-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Wah Desa Wisata Nyarai Padang Pariaman akan Di Kunjungi Menteri Sandiaga Uno

Piamanexplore.com-Desa Wisata nyarai, Kecamatan lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, masuk nominasi 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Hal ini  nominasi 75 besar ADWI 2023 itu langsung diumumkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Keratif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno beberapa hari lalu.

Desa Wisata Nyarai ini nanti akan kembali diseleksi berdasarkan lima kategori penilaian.

Kelima kategori itu seperti, daya tarik pengunjung, souvenir, homestay dan toilet, digital dan kreatif, kelembagaan desa wisata serta CHSE.

Di nominasi 75 besar ini nanti tim ADWI akan meninjau dan menilai secara langsung ke lapangan.

Tahun 2022 lalu padang pariaman berhasil masuk menjadi 50 desa wisata terbaik melalui Desa Wisata GTP (Green Talao Park) Ulakan dan dikunjungi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada bulan Agustus tahun lalu.

Tahun ini kabupaten Padang Pariaman kembali berhasil lolos dalam ADWI Tahun 2023 melalui utusan desa wisata terbaiknya yaitu desa wisata Nyarai.

Sebagaimana dapat disaksikan pada pengumuman 75 desa wisata terbaik tahun 2023, Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan bahwa:

“hasil ini telah melalui kurasi bertahap dimana dari 7.275 desa, sebanyak 4.573 desa mendaftar pada Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2023.

Melalui kurasi dari dewan juri terhadap kelengkapan data pada aplikasi Jadesta Kemenparekraf, lolos 500 besar desa wisata dimana desa wisata Nyarai lolos pada tahap ini.

Berikutnya disaring menjadi 300 besar dan akhirnya disaring kembali menjadi 75 besar yang nantinya akan dikunjungi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI sebagai desa-desa wisata terbaik tahun 2023.”

Di kutip dari explore padang pariaman melalui disparpora.padangpariamankab.go.id Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padang Pariaman, Muhammad Fadhly menjelaskan:

“bahwa sebanyak 34 desa wisata di kabupaten Padang Pariaman melakukan pendaftaran untuk dikurasi pada aplikasi Jadesta (Jejaring Desa Wisata) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dimana aplikasi ini adalah sarana penilaian bagi 5 aspek yang dinilai dalam ADWI tahun 2023.

Kelima aspek itu adalah daya tarik pengunjung, Homestay dan Toilet, Digital dan Kreatif, Suvenir dan Kelembagaan Desa dan CHSE.

Dan desa wisata Nyarai berhasil memenuhi kelima aspek tersebut secara berkualitas”, terang Muhammad Fadhly.”

Setelah melalui kurasi bertahap dari dewan juri, akhirnya desa wisata Nyarai lolos menjadi 75 desa wisata terbaik tahun 2023.

Selanjutnya Disparpora Padang Pariaman akan bersiap memfasilitasi kunjungan penjurian yang akan dihadiri langsung oleh Menparekraf ke desa wisata Nyarai yang jadwalnya diperkirakan pada bulan April tahun ini.

 

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...