman jika ada pengunjung yang ingin mandi-mandi merasakan dingin dan segarnya air terjun lubuak mato kuciang. 

Di atas bukit tempat air terjun ini jatuh sobat di suguhi pemandangan hewan simpai, sejenis kera yang berwarna agak kemerahan yang saling berlompatan dari pohon satu kepohon lainnya.

Tips ke air terjun lubuak mato kuciang : silahkan tanya ke warga sekitar korong toboh nagari sikucur barat dimana air terjun ini dan jalan mana yang harus dilalui.   

Atau hubungi media sosial FB atas nama Reni Sumarni Syamsu karena air terjun ini dekat dengan rumah kakak ini sekalian anda dapat menitipkan kendaraan sepeda motor anda di halaman rumahnya.

halaman rumah kak Sumarni
Kakak ini baik lo! Jangan memakai sepatu gunakan sendal gunung saja atau sendal yang agak kuat karena kita akan berjalan didalam air irigasi yang dangkal. 

Jangan takut dijalanan insyaAllah aman tak ada acek atau pacat/lintah sama sekali.  

Bawalah cemilan dan air mineral atau kopi untuk anda nikmati selama di perjalanan.

 

   

Share This Article :
1745663973787222366

Tragedi Besar Kecelakaan Kereta di Minang 1944 Dan Kebaikan Rahmah El Yunusiyah

Piamanexplore -Tragedi kecelakaan kereta api di Lembah Anai pada 25 Desember 1944 ialah tragedi kecelakaan yang terparah di Indonesia pada z...