-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

7 Fakta Menarik Padang Mangateh New Zealand nya Sumatera Barat

Piamanexplore.com-Rumput hijau yang luas menjadi surga bagi sapi-sapi untuk mencari makan di padang mangateh.

Padang mangateh terletak disebuah daerah peternakan yang terletak di Mungo, Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat.

Jaraknya dari Kota Padang lebih kurang 136 km dan dari Kota Payakumbuh sekitar 12 km.

Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak Padang Mangates atau yang lebih sering disebut dengan Padang Mangateh.

Ternyata punya sejarah panjang dan merupakan salah satu aset peternakan penting bagi Indonesia.

Inilah 7 fakta unik tentang padang mangateh!

1. Didirikan Oleh Pemerintah Hindia-Belanda

Padang Mangateh pertama kali didirikan pada masa penjajahan oleh pemerintah Hindia Belanda kala itu pada tahun 1916.

Hewan yang pertama kali diternakkan di Padang Mangateh adalah kuda, lalu pada tahun 1935 didatangkan sapi dari Benggala India untuk dikembangbiakkan lho.

2. Peternakan Terbesar di Asia Tenggara

Peternakan Padang Mangateh mengalami perjalanan pasang surut pada tahun 1945 sampai dengan 1949, kegiatan di daerah peternakan tersebut sempat terhenti loh.

Kemudian pada tahun 1950-an wakil presiden pada saat itu Muhammad Hatta menghidupkan kembali Padang Mangateh dan diberi nama Induk Taman Ternak atau ITB Padang Mangateh.

Upaya ini mengantarkan Padang Mangateh sebagai salah satu peternakan terbesar di Asia Tenggara dengan hewan ternak mulai dari kuda, sapi, kambing, hingga ayam.

3. Mengalami Kerusakan Pada Masa PRRI

Pada masa pergolakan PRRI pada tahun 1958 hingga tahun 1961. Padang Mangateh menjadi salah satu basis pertahanan sehingga mengalami kerusakan.

Padang Mangateh baru dibangun kembali pada tahun 1974 hingga 1978 melalui kerjasama pemerintahan Indonesia dengan Jerman melalui program ADP.

Dan pada tahun 1978 proyek ADP berakhir dan serahkan kepada Departemen Pertanian dengan nama Balai Pembibitan Ternak Hijauan Makanan Ternak atau BPT HMT Padang Mangateh.

4. Mengalami kemajuan di era Orde Baru

Era Orde Baru yang dipimpin oleh Presiden Soeharto kala itu sempat membuat Padang Mangateh kembali bergairah.

Bahkan populasi sapi ternak dengan jenis sapi zebu dari Benggala mencapai ribuan kala itu, namun setelah masuk Era Reformasi peternakan Padang Mangateh kembali mengalami pasang surut bahkan sempat tidak terawat.

5. Viral Setelah Kunjungan Presiden

Jokowi Sempat mengalami pasang surut dan mengalami kemunduran namun perlahan Padang Mangateh mengalami kemajuan kembali.

Apalagi pada saat pasca kedatangan presiden Jokowi ke lokasi ini. Padang Mangateh menjadi viral bahkan sempat dibuka untuk umum dan dijadikan tempat wisata.

6. Tempat Lokasi Syuting Film

Padang rumput dengan luas kurang lebih 280 hektar dengan panorama Gunung Sago dan Bukit Barisan ini.

Pernah dijadikan tempat lokasi syuting film, yaitu video klip band Seventeen, film Liam dan Laila, dan film bergenre komedi yang berjudul Begadang Rendang, yang mengambil lokasi syutingnya di Padang Mangateh ini.

Tidak itu saja Padang Mangateh juga salah satu tempat favorit bagi para fotografer untuk mengambil foto, karena memang panoramanya yang sangat cantik sekali.

7. New Zealand-nya Sumbar

Untuk kamu yang ingin merasakan suasana padang rumput yang cantik seperti ada di New Zealand atau Paulus di Amerika Serikat.

Di Indonesia juga punya tempat serupa yang ga kalah keren, kamu cukup datang ke Jalan Padang Mengatas, Mungo, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

Nah itulah 7 fakta menarik Padang Mangateh, unik bukan? Jangan lupa berkunjung kesini ya. Semoga bermanfaat.

 

Share This Article :
1745663973787222366

Tragedi Besar Kecelakaan Kereta di Minang 1944 Dan Kebaikan Rahmah El Yunusiyah

Piamanexplore -Tragedi kecelakaan kereta api di Lembah Anai pada 25 Desember 1944 ialah tragedi kecelakaan yang terparah di Indonesia pada z...