-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

4 Aktifitas Asik Mengunjungi Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu

Piamanexplore.com-Berkunjung ke Sumatera Barat tidak afdol jika hanya menikmati panorama alam yang tersedia dan beragam di sana.

Gak cuma panorama alam yang wajib kamu coba, tapi mengunjungi desa wisata di Sumatera Barat juga merupakan hal wajib.

Banyak desa wisata yang tersedia Sumatera Barat dan pastinya memiliki keindahan alam serta budayanya masing-masing.

Salah satunya ialah desa wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu yang berlokasi di Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar.

Desa wisata ini berjarak sekitar 92 km di sebelah utara Kota Padang atau sekitar 2,5 jam lewat jalur darat dari Kota Padang.

Di desa wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu ini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas untuk menikmati keindahan alam sekitarnya.

Jika hanya dihabiskan dengan berfoto ria, sepertinya akan rugi besar. Sebab di desa wisata ini, tersedia berbagai aktivitas seru yang pastinya gak akan terlupakan.

1. Menyaksikan kesenian tradisional

Desa wisata selalu kental akan kesenian tradisional setempatnya. Maka sudah jadi hal wajib jika berkunjung ke desa wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu untuk menyaksikan kesenian tradisional.

Kesenian tradisional yang tersedia di desa wisata ini seperti tarian, seni musik hingga silat tradisional Nuansa yang dibangun di dalam desa wisata ini pun sangat kental dengan adat budaya Minangkabau, contohnya ukuran kayu hingga bentuk bangunannya.

2. Melihat keindahan Tanah Minang

Desa wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu ini masih memiliki nuansa alam yang sangat asri. Sehingga udara segar pun dapat selalu terhirup ketika berkunjung ke sini.

Tidak hanya itu, desa wisata ini juga memiliki andalan lain, yakni panorama alam Tanah Minang.

Panorama alam yang dapat dinikmati dengan melihat hamparan sawah hijau sejuk, mencoba treking ke Puncak Tubia.

Bahkan kamu juga bisa menyusuri aliran sungai, mandi di bawah air terjun indah, hingga menikmati kecantikan Danau Singkarak yang dilihat dari atas bukit.

3. Menginap di Rumah Gadang

Di desa wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu ini tentu saja tidak boleh melewatkan pengalaman untuk menginap di Rumah Gadang.

Di desa wisata peraih ADWi tahun 2021 ini, memiliki sekitar 70 buah Rumah Gadang yang masih terjaga keasliannya.

Walaupun memiliki banyak Rumah Gadang, tetapi yang khusus dijadikan homestay ada 3 unit.

Hal ini tentu saja dilakukan untuk menjaga keaslian sebagian besar Rumah Gadang di desa wisata ini.

Ketika menginap, kamu bisa menikmati suasana dan keunikan ornamen budaya yang melekat pada setiap Rumah Gadang.

Hal ini tentu saja akan menjadi pengalaman gak terlupakan bagi setiap pengunjungnya yang berkesempatan untuk menginap di sini.

4. Menikmati kekayaan kuliner khas Minang

Di desa wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu ini tentu saja kamu bisa menikmati segala kekayaan kuliner khas Minang yang tersedia.

Bahkan rendang menjadi salah satu menu andalan di sini. Hal ini karena rendang di desa ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan rendang kebanyakan.

Rendang di desa wisata ini memiliki cita rasa yang agak manis tapi tetap gurih. Bahkan memiliki aroma rempah yang kuat yang membuat nafsu makan kamu meningkat drastis.

Demikianlah 4 aktifitas seru yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke desa wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu ini. Dapat dipastikan, pengalaman berkunjung ke sini gak akan terlupakan.

Informasi dilansir dari :harianhaluan

Share This Article :
1745663973787222366

Tragedi Besar Kecelakaan Kereta di Minang 1944 Dan Kebaikan Rahmah El Yunusiyah

Piamanexplore -Tragedi kecelakaan kereta api di Lembah Anai pada 25 Desember 1944 ialah tragedi kecelakaan yang terparah di Indonesia pada z...